10 Makanan Khas Tanjung Pinang yang Lezat dan Bikin Ngiler!

Wanovy | Travel | 15-11-2022

Makanan khas Tanjung Pinang/ Mie Tarempa, foto: Travel Kompas

PARBOABOA, Tanjung Pinang - Tanjung Pinang adalah salah satu ibu kota dari Kepulauan Riau. Dulunya tempat tersebut adalah pusat pemerintahan Kesultanan Lingga.

Ciri khas dari Tanjung Pinang yaitu populer dengan wisatanya, salah satunya Pulau penyengat yang memang sangat digemari oleh para wisatawan.

Namun selain itu Kota Tanjung Pinang ini juga dikenal oleh makanan khasnya. Bagi para pemburu kuliner, tentu akan sangat senang ketika berada di Tanjung Pinang.

Di sanalah nantinya Anda akan memperoleh banyak sekali kuliner yang memiliki cita rasa lezat dan nikmat.

Karena itu jika Anda tengah berkunjung ke utamanya Tanjung Pinang, maka jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai macam makanan yang ada di sana.

Untuk lebih mengenal apa saja makanan khas Tanjung Pinang, berikut ini akan diulas dengan lebih lengkap untuk Anda.

1. Mie Tarempa

Salah satu makanan khas Tanjung Pinang adalah Mie Tarempa yang banyak dijual di sepanjang jalan.

Bentuk Mie Tarempa mirip seperti kwetiau yang gepeng dan ditumis dengan campuran kecambah dan telur.

Uniknya, Mie yang biasanya ditaburi dengan suwir ayam, Mie Tarempa ditaburi dengan suwir ikan tongkol berbumbu.

Mie Tarempa merupakan salah satu kuliner Tanjung Pinang yang rasanya pedas. Sedangkan menu Mie Tarempa biasanya ada tiga macam yaitu Mie Tarempa goreng, lembab dan juga kuah.

Jika tak terlalu suka makanan khas Tanjung Pinang yang pedas ini, bilang saja sama pelayannya.

2. Mie Lendir

Saat mendengar nama Mie lendir apa yang Anda pikirkan? Mungkin beberapa orang merasa aneh, padahal Mie lendir ini cukup populer di Tanjung Pinang.

Disebut begitu karena kuahnya kental seperti lendir terbuat dari kacang, gula merah dan terigu. Sedangkan Mie nya jenis Mie kuning dan disajikan dengan sayuran.

Menurut masyarakat sekitar, Mie lendir paling enak ada di kedai Pak Sumardi di jalan Bintan.

3. Nasi Dagang

Makanan khas Tanjung Pinang yang satu ini mirip nasi kucing dengan model dibungkus daun pisang dan porsi nya tidak terlalu banyak.

Sedangkan olahan nasi dagang mirip seperti nasi uduk, namun bumbunya dari santan, ditambah beragam jenis lauk dan sambal.

Nasi Dagang cocok untuk sarapan dan banyak dijual di warung pinggir jalan seharga 5 ribu rupiah.

4. Gonggong

Menu makanan satu ini sebenarnya tidak hanya populer di Tanjung Pinang saja, tetapi menyebar di seluruh wilayah Kepulauan Riau.

Gonggong merupakan siput laut yang hidup di wilayah perairan Kepulauan Riau yang dimanfaatkan dagingnya untuk masakan khas di area tersebut.

Cita rasa daging gonggong sangat nikmat dan unik dipadukan dengan rempah khas Tanjung Pinang bersama kuah.

Serta ditambahkan beberapa jenis sayuran segar dan telur disajikan dalam kondisi hangat. Sementara daging gonggong hanya dimasak dengan cara direbus tanpa menghilangkan cita rasa khas atau asli dari hewan tersebut saat berada di laut.

5. Bingke Pandan

Roti atau kue khas Tanjung Pinang selanjutnya adalah bingke pandan atau bisa disebut juga sebagai bingka bakar.

Makanan ini sangat lezat dan manis dengan aroma wangi pandan yang tidak membuat Anda bosan mencicipinya.

Bingka bakar pandan biasa dibuat dengan bentuk bunga dan tidak hanya populer di Tanjung Pinang saja, tetapi Batam juga.

