10 Tempat Wisata di Pulau Sumba NTT Terbaik, Wajib Masuk List Liburan Akhir Tahun

Wanovy | Travel | 03-12-2022

Wisata Sumba, foto: NativeIndonesia

PARBOABOA, Sumba - Sumba merupakan sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur yang memenuhi segala aspek sebagai tempat wisata kelas dunia.

Ada begitu banyak tempat wisata terbaik, terbaru dan lagi hits di Sumba yang bisa dipilih para wisatawan saat berkunjung ke sini.

Dari menikmati keindahan alam berupa pantai, air terjun, atau danau hingga menikmati kebudayaan, adat istiadat dan keramahan penduduknya. Serta masih banyak keseruan lainnya.

Satu hal yang menarik di kawasan ini adalah fakta bahwa salah satu hotel di Sumba pernah mendapatkan predikat sebagai hotel terbaik nomer 1 di dunia pada tahun 2016 dan 2017.

Hotel tersebut adalah Nihi Sumba, merupakan kebanggan tersendiri. Fakta lainnya adalah pesepakbola papan atas David Beckham beserta keluarga juga terpukau menyaksikan keindahannya.

Menuju ke Sumba perlu perjalanan panjang. Wisatawan harus transit terlebih dulu di Denpasar sebelum melanjutkan perjalanan ke Bandara di Umbu Mehang Kunda di Waingapu atau Bandara Tambolaka di Waikabukak.

Langsung saja, yuk simak 10 tempat wisata di Sumba NTT terbaik yang bisa masuk list liburan kamu!

1. Bukit Lendongara

Wisata Sumba yang pertama adalah Bukit Lendongara. Warga setempat menyebutnya dengan nama bukit LDR.

Bukit ini masuk dalam wilayah Desa Karuni, Kecamatan Loura. Jarak menuju bukit tersebut dari Tambolaka, Ibu Kota Kabupaten Sumba Barat Daya adalah sekitar 20 kilometer (km).

Kondisi jalan menuju bukit itu tidak terlalu mulus karena sebagian aspal berlubang. Namun, rasa lelah kami terbayar lunas saat berada di puncak bukit LDR.

Landskap di sana perbukitan dengan latar belakang laut. Area perbukitan hijau kian menyejukkan mata, pemandangannya indah dengan udara segar dan alami serasa berada di atas awan. 

Deretan perbukitan berupa padang savana, membuat kami masing-masing mengeluarkan ponsel untuk mengabadikan momen indah itu.

Tempat ini sangat cocok untuk spot foto terbaik, terutama saat sang surya hendak kembali ke peraduannya.

2. Waikuri

Waikuri, salah satu tempat yang mesti didatangi ketika datang ke Sumba Barat Daya. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam dari pusat kota Tambolaka (Ibu Kota Kabupaten Sumba Barat Daya). Waikuri merupakan pantai dengan batu-batu karang besar dan tajam.

Batu-batu itu menghalangi gulungan ombak, sehingga kolam air asin (laguna) yang ada di baliknya aman dijadikan tempat bermain air dan berenang.

Ada tempat bilas setelah berenang, meski belum memadai. Penduduk setempat menyediakan air tawar di ember.

Pemerintah daerah setempat memfasilitasi jembatan kayu panjang agar wisatawan bisa melakukan penjelajahan dengan aman, tanpa takut tergores tajamnya batu karang.

Jangan lupa, jika ada waktu menyaksikan merahnya matahari tenggelam di Waikuri.

3. Pantai Kita Mananga Aba

Letak Pantai Kita Mananga Aba berada di utara dan masih satu kecamatan dengan Bukit LDR. Kalau ditempuh dari Tambolaka, ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya, jaraknya sekitar 10 kilometer.

Di pantai itu, terdapat empat bangunan kecil beratap alang-alang tanpa dinding, sehingga pengunjung bisa berteduh dari sengatan matahari, sembari menyaksikan keindahan laut, dengan latar belakang Hotel Mario.

4. Air Terjun Lapopu

Nah, buat anda yang suka dengan air terjun, anda bisa mampir ke Air Terjun berundak bernama Air Terjun Lapopu.

Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Sumba Barat. Air terjun ini sangat indah, airnya yang jernih mengalir deras layaknya tangga dari ketinggian 90 meter.

Untuk mencapai air terjun ini, sangat disarankan mengajak tour guide atau warga lokal. Pertama, karena memang tidak ada penunjuk jalan menuju air terjun yang masih perawan ini.

Kedua, jalan menuju air terjun masih sangat alami, jadi belum beraspal. Bila anda menyewa mobil beserta supir, mereka pasti akan memahami arah perjalanan ke Air Terjun Lapopu ini.

