Ilustrasi Interview Kerja (Dok:Sripoku.com)

15 Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya yang Sering Ditanyakan, Wajib Tau!

Ester | Pendidikan | 23-06-2022

PARBOABOA – Di bawah ini, Parboaboa akan memberikan kamu bocoran 15 pertanyaan interview kerja dan jawabannya yang sering ditanyakan saat ingin melamar kerja. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut untuk mengetahui jawabannya.

Di era modern saat ini, menemukan pekerjaan yang layak dan cocok dengan standar yang kita inginkan adalah hal yang cukup sulit. Selain faktor pendidikan, banyaknya saingan juga mempengaruhi seseorang akan diterima di sebuah perusahaan.

Terlebih jika perusahaan yang kita lamar adalah sebuah perusahaan besar, bisa dipastikan saingan yang kita hadapi akan sangat sulit. Salah satu kesulitan yang kerap diterima banyak orang dalam melamar pekerjaan adalah test wawancara.

Memang test wawancara adalah salah satu test yang kerap disediakan oleh banyak perusahaan untuk mengetest para calon pekerja baru dalam bekerja di perusahaan mereka. Meskipun terdengar basic, namun di dalam test ini banyak sekali para calon pelamar yang gagal.

Untuk mengurangi peluang gagal kamu dalam melamar sebuah pekerjaan, terlebih di sebuah perusahaan besar tentu kamu membutuhkah sebuah bocoran. Bocoran yang dimaksud adalah, kamu membutuhkan kisi-kisi atau contekan mengenai pertanyaan interview kerja yang sering ditanyakan oleh manager atau HRD sebuah perusahaan.

Jika kamu mendapatkan bocoran tersebut, tentu saat diwawancarai nanti kamu tidak akan terlalu kesulitan. Tidak hanya itu, kamu juga akan lebih santai dan tenang saat diwawancarai jika sudah memiliki kisi-kisi mengenai pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan saat interview kerja.

Untuk membantu kamu dalam test wawancara saat melamar pekerjaan, di bawah ini Parboaboa telah merangkum 15 pertanyaan saat interview kerja dan jawabannya yang sering ditanyakan. Apa sajakah itu? Berikut kami berikan ulasannya.

