10 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru dan Lagi Hits Dikunjungi

Penulis : Wanovy | Travel | 14-11-2022

Wisata Tanjung Pinang, foto: Tokopedia

PARBOABOA, Tanjung Pinang - Lagi cari inspirasi tempat liburan yang seru? Bagaimana jika ke Tanjung Pinang, Ibu Kota Kepulauan Riau? Dijamin wisata Tanjung Pinang tak kalah seru dengan wisata di kota lain!

Ada banyak wisata Tanjung Pinang yang menarik perhatian. Selain wisata taman, masih banyak keindahan alam Tanjung Pinang yang tak boleh dilewatkan.

Tempat wisata Tanjung Pinang menawarkan banyak destinasi, mulai dari wisata alam, sejarah, hingga spot bermain buat anak.

Nah, jika tertarik bertamasya ke Tanjung Pinang, simak dulu daftar tempat wisatanya berikut ini.

1. Keindahan Pantai Trikora

Rekomendasi tempat wisata Tanjung Pinang pertama yang bisa Anda coba adalah pantai Trikora.

Pantai ini memang menawarkan keindahan alam yang indah. Konon, penamaan pantai ini berasal dari wisatawan mancanegara yang menamai dengan nama Three Corral. Tetapi, penyebutan lidah warga setempat yang kini kerap menjadi pantai Trikora.

Saat mengunjungi pantai ini, Anda bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling, berenang di bibir pantai yang indah hingga memancing di bebatuan pantai.

Keindahan ekosistem bawah laut pantai yang masih terjaga menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung.

Warna pasirnya yang putih dan pohon sawit yang mengelilingi pantai ini menjadi nilai tambah keindahan pantai Trikora.

2. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat merupakan salah satu pulau di Tanjung Pinang yang masuk dalam jajaran calon situs warisan oleh UNESCO.

Pulau Penyengat juga menjadi salah satu destinasi andalan para wisatawan saat berkunjung di Tanjung Pinang yang jarang untuk dilewatkan.

Pulau ini berlokasi di tengah laut, sehingga Anda harus menyewa perahu untuk menuju di Pulau ini.

Selain menyewa perahu, Anda juga bisa mengikuti paket tur. Biasanya banyak paket tur di Tanjung Pinang selalu menjadikan Pulau Penyengat sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Lalu, apa saja yang akan Anda temukan di Pulau ini? Anda bisa melihat ragam peniggalan pemerintahan Kesultanan Johor, Siak, Lingga, Pahang hingga kesultanan Riau.

3. Pulau Dompak

Pulau Dompak yaitu perampok. Asal usul dari penamaan pulau dompak ini karena dulunya, pulau ini dijadikan tempat persembuyian pada saat kemerdekaan RI.

Versi lain juga menyebutkan bahwa, pulau ini awalnya diisi dengan masyarakat etnis Tionghoa, dan menjadi tempat peristirahatan para perampok, sehingga dinamai sebagai Pulau Dompak.

Pulau ini dijadikan salah satu kunjungan para wisatawan saat berada di Tanjung Pinang. Kini, Pulau ini juga menjadi pusat pemerintahan, yang mana pembangunan dari kota ini mengalami kemajuan pesat setiap tahunnya.

Contohnya yaitu pembangunan GOR untuk aktivitas berolahraga yang bisa dilakukan oleh sejumlah warga setempat.

4. Taman Gurindam 12

Rekomendasi wisata Tanjung Pinang yang berikutnya, yaitu Taman Gurindam 12.

Wisata yang baru dibuka di Kota Tanjung Pinang ini menyajikan taman yang asyik dipakai untuk piknik bersama keluarga lho, Moms.

Lokasi Taman Gurindam 12 ini juga cukup strategis, kok. Lokasinya tepat di seberang rumah Gubernur Provinsi Kepulauan Riau dan Pelabuhan Sri Bintan.

Nah, karena lokasinya yang dekat dengan laut, tempat ini biasanya akan ramai pengunjung pada sore dan malam hari.

Selain bisa memandangi kapal-kapal berlayar, Anda juga bisa olahraga di taman ini, lho! Di sini disediakan juga jogging track dan jalur sepeda yang pastinya nyaman banget!

5. Trans Studio Garden

Siapa yang tidak tahu dengan wisata permainan Trans Studio? Yup, arena bermain ini hadir di Tanjung Pinang juga, Moms.