Bingke pandan dimasak dengan kering terumata di bagian luar sehingga terasa lebih renyah dan gurih.

Sementara di bagian dalamnya lebih lunak dan lumer seperti kue pie, namun aromanya sangat khas pandan, begitupun dengan rasa uniknya yang manis. Anda bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh dengan memesan per box berisi bingke pandan.

6. Tepung Gomak

Makanan atau kue ringan yang bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Tanjung Pinang Riau adalah tepung gomak yang juga menjadi kue khas dari Malaysia.

Hanya saja di Malaysia menggunakan bahan dasar berupa kanji sementara di Indonesia menggunakan tepung kacang hijau. Bentuknya unik serta berisi olahan ikan yang lumer dan lezat di dalamnya.

Taburan tepung kacang hijau di luar kue tampak sangat menarik dengan rasa yang manis ketika Anda mencicipinya.

Tepung gomak biasa disajikan dengan bentuk bulat kecil sehingga Anda bisa memesannya untuk dijadikan oleh-oleh.

Harganya pun cukup beragam mulai dari puluhan hingga ratusan ribu sesuai dengan jumlah isi per box yang Anda pesan.

7. Luti gendang

Luti gendang dikenal sebagai camilan khas yang berasal dari Tanjung Pinang. Luti gendang sendiri merupakan roti yang digoreng dan bisanya di isi dengan daging ikan tuna.

Luti gendang cenderung bercita rasa gurih dan dijamin membuat penikmatnya ketagihan.

Camilan yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Tanjung Pinang karena bisa dipesan mentah dan digoreng sendiri di rumah.

8. Angko Bilis

Salah satu makanan khas Tanjung Pinang yang berikutnya yaitu Angko Bilis. Angko Bilis memiliki nama-nama lain seperti contohnya bilis berselimut atau bilis gulung.

Hal itu dikarenakan bentuk roti yang di gulung seperti halnya selimut. Selain itu juga makanan tersebut adalah makanan yang sangat tepat untuk Anda coba.

Bersantai bersama dengan keluarga sambil lalu menikmati Angko Bilis merupakan kegiatan yang sangatlah menyenangkan.

Kelebihan yang dipunyai Angko Bilis juga ada pada proses pembuatannya yang terbilang sangatlah tradisional. Angko Bilis diproduksi dengan menggunakan alat-alat sederhana.

9. Otak-otak

Makanan khas Tanjung Pinang selanjutnya adalah otak-otak. Otak-otak adalah jenis makanan yang sudah menjadi jajanan sehari-hari di kota Tanjung Pinang.

Untuk cara pengolahannya, kuliner yang satu ini sama saja dengan olahan kuliner atau otak-otak yang lainnya, bedanya hanya di bahannya saja.

Bahan yang sering digunakan yakni seperti ikan tenggiri, sotong dan kemudian di beri bumbu yang sangat khas.

Semua olahan otak-otak itu di campur sampai merata dan kemudian diberi bumbu khas dari Tanjung pinang. Jadi harus wajib mencobanya.

10. Lemper

Makanan khas Tanjung Pinang selanjutnya adalah lemper. Lemper ini merupakan jenis olahan makanan yang berbahan dasar dari ikan yaitu ikan tongkol.

Mungkin ikan tongkol ini lah yang menjadi makanan khas tanjung pinang karena ikan tongkol ini sangat banyak di campurkan dengan olahan makanan yang lainnya.

Lemper ini terbuat dari nasi dan kemudian di tengah nya di beri suwiran ikan tongkol yang pedas.

Setelah itu lemper ini akan dibungkus menggunakan daun pisang dan di bentuk memanjang, sehingga terlihat lebih kurus.

Cita rasa dari lemper ini juga cukup enak dan sangat populer di tanjungpinang, karena adanya campuran dari ikan tongkol tersebut.

Makanan ini akan lebih nikmat jika dinikmati bersama dengan keluarga atau bisa juga dengan teman-teman Anda.

Nah, itulah tadi beberapa makanan khas Tanjung Pinang yang lezat dan wajib dicoba jika berkunjung ke kota ini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata tanjung pinang    #tanjung pinang    #travel    #tempat wisata    #kuliner tanjung pinang    #kepulauan riau   

Baca Juga