  1. Coba ceritakan tentang diri kamu? Di bagian ini kami dapat menjelaskan tentang kelebihan dan keahlian yang kamu miliki. Kamu dapat memulainya dengan memperkenalkan diri lalu menyampaikan semua keahlian yang kamu miliki. Kamu juga dapat menambahkan beberapa pengalaman dan hasil yang kamu dapatkan selama ini.
  2. Apa hobi kamu? Di bagian ini kami dapat menyebutkan hobi yang kamu suka dan menambahkannya dengan beberapa hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu tuju. Dengan begitu, HRD akan mengaitkan hobi kamu dengan pekerjaan yang akan kamu lamar nantinya.
  3. Dari mana kamu mengetahui lowongan pekerjaan ini? Jika kamu ditanya dengan pertanyaan ini, kamu dapat mengatakan jawabannya dengan jujur. Dengan begitu, HRD akan mengetahui koneksi yang kamu miliki.
  4. Apa kelebihan/bakat kamu? Nah, di bagian ini kamu dapat sedikit hiperbola namun tetap membicarakan fakta. Maksudnya adalah, kamu dapat menjelaskan kelebihan kamu namun ditambah dengan penerapan dari kelebihan tersebut. Kamu juga dapat menjelaskan hasilnya dengan baik dan benar.
  5. Apa yang kamu ketahui tentang posisi ini? Di bagian ini pastikan kamu sudah meriset dan membaca semua informasi mengenai posisi yang akan kamu alarm. Dengan begitu, kamu tidak akan gugup atau terbatah-batah dalam menjelaskan deksripsi pekerjaan yang kamu lamar.
  6. Mengapa kamu tertarik dengan posisi ini? Di pertanyaan ini kamu bisa menyebutkan skill, passion atau kelebihan yang sudah kamu sebutkan tadi. Jangan lupa, kamu juga dapat mengaitkan semua kelebihan kamu dengan posisi yang kamu lamar ini.
  7. Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini? Seperti di poin sebelumnya, pastikan kamu sudah meriset dan mengetahui seluk beluk tentang perusahaan yang kamu lamar. Dengan begitu, HRD akan menilai jika kamu benar-benar siap atau tidak dalam melamar pekerjaan di perusahaan yang kamu tuju.
  8. Apa motivasi kamu dalam melamar di perusahaan ini? Kebanyakan orang saat ditanya pertanyaan ini sering bingung. Nah, kamu dapat menjelaskan bahwa dengan posisi yang dilamar, kamu dapat mencapai karier yang baik dan membangun perusahaan lebih sukses lagi.
  9. Mengapa kami harus menerima kamu di perusahaan ini? Pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan jebakan. Jika kami ditanya mengenai hal ini, kami dapat menjawab dengan keunggulan dan visi misi kamu untuk menjadikan perusahaan ini lebih baik lagi. Kamu juga dapat menjelaskan strategi yang sudah kamu siapkan jika diterima nantinya.
  10. Apa pencapaian terbaikmu? Jika ditanya seperti ini, kamu dapat menceritakan keseluruhan prestasi yang pernah kamu dapatkan baik akademik maupun non-akademik.
  11. Apa kelemahan kamu? Nah, dipertanyaan ini banyak sekali orang yang bingung. Jika ditanya mengenai kelemahan, kamu dapat menjawab kelemahan yang tidak terlalu menonjol dan memberikan solusi untuk mengatasi kelemahan tersebut.
  12. Apakah kamu sedang melamar ke perusahaan lain? Jika ditanya seperti ini kamu dapat menjawab dengan jujur. Jika kamu memang melamar ke perusahaan lain, kamu dapat menambahkan bahwa perusahaan inilah yang menjadi target utama kamu untuk bekerja. Sedangkan perusahaan lain hanyalah plan B jika tidak diterima.
  13. Berapa gaji yang kamu harapakan? Di pertanyaan ini kamu dapat menjawabnya dengan jujur dengan mempertimbangkan segala aspek. Maksudnya adalah, kamu dapat mempertimbangkan dengan UMK kota kamu, biaya hidup, dan lain sebagainya.
  14. Apakah anda memiliki pertanyaan yang ingin ditanyakan? Jika ditanya seperti ini, kamu dapat bertanya peran atau tugas kamu di dalam pekerjaan yang kamu tanya. Kamu juga dapat bertanya mengenai jadwal-jadwal dan peraturan di dalam perusahaan yang kamu tuju.
  15. Apa rencana kamu 5 tahun kedepan? Jika hal ini ditanyakan kepadamu, kembali kepada poin dimana kamu mengatakan visi dan misi kamu. Kamu dapat mengembangkan hal itu dengan menaikkan posisi jabatan yang akan kamu ambil nantinya. Dengan begitu, kamu sudah terlihat ingin lebih maju dan berkembang.

Itulah 15 pertanyaan interview kerja yang sering ditanyakan beserta jawabannya yang wajib kamu ketahui. Akan tetapi, semua jawaban tersebut tidak sepenuhnya benar. Kembali kepada pribadi masing-masing ingin menjawab jawaban seperti apa.

Namun, akan lebih baik jika kamu dapat mengikuti saran yang sudah kami buat agar mengurangi peluang kegagalan kamu. Jangan lupa untuk tetap sopan saat ingin menjawab pertanyaan saat ditanya nantinya.

Semoga ulasan kami dapat membantu kamu dan selamat mencoba!

Tag : #interview    #wawancara    #pendidikan    #pekerjaan    #test    #kelebihan diri    #kekurangan diri    #lowongan pekerjaan    #perusahaan   

Baca Juga