Ilustrasi Teks Orientasi Pada Sebuah Buku Cerita (Foto: bp-guide.id)

Memahami Struktur Teks dan apa itu Teks Orientasi

Patrick | Pendidikan | 05-10-2022

PARBOABOA - Dalam pelajaran bahasa Indonesia, terdapat sebuah struktur teks yang menyusun kalimat menjadi sebuah paragraf. Kalimat  tersebut disebut orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda.

Untuk menguasai suatu bidang sastra, kamu harus memahami keempat struktur tersebut. Struktur tersebut pada umumnya terdapat pada teks atau narasi cerita seperti, cerita fabel, teks cerita fantasi, teks cerita inspiratif, dan teks cerita sejarah.

Dapat dipastikan hampir semua teks cerita memiliki sturuktur yang disebut dengan apa itu teks orientasi. Hal ini disebabkan, awalan yang dimiliki setiap cerita, pengantar, pendahuluan yang mewajibkan adanya struktur tersebut.

Pengertian Orientasi, Komplikasi Resolusi dan Koda

Orientasi

Teks orientasi adalah bagian awal atau pengenalan awal dari jalannya suatu cerita. Pada umumnya teks ini mengenalkan tokoh dan wataknya, latar belakang, suasana, tempat dan waktu serta alur ceritanya.

Namun, pada teks cerita inspiratif. Bagian orientasi berisi pengenalan yang sedikit berbeda dari teks cerita lainnya karena pada cerita inspiratif akan menjelaskan kisah seseorang.

Dalam orientasi teks cerita inspiratif memuat pengenalan tokoh dari tempat lahirnya, kondisi sosial, budaya, atau masa kecil sosok yang menjadi sorotan dalam teks cerita inspiratif.

Komplikasi

Teks Komplikasi adalah bagian yang menceritakan sebab akibat konflik antara satu tokoh dengan tokoh yang lain. Komplikasi biasanya dimulai dari munculnya masalah sampai mencapai komplikasi atau klimaks, puncak permasalahan yang dialami tokoh dalam cerita.

Resolusi

Teks resolusi adalah bagian yang berisi solusi atau jalan keluar pilihan para tokoh dalam menyelesaikan masalah. Pada tahap resolusi, sang tokoh utama mendapatkan ide dan menetapkan jalan untuk menghadapi masalahnya.

Perjuangan yang telah dilakukan tokoh dalam menghadapi permasalahan diungkapkan lewat tahap ini. Pada struktur ini juga, permasalahan pun perlahan hilang.

Koda

Koda adalah bagian akhir dari teks cerita yang mengandung sebuah pelajaran. Teks ini bisa berbentuk amanat atau pesan moral yang dapat disampaikan kepada para pembaca melalui teks cerita.

Contoh Teks Orientasi dalam Sebuah Cerita

Berikut ini akan dijelaskan contoh-contoh teks orientasi dalam sebuah kalimat yang dimasukkan kedalam sebuah cerita, simak selengkapnya.

Teks Cerita Fabel

Teks fabel adalah sebuah cerita yang tokohnya diperankan oleh para binatang dan dikisahkan berperilaku seperti manusia. Para hewan tersebut biasanya memiliki watak baik dan buruk. Sebagai contoh, cerita fabel yang paling terkenal di Indonesia adalah cerita Si Kancil dan Buaya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Fabel adalah cerita yang menggambarkan sifat dan budi manusia yang aksinya diperankan oleh binatang. Cerita ini merupakan cerita yang berkaitan dengan dunia binatang dan secara tidak langsung merujuk kepada manusia.

Contoh Teks Orientasi dalam cerita Fabel

"Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan ditaman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu."

Teks Cerita Fantasi

Menurut Kemdikbud (2017), teks cerita fantasi adalah salah satu teks narasi yang memiliki kisah penuh imajinasi dan khayalan lebih dari realita.

Nurgiyantoro menjelaskan bahwa cerita fantasi adalah cerita yang menampilak tokoh, alur, latar, atau tema yang dibuat dengan gaya imajinasi atau khayalan seseorang.

Contoh Teks Orientasi dalam cerita Fantasi

Malam itu, entah mengapa tak seperti biasanya, Nino belum bisa tertidur. Ia sudah cukup lama mencoba memejamkan matanya namun tak kunjung terlelap juga. Ia kemudian memutuskan untuk membuka jendela kamarnya, berharap angin segar dapat membuatnya mengantuk.

"Namun tak lama setelah ia membuka jendelanya, sekelebat cahaya terang tampak mendekat dari kejauhan. Nino pun lantas kembali menghampiri jendela kamarnya. Cahaya itu semakin dekat dan mulai membuat Nino kesilauan dan menutup mata dengan sebelah tangannya."

Teks Cerita Inspiratif

Teks cerita inspiratif adalah teks narasi yang dapat membuat para pembacanya jadi lebih termotivasi dan terinspirasi. Cerita inspiratif biasanya dijadikan sebagai media alternatif yang mampu menambah rasa percaya diri dan semangat para pembacanya.

Contoh Teks Orientasi dalam cerita Inspiratif

"Sejak Covid-19 melanda Indonesia, seorang perawat bernama Mbak Aminah pun ditugaskan di Rumah Sakit Gunawan Sukoharjo. Sosoknya yang masih muda itu sangat totalitas dalam melayani pasien yang ia tangani. Orang tua Mbak Aminah pun bangga dan mengapresiasi kinerjanya."

Pada intinya orientasi akan selalu ada pada setiap teks cerita atau teks narasi. Orientasi akan selalu menjelaskan sebuah awalan, pengenalan, baik itu dari serba-serbi tokoh utama, latar tempat, suasana, waktu, hingga masuk ke alur cerita yang menghubungkan ke struktur selanjutnya.

Tag : #struktur teks    #kalimat    #pendidikan    #bahasa indonesia    #cerita fabel    #cerita fantasi    #cerita inspiratif    #orientasi    #teks orientasi   

Baca Juga