Ilustrasi Indikator Temperatur Mobil (Foto: auto2000.co.id)

Temperatur Mobil Naik Turun? Kenali Penyebabnya Berikut Ini

Juni | Otomotif | 22-09-2022

PARBOABOA – Rangkaian mesin pada mobil bekerja secara bersamaan untuk menciptakan pembakaran tiap kali dinyalakan. Hasil pembakaran tersebut membuat kondisi di sekitar silinder mesin bersuhu sangat tinggi.

Untuk menghindari mobil mengalami panas berlebih atau overheat, diperlukan sistem pendingin mesin. Lantas, sebenarnya apa penyebab temperatur mobil naik turun? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Packing Head Bermasalah

Penyebab pertama temperatur mobil tidak stabil adalah packing head yang bermasalah hingga memicu terjadinya kebocoran.

Akibatnya, udara akan terjebak dalam sistem pendingin. Hal ini dapat menimbulkan kondisi yang berbahaya dan membuat temperatur mobil naik turun.

2. Water Pump Bocor

Water pump juga memiliki peranan penting dalam menjaga suhu mesin mobil tetap stabil. Jika komponen yang satu ini mengalami kebocoran, mesin akan berubah menjadi sangat panas, bahkan saat mobil dikendarai dalam kecepatan normal.

Water pump yang bocor bisa saja terjadi karena tangki penyimpanan air berkarat. Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan secara berkala untuk memantau kondisi water pump.

3. Air Radiator Habis

Radiator merupakan komponen penting dalam mesin mobil yang berfungsi sebagai sistem pendingin. Jika suhu mobil naik atau turun secara mendadak, bisa jadi ada kerusakan pada radiator.

Jika dibiarkan terus menerus, air radiator akan habis dan merusak keseimbangan suhu mesin mobil. Salah satu pemicu kebocoran radiator ini adalah korosi atau karat pada kisi-kisinya. Korosi dapat timbul jika tabung radiator diisi dengan sembarang cairan.

4. Tali Kipas Tidak Bekerja Maksimal

Tali kipas atau fan belt juga berfungsi untuk menjaga suhu mesin selalu stabil. Selain itu, tali kipas juga berperan dalam proses pembakaran dalam mesin. Jika komponen ini rusak, sistem pembakaran juga akan terganggu.

5. Thermostat Rusak

Seiring dengan usia pemakaian mobil, tentunya akan ada banyak komponen mobil yang rentang mengalami kerusakan. Salah satu komponen yang sering mengalami kerusakan adalah thermostat. Jika sudah rusak atau bermasalah, suhu mobil menjadi tidak stabil.

Itulah tadi lima penyebab temperatur mobil tidak stabil yang perlu diketahui. Jika mengalami kondisi tersebut, segera lakukan pengecekan dan kenali penyebabnya agar dapat segera diatasi.

Tag : #Temperatur mobil    #overheat    #otomotif    #radiator    #air coolant   

Baca Juga