Tips Perawatan Sliding Door Mobil (Dok. Hyundai)

Tips Perawatan Sliding Door Mobil yang Wajib Diketahui

Juni | Otomotif | 10-08-2022

PARBOABOA – Desain model pintu geser atau sliding door mobil telah banyak diterapkan di seluruh dunia. Konsep sliding door ini memiliki beberapa kelebihan yang memudahkan pengendara.

Berbeda dengan jenis pintu manual pada umumnya, sliding door harus dirawat secara berkala. Hal itu dilakukan untuk menjaga agar komponen-komponen pendukungnya tetap awet. Pintu geser itu sendiri biasa digunakan pada mobil-mobil Multi Purpose Vehicle (MPV).

Seiring perkembangannya, sliding door bisa dibuka tutup secara elektrik, meskipun hingga saat ini masih ada juga mobil dengan pintu deser manual. Tak hanya itu, mobil yang mengadopsi konsep sliding door juga telah dilengkapi dengan sensor keselamatan untuk menghindari risiko terjepit.

Lalu, bagaimana cara untuk merawat sliding door pada mobil? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 1. Jangan Buka-Tutup Pintu Ketika Mesin Mati

Hal yang paling penting diperhatikan dalam perawatan sliding door adalah tidak membuka-tutup pintu saat mobil dalam keadaan mati. Karena pengoperasian pintu geser menggunakan sistem elektrik, sehingga ketika mesin mati akan menyedot kapasitas listrik aki.

2. Jangan Mempercepat Gerakan Pintu

Cara yang satu ini berguna untuk mobil dengan pintu geser elektrik. Hindari untuk mempercepat gerakan pintu dan biarkan saja sistem kerja elektrik bekerja dengan sendirinya hingga pintu terbuka atau tertutup dengan sepenuhnya.

Mempercepat proses menutup pintu akan berdampak pada kurangnya kinerja sistem elektrik pada pintu geser atau sliding door tersebut.

3. Jaga Kebersihan Area Rel

Rel yang jarang dibersihkan akan membuat tumpukan kotoran yang dapat menyumbat pergeseran pintu mobil. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya bersihkan are rel secara berkala. Bersihkan rel menggunakan cairan berkualitas untuk menjaga dan merawat rel tetap dalam kondisi baik.

4. Lumasi Komponen Penggerak

Perawtaan berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan rutin memberi pelumas pada komponen penggerak sliding door menggunakan cairan penetran. Hal itu berguna untuk mencegah korosi dan melancarkan kinerja roller.

Ketika mobil dalam kondisi basah, jangan lupa untuk segera mengeringkannya dan berikan pelumas atau penetran.

5. Pastikan Aki Mobil dalam Kondisi Baik

Operasional sliding door kerap digunakan ketika mesin mobil mati. Seperti diketahui, kelistrikan disuplai oleh tenaga aki ketika mesin mobil mati. Pastikan aki mobil dalam kondisi baik agar tidak bermasalah saat sliding door elektrik digerakkan.

Bagaimana, sekarang sudah paham kan cara merawat sliding door pada mobil? Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan secara berkala untuk menjaga kondisinya tetap awet ya!

Tag : #mobil    #sliding door    #otomotif    #pintu geser    #tips   

Baca Juga