10 Makanan Khas Sumba Paling Populer dan Unik

Wanovy | Travel | 05-12-2022

Makanan khas Sumba, foto: IDN Times

PARBOABOA, Sumba - Saat anda berkunjung ke suatu tempat memang tentu tujuan anda bukan hanya untuk liburan. Karena sebenarnya ada banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan, salah satunya adalah kulineran khas daerah tersebut.

Jika Anda sedang liburan ke Sumba, maka selain hanya mengunjungi destinasi wisata yang saat ini makin banyak diminati anda juga bisa mampir untuk mencicipi beberapa makanan khas Sumba.

Beberapa makanan di Sumba menjadi salah satu sajian yang benar – benar menggugah selera anda.

Penasaran apa saja makanan khas kuliner dari Sumba? Berikut adalah 10 makanan khas sumba yang wajib di coba karena unik, enak dan mengenyangkan.

1. Rumpu Rampe

Rumpu rampe adalah sayuran yang diolah dengan menumis bunga pepaya, daun pepaya, daun singkong, dan jantung pisang.

Sayuran ini sendiri tidak terasa pahit sekalipun terbuat dari berbagai macam sayuran. Ini dikarenakan sayuran terlebih dahulu dinetralisir dengan menggunakan air garam selama beberapa menit. Biasanya, untuk menambah rasa gurih akan ditambahkan teri asin atau udang rebon.

2. Ka’pu pantunnu

Ka’pu pantunnu ini merupakan makanan khas Sumba yang sangat unik dalam hal cita rasa, bahan, dan proses pembuatannya.

Ka’pu pantunnu ini berbahan dasar dari jantung pisang. Yang dimana proses nya memotong kecil isi jantung pisang nya terlebih dahulu.

Bahan membuat ka’pu pantunnu ini tidak dominan hanya jantung pisang saja loh tapi ada juga Kelapa parut yang sudah dipanggang terlebih dahulu.

Biasanya masyarakat Sumba sangat gemar menambah hidangan ka’pu pantunnu ini dengan daun potongan kemangi. Jadi rasanya akan terasa lebih nikmat dan melegit Di lidah.

Lupakan sejenak saja soal cita rasa dan fakta menarik bahkan unik dari kuliner Ka’pu pantunnu ini, Anda harus ingat tentang harga dari Ka’pu pantunnu ini juga. Jangan terkejut ya, Jadi harga dari Ka’pu pantunnu ini sangat amat murah loh.

3. Kadapet watara

Kadapet watara adalah sejenis makanan ringan yang berasal dari kepulauan Sumba. Kadapet watara ini merupakan jenis kue kering yang berbahan dasar jagung, buah pisang, dan campuran kacang tanah. Jika dilihat dari tampilan nya, sekilas kadapet watara ini mirip seperti wajik kelapa.

Ketiga bahan utama kadapet watara ini dicampur sehingga menjadi sebuah adonan lalu diolah menjadi berbentuk bulat.

Nah, untuk jenis kue kering asal Sumba ini beda loh dari kue kering dari daerah lain. Jadi kue kering ala pulau Sumba ini ternyata setelah selesai dibentuk, adonannya akan dibungkus dengan daun jagung.

Nah loh, kok bisa? Bukannya daun jagung gatal ya karena rambut jagungnya?

4. Kaparak

Kota ini dikenal akan produksi dan olahan jagungnya yang khas, karena itu tidak heran jika kudapan dari bahan tepung jagung, gula putih, dan kelapa ini masih banyak direkomendasikan.

Meski digadang gadang sebagai makanan tradisional yang sempat hampir punah, namun Kaparak mulai naik daun setelah diolah dan dikemas untuk oleh-oleh.

Kaparak terbuat dari tepung jagung atau jagung yang ditumbuk dan disangrai tanpa minyak. Kemudian dicampur dengan kacang tumbuk, gula pasir, dan kelapa sehingga menghasilkan olahan bubuk penuh rasa.

Di Sumba sendiri, makanan ini masih jadi andalan untuk disantap bersama dengan kopi dan teh.

Bahannya yang sederhana dan juga mudah ditemukan ini bisa jadi bahan oleh-oleh unik, yang mungkin tidak bisa ditemukan di daerah lain.

5. Sup Ayam Waingapu

Nah sumba juga memiliki hidangan makanan dengan bahan utama ayam yang rasanya sangat enak. Dan ini adalah salah satu makanan wajib yang harus anda coba saat berada di Sumba.

Ayam yang masuk ke dalam sup memiliki ukuran yang tidak tanggung. Satu ekor ayam akan masuk ke dalam Sup.

Untuk rasa tidak perlu anda tanyakan lagi, satu ekor ayam yang masuk dalam sup ini disiram dengan tambahan kaldu yang sangat gurih, belum lagi tambahan belimbing wulung dan irisan tomat yang melengkapi rasanya.

