Kelebihan dan Kelemahan Sliding Door (Dok. distrocar.com)

Punya Mobil dengan Sliding Door? Ini Kelebihan dan Kelemahannya

Juni | Otomotif | 08-08-2022

PARBOABOA – Teknologi mobil saat ini sudah semakin berkembang. Tak hanya dari segi mesin, beberapa bagian pada mobil pun ikut di-upgrade, salah satunya adalah pintu.

Dulu kita hanya mengenal mobil dengan satu jenis pintu, yaitu yang dibuka keluar. Tapi sekarang, banyak mobil keluaran terbaru yang telah mengadopsi mekanisme pintu geser atau sliding door.

Sliding door menjadi solusi bagi mereka yang sering parkir di tempat sempit dan minim ruang. Tapi jangan sampai salah, kamu perlu melakukan perawatan khusus agar pintu tidak mudah rusak.

Sama seperti pintu mobil jenis lainnya, sliding door juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Kelebihan Sliding Door

Pintu model geser ini terdiri dari dua varian, yakni manual dan otomatis. Untuk sliding door manual, pengguna harus menarik dan mendorong sendiri. Sementara itu, pintu geser otomatis atau elektrik, cara pengoperasiannya hanya dengan menyentuh tombol. Pintu secara otomatis akan terbuka dan tertutup dengan sendirinya.

Kemunculan sliding door ini tentunya sangat mempermudah pengguna mobil ketika parkir. Keunggulan lainnya adalah pintu lebih gampang tertutup rapat. Pada pintu biasa yang menyamping, kadang perlu agak dibanting dan ditutup ulang karena kurang kencang.

Untuk mobil kelas menengah atas, pabrikan mobil juga telah melengkapi pintu geser dengan sensor keselamatan. Sensor inilah yang akan bekerja sebagai penahan pintu yang akan menutup ketika ada benda, atau apapun yang menghalangi tertutupnya pintu. Dengan demikian, risiko terjepit pintu pun akan semakin minim.

Kelemahan Sliding Door

Jika pada pintu biasa hanya membutuhkan engsel dan kunci pengait, pintu geser atau sliding door membutuhkan rel dan penyangga. Hal inilah yang perlu diperhatikan oleh para pemilik mobil. Bagian bearing seringkali tidak terlumasi dan bagian rel berkarat lantaran tidak pernah diperiksa. Kondisi tersebut akan berdampak buruk dan menyebabkan pintu menjadi macet saat dibuka.

Kelemahan lainnya yang ditumbulkan dari kurangnya perawatan adalah kerusakan sensor keselamatan di pintu geser mobil menengah bawah. Para pengguna harus lebih ekstra hati-hati jangan sampai pintu secara tiba-tiba tertutup dan menjepit anggota tubuh.

Bagaimana, sekarang sudah paham kan tentang kelebihan dan kelemahan sliding door pada mobil? Jika Anda salah satu pengguna mobil dengan konsep pintu geser, sebaiknya lakukan perawatan khusus untuk menghindari segala risiko kerusakannya ya!

Tag : #mobil    #sliding door    #otomotif    #pintu geser    #sliding door manual    #sliding door otomatis   

Baca Juga