Terletak di Jalan Adi Sucipto Nomor 1 Kota Tanjung Pinang, ternyata lokasinya strategis dan dekat bandara serta pelabuhan.

Trans Studio Garden ini juga terhubung langsung dengan hotel. Wahana yang ditawarkan di Trans Studio Garden ini juga banyak. Ada area outbound, 73 mesin permainan, happy swing, driving school, sky rider, poison tower, dan masih banyak lagi.

6. Areca Waterpack

Bermain air tidak hanya bisa dilakukan di pantai saja, taman air juga sangat menarik untuk dikunjungi.

Di Tanjung Pinang, saat Anda enggan untuk ke pantai Anda bisa mengunjungi Areca Waterpack.

Memiliki kolam yang terbilang luas, Anda bisa berenang sepuasnya di tempat satu ini. Apalagi kolam untuk anak anak juga orang dewasa sudah dipisahkan.

Beberapa wahana juga disediakan untuk membuat kegiatan berenang semakin menyenangkan.

Tidak ketinggalan, Anda juga bisa menemukan kolam ombak yang akan membawa Anda seakan akan sedang di pantai.

Untuk membuat kegiatan berenang menjadi aman, para pengunjung harus menggunakan ban atau pelampung agar aman.

7. Bukit Panglong

Sudah banyak area bekas tambang yang berubah menjadi tempat wisata yang keren. Di Pangkal Pinang, Anda bisa menemukan Bukit Panglong yang juga kondang.

Tempat wisata Tanjung Pinang satu ini tidak hanya menyimpan keindahan tetapi juga menyimpan batu granit yang banyak.

Dan karena sudah dieksplorasi, kini yang tersisa adalah kawah yang kedalamannya mencapai 50 meter.

Lubang ini kemudian berisikan air yang berasal dari air hujan maupun di dalam tanah. Tetapi air ini ternyata bukanlah air yang keruh melainkan begitu jernih.

Warna airnya tampak kebiruan yang membuatnya begitu unik. Bukit Panglong sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati pemandangan indah sembari berburu foto foto cantik.

8. Gurun Pasir Busung

Apa yang Anda bayangkan jika mendengar kata gurun? pastinya hamparan pasir yang di sepanjang mata memandang.

Jika Anda ingin merasakan sensasi wisata gurun seperti di Timur Tengah, maka jangan lewatkan wisata ini.

Karena di sana Anda akan menyaksikan pemandangan gurun pasir putih seluas mata memandang, bisa banget dijadikan tempat artsy untuk foto- foto cantik koleksi media sosialmu.

Dengan cuaca yang panas Anda cukup menggunakan baju kasula saja agar nyaman dan tidak terasa lengket di badan.

9. Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah

Di Bintan, Anda juga bisa sekalian mengunjungi wisata sejarahnya. Datang saja ke Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah.

Museum ini akan membawa Anda mengenal lebih jauh tentang Tanjung Pinang. Pada zaman kolonial, bangunan ini adalah eks gedung Hollandsch Inlandsche School. Mengalami sejarah yang panjang, hingga akhirnya dijadikan sebagai museum.

Tidak hanya menceritakan tentang kota Tanjung Pinang bermula, Anda juga bisa menemukan koleksi lainnya yang tak kalah menarik.

Mulai dari berbagai jenis keramik sampai seni dan budaya. Bahkan kini juga sudah tersedia kereta wisata yang baru baru ini diadakan.

Pengunjung tinggal duduk cantik di kereta, maka cerita tentang Tanjung Pinang akan dihadirkan.

10. Vihara Seribu Wajah

Jika mengunjungi Tanjung Pinang, jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi vihara ini. Tak perlu khawatir, vihara ini dibuka untuk umum dan bisa di datangi oleh pemeluk agama lain. Arsitekturnya menarik dengan bentuk bangunan yang menyerupai tempat ibadah China.

Yang menarik dari tempat wisata Tanjung Pinang satu ini adalah adanya 500 patung batu yang ditampilkan di halaman vihara.

Patung-patung tersebut merupakan hibah dari pengusaha China yang namanya dipahat dalam bagian keterangan patung.

Editor : -

Tag : #wisata tanjung pinang    #tanjung pinang    #travel    #tempat wisata    #kepulauan riau   

Baca Juga