Rizky Billar Resmi dipecat dari Dangdut Academy Season 5 (Foto: Instagram/@rizkybillar)

Detik-detik Rizky Billar Dipecat dari D’Academy Season 5

Ester | Hiburan | 06-10-2022

PARBOABOA, Jakarta – Rizky Billar resmi dipecat dari posisinya sebagai pembawa acara di D’Academy Season 5 buntut kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istrinya, Lesti Kejora.

Pemecatan ini dibacakan oleh sesama rekannya, Irfan Hakim, Ruben Onsu, dan Ramzi dalam acara kontes dangdut tersebut. Menurut mereka, tindakan ini merupakan langkah tegas program D’Academy dalam menolak segala bentuk tindak kekerasan.

Sebelum resmi memecat Rizky Billar, Gilang Dirga sempat hadir dalam acara tersebut untuk mengingatkan kembali atas kejadian yang dialami oleh Lesti.

"Tentunya kita juga sudah mengetahui, berita-berita yang berkembang belakangan ini. Ada tragedi yang dialami oleh salah satu juri kita, adik kita, atau mungkin anak-anak dari dewan juri yang hadir di sini, yaitu Lesti," kata Gilang Dirga pada Selasa (4/10).

"Dan sampai dengan saat ini, kasusnya masih dalam proses. Kita berikan dukungan dan doa supaya keluarga dari Lesti diberikan kekuatan, ketabahan, kesabaran untuk bisa segera menyelesaikan masalahnya," sambungnya.

Dukungan dan ucapan semangat pun tampak hadir dari rekan-rekan artis Lesti Kejora, salah satunya adalah Melly Goeslaw.

Lewat tayangan yang ditampilkan di acara D’Academy 5 sebelum pemecatan Rizky Billar, Melly Goeslaw memberikan kata-kata semangatnya untuk Lesti.

"Hai Lesti, kamu hebat banget. Karena kamu sudah berani speak up. Kamu pasti akan bisa melewati ujian ini," kata Melly Goeslaw.

"Intinya kita semua sayang Lesti. Katakan tidak pada semua jenis kekerasan, apapun juga. Stop KDRT. L for Lesti, L for Love," tambahnya.

Ruben Onsu kemudian menegaskan kembali agar seluruh masyarakat Indonesia mampu menentang keras segala bentuk kekerasan yang terjadi saat ini,

"Kami mau mengajak semua masyarakat Indonesia untuk berani speak up dan menolak terhadap segala bentuk kekerasan," kata Ruben.

"Sekali lagi saya tegaskan menolak segala bentuk kekerasan dalam rumah tangga," tegasnya.

Ramzi kemudian membeberkan rujukan peraturan Komisi Penyiaran (KPI) untuk menuntut akses bagi pelaku KDRT.

"Kami informasikan kepada pemirsa, agar sama-sama kita ketahui bersama, televisi dan konten-konten digital itu sangat berbeda," papar Ramzi.

"Televisi mempunyai lembaga yang mengatur semua penyiaran. Berangkat dari peraturan tersebut, [yakni] keputusan Komisi Penyiaran Indonesia mengenai penutupan ruang untuk semua pelaku KDRT untuk tampil di radio dan televisi," lanjutnya.

Setelah menyampaikan keterangan tersebut, Irfan Hakim ditunjuk sebagai “eksekutor” pengumuman pemecatan Rizky Billar di hadapan penonton televisi

"Dengan ini, kami umumkan bahwa mulai malam hari ini, Rizky Billar tidak lagi menjadi host Dangdut Academy 5. Stop KDRT. L for Lesti, L for Love," tegas Irfan yang disambut dengan tepuk tangan penonton.

Di sisi lain, Dede Prawira selaku tim bisnis Rizky Billar mengaku belum dapat mengomentari pemberhentian artisnya tersebut dari D’Academy Season 5.

"Mohon maaf sebelumnya belum bisa kasih tanggapan karena sampai saat ini juga tim belum ada yang dihubungi oleh mas Rizky, dan kami juga belum dapat update," kata Dede Prawira, Rabu (5/10).

Tag : #lesti kejora    #rizky billar    #hiburan    #dangdut academy    #pemecatan    #pembaca acara    #kdrt    #dangdut   

Baca Juga