Pengertian Orientasi, Manfaat, dan Tujuannya (Foto: Parboaboa/Faulan)

Pengertian Orientasi, Manfaat, dan Tujuannya

Faulan | Pendidikan | 25-09-2022

PARBOABAO - Pernahkah anda mendengar kata orientasi? Pada dasarnya, kata tersebut bukanlah kata yang asing apalagi dalam dunia pendidikan.

Pada awal setiap tahun ajaran baru, siswa baru biasanya akan menjalani serangkaian sesi orientasi.  Jadi apa itu orientasi dan contohnya? Apa tujuan dilakukannya orientasi?

Selama fase ini atau proses orientasi, siswa baru biasanya diperkenalkan dengan sejarah sekolah dan berbagai topik yang berkaitan dengan sekolah tersebut.

Hal ini dilakukan agar memudahkan siswa baru untuk mengikuti kegiatan belajar dan bersosialisasi dengan teman di sekolah tersebut. Nah, jika Anda tertarik untuk memahami lebih dalam tentang orientasi, simak penjelasan orientasi adalah dan contohnya berikut ini.

Pengertian Orientasi

Secara umum, orientasi adalah sikap dan perilaku terhadap orang lain untuk menciptakan keselarasan di tempat yang baru. Selain itu, orientasi bermanfaat untuk membantu meningkatkan kinerja seseorang dalam proses di lokasi baru untuk memaksimalkan kinerja.

Pada masa orientasi siswa atau sering disingkat MOS, siswa baru biasanya diperkenalkan dengan lingkungan sekolah. Saat sekolah menyambut kedatangan siswa baru biasanya diisi dengan kegiatan yang seru dan menantang.

Hampir semua sekolah akan melakukan kegiatan orientasi ini. Mulai dari sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas hingga universitas dan sekolah kejuruan.

Program ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk melatih kedisiplinan, tekad, mental dan mempererat tali persaudaraan siswa baru. Berkat fase orientasi, perkenalan dengan teman sekelas baru, guru, senior dan staf sekolah lainnya dapat berlangsung dengan lebih optimal.

Manfaat Orientasi

Orientasi adalah salah satu hal penting karena memiliki berbagai manfaat. Berikut beberapa manfaat dari orientasi yang perlu anda pahami.

1. Memberikan Informasi

Manfaat pertama adalah proses penyediaan informasi yang singkat dan akurat yang ditujukan kepada berbagai pihak baru. Orientasi biasanya berlangsung dengan singkat dan tidak melibatkan penjelasan yang terlalu kompleks.

2. Mendorong Kepercayaan Diri

Pada dasarnya, orientasi adalah fase atau tahapan dimana seorang dapat membangun rasa percaya diri memasuki suatu institusi baru. Karena orientasi dimaksudkan untuk memperkenalkan mereka pada institusi baru.

3. Membentuk Komunikasi

Manfaat orientasi selanjutnya adalah terbentuknya komunikasi. Hal ini juga akan memiliki kaitan dengan produktivitas dan kolaborasi antar individu dalam suatu institusi, baik di dunia pendidikan maupun di dunia kerja. Orientasi ini membentuk ruang komunikasi awal bagi anggota baru.

Tujuan Orientasi

Selain memiliki manfaat, berikut beberapa tujuan dilakukannya orientasi yang dapat anda pahami.

1. Ruang Belajar

Tujuan utama orientasi adalah agar anggota baru dapat menggunakannya sebagai media pembelajaran ketika mempelajari lembaga atau organisasi baru. Pembelajaran itu tidak hanya mengacu pada nilai-nilai dan aturan.

Namun orientasi juga berkaitan dengan ruang, seperti bagian bangunan tempat lembaga itu berada.

2. Ruang Kolaborasi

Pada saat masa orientasi, baik di bidang pendidikan maupun di dunia kerja, biasanya dilakukan kelompok-kelompok tertentu yang akan diberikan berbagai tugas kelompok.

Hal ini dilakukan untuk menghindari individu dengan terlalu banyak tugas. Sebaliknya, ini bertujuan untuk menciptakan ruang kolaborasi bagi individu untuk bekerja sama dengan timnya.

3. Ruang Relasional

Tujuan dari orientasi yang terakhir adalah untuk menciptakan ruang hubungan bagi orang baru untuk berhubungan dengan orang baru lainnya.

Relasi di sini sangat penting bagi dunia kerja dan pendidikan. Di luar masalah pekerjaan dan pendidikan, hubungan dapat berdampak pada pertumbuhan pribadi, pengembangan diri, dan kebutuhan lainnya.

Tag : #orientasi    #mos    #pendidikan    #sekolah    #pengenalan lingkungan   

Baca Juga