5. Laguna Weekuri

Di danau surga ini, warna air kebiruan berubah menjadi emas saat matahari terbenam – momen ajaib yang pastinya tak ingin Anda lewatkan!

Dipisahkan oleh tebing, kolam pasang surut dengan dasar berpasir ini hanya berjarak 20 meter dari laut. Airnya yang sejuk sangat cocok untuk berenang.

Duduklah di bawah salah satu pohon rindang sambil mencelupkan kaki ke airnya yang dingin dan kagumi keindahan sekitarnya. Seperti banyak permata tersembunyi di pulau ini, Anda tidak akan menemukan banyak orang di sini.

Datanglah di pagi hari untuk menyaksikan sinar matahari menembus air sampai ke dasar danau, dan kenakan kacamata snorkel Anda!

6. Desa Ratenggaro

Ini merupakan salah satu dari sedikit tempat di pulau ini di mana Anda bisa menemukan rumah tradisional yang terbuat dari bamboo dengan atap unik setinggi 25 meter.

Seperti desa-desa lain di Sumba, atap tinggi dibangun untuk menghormati roh leluhur sesuai dengan kepercayaan Marapu yang mereka anut.

Pantai tersembunyi adalah bonus yang sempurna yang bisa ditemukan di desa kecil di Sumba barat daya ini.

Airnya jernih dan ombaknya cukup besar dengan gulungan panjang, cocok untuk berselancar. Sekitar 500 meter dari desa, di sepanjang pantai, Anda juga bisa melihat beberapa makam megalitik yang berasal dari 4500 tahun yang lalu.

7. Kampung Tarung

Saat memasuki desa kuno Kampung Tarung, Anda seolah dibawa  kembali ke masa lalu.

Terletak di puncak bukit yang menghadap Kota Waikabubak, rumah-rumah (atau warga setempat menyebutnya “Uma”) di sini mirip dengan yang ada di Ratenggaro.

Rumah panggung dengan atap jerami yang sepenuhnya dibuat dari bahan alami, seperti bambu dan akar.

Rumah-rumah tersebut tersusun rapi mengelilingi alun-alun desa, di mana Anda akan menjumpai makam megalitik, sebuah kuil Marapu, dan sebuah tiang di mana mereka dulu menggantung kepala musuh.

8. Tanjung Mareha

Tidak jauh dari Pantai Mbawana ada Tanjung Mareha. Sangat indah dengan pemandangan laut dan dentam ombak di bawahnya.

Dari lokasi ini, Pantai Mbawana bisa terlihat. Jika memiliki kamera dengan lensa zoom, Mbawana bisa dipotret dari sudut dan keindahan berbeda.

9. Air Terjun Koalat

Keindahan Sumba tidak hanya pantai saja, tetapi panorama Air Terjun Koalat juga patut dimasukan dalam daftar liburan kamu.

Jarak dari Waingapu kurang lebih 70 km menempuh waktu sekita 2 jam perjalanan. Uniknya, kawasan tempat wisata di Sumba terbaru ini hampir mirip dengan Air Terjun Niagara. Tidak terlalu tinggi memang. Tetapi, alirannya tidak pernah berhenti.

Di sini, kamu bisa berenang atau hanya sekedar bermain air saja, sudah tersedia kolam alami sayang bila tidak dimanfaatkan. Tersedia area untuk berjemur dengan kerikil kecil bersih dan pepohonan hijau.

Saat siang hari duduk di sini sembari menikmati indahnya Air Terjun Koalat. Seluruh area sangat bersih, oleh karena itu jangan kotori dengan sampah, tetap jaga kebersihan dengan baik.

10. Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu pernah ditetapkan sebagai Pantai Terbaik urutan ke 17 di dunia dari 100 pantai terbaik.

Kejernihan air laut, putihnya pasir sepanjang 2,5 km, serta pemandangan alam sekitar menjadi bukti bahwa tempat wisata di Sumba ini memang layak mendapatkan gelar tersebut. predikat membanggakan juga didapatkan sebagai sepuluh pantai terbaik di Asia.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Tetapi, aktivitas paling ditunggu wisatawan adalah selancar. Ombaknya cukup tinggi sayangnya, hanya dibatasi oleh 10 orang saja.

Tetapi, setiap pengunjung bisa menikmati kegiatan lain seperti memancing, snorkeling, berkeliling seluruh area dengan perahu mengamati burung sampai bersepeda.

Nah, itulah tadi beberapa objek wisata di pulau Sumba NTT yang bisa jadi referensi liburan saat libur akhir tahun nanti. Happy holiday!

Tag : #wisata sumba    #sumba    #travel    #tempat wisata    #ntt   

Baca Juga