10 Oleh-oleh Khas Tanjung Pinang Kepri yang Populer dan Wajib Dibawa Pulang

Penulis : Wanovy | Travel | 15-11-2022

Oleh-oleh khas Tanjung Pinang/ Tepung Gomak, foto: republikseo.net

PARBOABOA, Tanjung Pinang - Tanjung Pinang yang menjadi ibukota Kepulauan Riau memang memiliki banyak kuliner nikmat yang dapat dijadikan buah tangan. Inilah daftar oleh-oleh khas Tanjung Pinang yang paling populer dan wajib Anda bawa pulang.

Sebagai pulau yang kaya akan destinasi wisata alam, maka Kepulauan Riau tentunya juga memiliki beragam khas oleh-oleh untuk dibawa pulang para wisatawan.

Sehabis bepergian rasanya ada yang kurang jika tidak membawa buah tangan. Begitu juga jika Anda singgah di Tanjung Pinang, mengingat kota ini memiliki banyak hal unik.

Di ibukota Kepulauan Riau, Anda bisa mendapatkan beberapa buah tangan yang berbeda dari kota lainnya.

Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Tanjung Pinang yang bisa dijadikan pilihan.

1. Tepung Gomak

Pernah mendengar sebutan tepung gomak? Tepung gomak merupakan salah satu oleh-oleh khas Tanjung Pinang yang sangat menarik untuk Anda coba.

Meskipun memiliki sebutan tepung, tetapi tepung gomak bukan seperti yang Anda bayangkan.

Tepung gomak merupakan kue yang memiliki bahan dasar tepung kacang hijau. Kue yang satu ini berisi gula merah yang dicampur dengan santan dan kelapa parut.

Pandan juga digunakan sebagai pengharum alami pada hidangan yang satu ini. Bagian luar tepung gomak adalah kacang hijau yang sudah dihaluskan.

Cita rasanya yang lezat dan harus menjadikan tepung gomak sayang untuk tidak Anda coba.

2. Gonggong

Ada cukup banyak pilihan oleh-oleh khas Tanjung Pinang yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah gonggong.

Gonggong merupakan salah satu hidangan yang direkomendasikan untuk Anda coba saat berkunjung ke Tanjung Pinang.

Bagi Anda pecinta siput, kuliner yang satu ini tentu sayang untuk Anda lewatkan. Cara membuat olahan gonggong cukup mudah yakni dengan merebus dan membumbui kemudian hidangkan bersama dengan saus.

Selain cocok untuk dinikmati langsung, tidak jarang hidangan ini juga dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Tanjung Pinang.

3. Deram deram

Mencoba lezatnya kuliner deram deram? Hidangan yang satu ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Tanjung Pinang yang cukup populer.

Jika dilihat sekilas, kue yang satu ini memiliki tampilan hampir mirip seperti donat. Tetapi meskipun begitu, bahan yang digunakan sebenarnya berbeda.

Jika biasanya donat dibuat dari tepung terigu dan kentang, namun jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras dan gula merah.

Sesuai dengan bahan yang digunakan, jajanan yang satu ini memiliki rasa cenderung manis. Bentuknya yang unik serta cita rasanya yang khas menjadikan jajanan ini sayang untuk tidak Anda coba.

4. Otak-Otak

Jajanan otak-otak memang sudah menyebar luas di kalangan masyarakat. Akan tetapi, tanjung pinang memiliki varian otak-otak yang cukup berbeda dari tempat lain.

Jajanan ini terbuat dari daging ikan tenggiri yang telah dicincang dan dihaluskan lalu dibalut daun pisang untuk dibakar.

Umumnya, putih adalah warna yang sering Anda jumpai ketika membeli jajanan otak-otak. Namun, di Tanjung Pinang warna jajanan ini cenderung coklat kemerahan karena tambahan cabai yang diikutsertakan dalam proses adonannya.

Selain itu, bau dari rempah-rempahnya sangat terasa dan mengena di lidah. Bagi pencinta pedas, wajib diberi buah tangan ini.

