Radiator Motor (Dok. Parboaboa)

Wajib Tahu! Ini Tanda-Tanda Radiator Motor Mulai Bermasalah

Juni | Otomotif | 13-08-2022

PARBOABOA – Radiator merupakan salah satu bagian terpenting pada sepeda motor yang berfungsi sebagai sistem pendingin pada mesin. Komponen ini akan melepaskan panas yang dihasilkan dari mesin untuk dibuang ke udara luar.

Ada dua jenis radiator motor yaitu sistem pendingin udara dan sistem pendingin cairan. Komponen sistem pendingin cairan terdiri dari radiator, tangki cadangan (reservoir), tutup radiator, kipas radiator, selang radiator, thermostat, water pump, dan cairan pendingin atau coolant.

Jika radiator bermasalah, kendaraan tidak akan berfungsi dengan baik. Lalu, bagaimana cara mengetahui jika radiator motor Anda mengalami kerusakan?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini dijelaskan beberapa tanda-tanda mengetahui radiator mengalami gangguan.

1. Air Reservois Cepat Habis

Radiator yang rusak ditandai dengan air didalam resevoir cepat berkurang. Hal itu disebabkan oleh proses pendinginan yang tidak berfungsi dengan optimal. Sistem pendingin yang tidak bekerja dengan baik dapat menyebabkan cairan di dalamnya mudah menguap begitu saja.

2. Sistem Pendingin Kurang Optimal

Kurang optimalnya sistem pendingin juga menjadi salah satu pertanda radiator motor mengalami kerusakan. Seperti diketahui, fungsi radiator itu sendiri adalah untuk menurunkan suhu pada mesin. Oleh karena itu, jika komponen ini rusak akan menyebabkan mesin cepat panas.

Penyebab sistem pendingin radiator tidak bekerja secara optimal adalah karena tutup radiator yang tidak rapat. Sehingga menyebabkan udara panas bisa langsung masuk ke dalam.

3. Selang Radiator Rusak

Selain itu, pertanda lain yang menunjukkan radiator motor aus adalah kerusakan pada bearing pompa yang akan menimbulkan bunyi seperti gesekan. Saat bunyi tersebut semakin keras, maka itu pertanda bahwa seal pada pompa radiator bocor.

4. Sirip Radiator Rusak

Pertanda lain radiator mengalami gangguan adalah kerusakan pada sirip radiator. Kerusakan tersebut bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti benturan batu dan kerikil. Saat insiden itu terjadi, akan memungkinkan jalur cairan pendingin bisa tersumbat.

Bagaimana, sekarang sudah pahamkan tentang tanda-tanda radiator motor yang mengalami kerusakan? Jika hal itu terjadi, segera bawa motor Anda ke bengkel untuk memperbaikinya.

Tag : #radiator    #sepeda motor    #otomotif    #komponen motor    #mesin overheat   

Baca Juga