Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula (Foto : Parboaboa/Halima)

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Halima | Pendidikan | 01-10-2022

PARBOABOA - Interview kerja adalah salah satu tahapan seleksi kerja yang sangat penting. Ini merupakan kesempatan untuk mempromosikan diri kepada perekrut bahwa kamu merupakan kandidat yang tepat. 

Namun, tidak sedikit yang gagal dalam tahap interview ini. Berikut beberapa cara menjawab pertanyaan interview kerja. 

Cara Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

1. Pelajari Profil Perusahaan

Ketika mendapat panggilan untuk interview, persiapkan lah diri anda untuk menghadapi beberapa pertanyaan. Bekali diri dengan mempelajari tentang perusahaan yang cukup.

2. Maksimalkan Penampilan

Pakaian interview kerja merupakan hal yang sangat mendukung saat melakukan interview. Usahakan jangan mengabaikan penampilan. Berpakaian lah sebaik dan serapi mungkin. Dan jangan lupa untuk tersenyum, dengan tersenyum anda akan terlihat lebih percaya diri.

3. Lakukan Kontak Mata

Selalu lakukan utnuk menjaga kontak mata. Berikan tatapan penuh rasa percaya diri tetapi bukan tatapan angkuh atau untuk menyobongkan diri.

4. Jelaskan Perihal Diri Anda

Perusahaan selalu menginginkan karyawan terbaik. Maka dari itu berilah penjelasan tentang diri anda sebaik dan sejelas mungkin. 

5. Jelaskan Alasan yang Tetap

Perusahaan selalu memberikan pertanyaan apa alasan anda dan tujuan anda. Maka dari itu berikan alasan yang wajar dan objektif tanpa terkesan sedang membanggakan diri.

6. Perlihatkan Kelebihan yang di Miliki

Sebelum melakukan interview, ketahuilah kelebihan anda terlebih dahulu. Sesuaikan dengan posisi pekerjaan yang ditawarkan perusahaan tersebut. 

Lalu berikan penjelasan tentang kemampuan apa saja yang anda miliki, sehingga perusahaan tidak akan berat hati untuk menerima anda untuk bergabung di perusahaannya.

Cara Menolak Interview Kerja Lewat WA

Tidak semua pelamar bisa lolos seleksi administrasi hingga akhirnya mendapat kesempatan mengikuti tes wawancara. Bila ingin menolak tawaran wawancara tersebut. Maka perhatikan cara menolak interview kerja lewat WA yang baik dan sopan berikut ini :

1. Pastikan Kamu sudah Memiliki Keputusan yang Tepat

Jangan mengulur waktu sebab pewawancara telah bersikeras membaca CV Kamu dibandingkan CV orang lain. Bisa jadi ada banyak tumpukan CV lain di meja, tetapi mereka menilai Kamu adalah kandidat yang terbaik. Pastikan Kamu segera membalas WA perusahaan lebih cepat untuk memastikan pemberian keputusan yang tidak merugikan pihak perusahaan tersebut.

2. Berikan kata maaf dan terima kasih

Jangan lupa untuk menyematkan kata maaf dan terima kasih kepada perusahaan yang menghargai Kamu sebagai calon kandidat pengisi lowongan tersebut.

3. Memberikan alasan yang tepat

Bila Kamu menolak pekerjaan karena sudah diterima di tempat lain, ungkapkan alasan dengan sopan dan tepat agar tidak merendahkan atau meremehkan pihak perusahaan. Bila ada ketidakcocokan kerja di lowongan terkait, maka Kamu juga bisa menyampaikan alasan yang masuk akal.

4. Menjalin hubungan yang lebih baik

Meski Kamu menolak permintaan wawancara sebab sudah bekerja di tempat lain atau alasan penolakan lain, tetap upayakan memakai bahasa yang baik dan sopan demi menjalin hubungan baik. Bisa jadi Kamu dan perusahaan bisa menjadi relasi yang bekerja sama kemudian hari, bukan? Memanfaatkan komunikasi yang baik untuk mendapat jaringan bisnis yang lebih luas, kenapa tidak?

Contoh Menolak Interview Kerja Lewat WA

Kepada Yth. HRD PT X

Di tempat

Saya mengucapkan terima kasih atas penawaran yang diberikan Bapak/Ibu. Tentu saya sangat menghargai apa yang ditawarkan PT X untuk mengikuti tes wawancara pada tanggal sekian. Namun saya memikirkan secara matang, saya mohon maaf tidak bisa menerima tawaran interview di tempat Bapak/Ibu karena saya sudah menerima tawaran dari perusahaan lain.

Tentu saya tidak menutup kemungkinan bisa bekerja sama dengan PT X di lain kesempatan. Semoga kedepannya, PT X bisa mendapatkan kandidat yang tepat dan bisa berkembang lebih sukses lagi. Atas waktu dan pertimbangan Bapak /Ibu HRD PT X sebelumnya, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya

Nama pribadi
 

Tag : #interview    #kerja    #pendidikan    #cv    #perusahaan   

Baca Juga