Jika anda sekali mencoba sup ayam waimgapu khas sumba ini dijamin anda akan ketagihan.

6. Jagung Titi

Ini adalah salah satu jenis makanan khas Sumba yang memiliki rasa yang sangat enak dengan bahan utamanya adalah jagung titi.

Proses olahannya jagung dimasak dengan cara digoreng tanpa menggunakan minyak atau proses sangrai.

Sehingga sangat aman untuk kesehatan anda. Dan cita rasa dari jagung titi, kuliner dari Sumba ini sebenarnya jauh lebih mirip dengan popcorn namun original tanpa tambahan bumbu – bumbu lainnya.

Jika anda kurang suka dengan rasa jagung yang original, maka anda bisa meminta tambahan rasa lain misalnya pedas atau manis.

Nah nanti penjual di Sumba akan membuatkan bumbu khusus yang sesuai dengan permintaan. Rasanya akan jauh lebih enak lagi loh.

7. Kue Rambut atau Jawada

Kue rambut atau yang lebih dikenal dengan nama Jawada adalah salah satu makanan khas Sumba yang seringkali dijadikan snack atau sekedar makanan ringan.

Sebenarnya jawada ini adalah jenis makanan yang paling pas jika anda konsumsi saat bersantai bersama dengan keluarga atau saat anda lapar tidak tidak ingin makanan yang berat.

Bentuknya yang segitiga menjadi salah satu daya tariknya. Makanan ini diolah dengan cara digoreng, selanjutnya dibalut dengan tambahan irisan dari gula merah.

Dan untuk rasa kue jawada ini sangat renyah dan saat anda makan dengan sendirinya akan mengeluarkan suara “kres “.

8. Kariwang watar

Kariwang watar merupakan salah satu olahan makanan khas Sumba, tepatnya di Sumba timur yang menggunakan sayuran dan hasil laut dengan berurutan rempah yang khas.

Selain unik dalam hal cita rasa, kariwang watar ini juga sangat unik dalam bentuk tampilan dan juga proses pembuatannya.

Anda tahu tidak kalau kuliner khas Sumba ini sudah ada sejak lama loh. Sama halnya dengan kariwang watara ini.

Kariwang watar ini terbilang diolah dengan menggunakan bahan yang sangat simpel. Namun walau demikian, tidak mengurangi kenikmatan rasa.

Nah untuk bahan utama pada kariwang watara ini terdiri dari jagung pulut atau dalam bahasa Sunda disebut watar, bawang putih, bawang merah, cabe merah, ikan tembang, dan tomat.

9. Ro’o luwa

Ro’o luwa ini merupakan sejenis bubur dengan bahan utama daun ubi atau singkong. Ro’o luwa ini sangat populer di pulau Sumba tepatnya di Sumba barat daya.

Nah untuk tampilan dari ro’o luwa berupa bubur berwarna hijau yang menggugah selera. Makanan khas Sumba Barat daya ini terbuat dari daun ubi atau singkong yang ditumbuk bersama beras hingga halus, lalu direbus menggunakan kuah santan dan bumbu rempah-rempah.

Penggabungan beras dengan daun ubi atau singkong lah yang menjadi ciri khas atau pembeda kuliner ro’o Lawu ini dengan kuliner lain.  Rasa Ro’o Lawu ini terasa sangat nikmat di lidah karena kuah santannya yang gurih.

Cita rasa ro’o luwa ini sekilas mirip dengan gulai daun singkong. Hidangan ro’o luwa ini sangat cocok disantap ditemani nasi jagung, jadi rasa nya makin double.

Untuk bisa menikmati ro’o luwa ini, bukan hal yang tidak mungkin untuk Anda mengolahnya sendiri karena bahannya sangat umum dan mudah didapat.

10. Manu pata’u Ni

Manu pata’u Ni ini merupakan makanan Yang diolah masyarakat Sumba barat daya dan sudah dijadikan sebagai makanan khas pulau tersebut.

Manu pata’u Ni ini adalah penyebutan untuk santapan berupa ayam kampung yang dimasak hingga bertekstur empuk dan tidak lupa campuran kuah santan.

Sekilas manu pata’u Ni khas Sumba barat daya ini mirip dengan opor. Tidak hanya itu saja tapi juga cita rasanya juga cukup mirip dengan opor.

Sajian Manu pata’u Ni ini dibuat dari ayam kampung pilihan. Biasanya sajian Manu pata’u Ni sering dijadikan sebagai salah satu menu andalan yang dihidangkan kepada para tamu yang datang ke pulau tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Sumba NTT yang paling populer dan unik. Selamat mencoba!

Tag : #wisata sumba    #sumba    #travel    #tempat wisata    #kuliner khas sumba    #ntt   

Baca Juga