5. Bingke Pandan

Jajanan tradisional satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Bingke pandan biasanya berbentuk bundar atau seperti mangkok yang pinggirannya berbentuk cekung.

Kue khas Tanjung Pinang ini memiliki rasa manis dan bau harum dari pandan. Harganya pun terbilang terjangkau sekitaran 15 ribu. Anda bisa mendapatkannya di pasar atau kedai Kopi Tarempa.

Karena dibuat dalam jumlah yang tidak banyak, maka harus diniatkan pergi lebih awal di pagi hari untuk tidak kehabisan stok kue bingke pandan ini.

Memang dikalangan masyarakat lokal pun, jajanan tradisional ini banyak diburu karena rasanya yang enak dan ringan sebagai camilan.

6. Akau Atau Potong Lembu

Jika Anda menginginkan olahan makanan dari daging sapi, kambing, lembu, atau bahkan babi maka cobalah aneka olahan akau atau potong lembu.

Makanan ini merupakan beberapa kategori menu yang berasal dari berbagai olahan daging, mulai dari hewan ternak darat hingga seafood. Anda bisa mencobanya dengan harga murah sekitar 20an ribu saja.

7. Bilis Gulung

Makanan khas dari Tanjung Pinang yang bentuknya mirip molen namun isinya cukup unik yakni bilis gulung.

Makanan ini merupakan camilan khas yang bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Tanjung Pinang unik karena hanya ada di wilayah Kepri.

Bahan utama yang dijadikan sebagai isian yang lumer dan nikmat adalah ikan bilis dengan adonan tepung yang digulung membentuk pola.

Bilis gulung ini biasanya juga disebut sebagai bilis molen karena bentuknya yang mirip kue moleh yang lebih populer pada umumnya.

Ukuran bilis gulung lebih besar dan lebih nikmat serta bergizi karena bahan dasarnya yang berasal dari ikan bilis.

Anda bisa menemukan makanan khas ini tidak hanya di wilayah Tanjung Pinang, tetapi juga Batam dan sekitarnya.

8. Kue Batang Buruk

Kue Batang Buruk sudah tak lagi asing bagi penduduk Tanjung Pinang. Biasanya, Kue Batang Buruk selalu hadir pada saat hari perayaan besar seperti lebaran Idul Fitri.

Kue Batang Buruk memiliki tekstur yang mudah hancur sehingga kue ini dikemas dengan dipotong ukuran kecil agar siap untuk disantap.

Rasa manis susu, gula dan kacang ijo membuat Kue Batang Buruk tak lagi dihidangkan hanya saat perayaan besar, namun juga dijadikan oleh-oleh favorit khas Tanjung Pinang.

Gurih dan manisnya Kue Batang Buruk memikat semua kalangan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sehingga sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan dari Tanjung Pinang.

9. Luti gendang

Luti gendang dikenal sebagai camilan khas yang berasal dari Tanjung Pinang. Luti gendang sendiri merupakan roti yang digoreng dan bisanya di isi dengan daging ikan tuna.

Luti gendang cenderung bercita rasa gurih dan dijamin membuat penikmatnya ketagihan. Camilan yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Tanjung Pinang karena bisa dipesan mentah dan digoreng sendiri di rumah.

10. Pinang Paleo

Kue Pinang Paleo merupakan salah satu oleh-oleh khas Bintan kekinian yang wajib Anda coba.

Teksturnya lembut dan rasa manisnya pun sangat pas dilidah. Ia juga banyak ditemui di outlet-outlet resmi di sekitaran Tanjung Pinang.

Kue yang satu ini mempunyai beberapa varian rasa seperti halnya red velvet, keju, greentea, kacang, durian, serta black forest.

Jika Anda ingin memblelinya, maka bersegeralah karena Pinang Paleo selalu diserbu pelanggan setiap harinya.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Tanjung Pinang yang wajib kamu bawa pulang kampung. Semoga bermanfaat!

Editor : -

Tag : #wisata tanjung pinang    #tanjung pinang    #travel    #tempat wisata    #kuliner tanjung pinang    #kepulauan riau   

Baca Juga