Selamat Tinggal! Zenly, Aplikasi Berbagi Lokasi Tutup Februari 2023

Penulis : Wanovy | Teknologi | 06-12-2022

Zenly, foto: Pinterest

PARBOABOA - Aplikasi berbagi lokasi Zenly akan ditutup pada Februari 2023. Kabar tersebut diumumkan lewat situs web dan akun Instagram-nya.

Terkait dengan aplikasi Zenely akan dihentikan ini, Zenly menggunggah sebuah pesan melalui akun Instagram resminya.

“Dengan jenius, Anda bergabung dengan zenly untuk mengikuti orang-orang terdekat Anda, untuk mencatat semua tempat dan kenangan favorit Anda. Sudah lebih dari 3000 hari sejak awal Zenly dan hanya tersisa 60 hari sebelum berakhir. Tapi cintaku padamu terus tumbuh lebih kuat,” tulis pada unggahan foto.

Adapun alasan mengapa aplikasi Zenly ditutup karena faktor ekonomi yang membuat perusahaan sulit untuk mempertahankan operasionalnya.

“Sayangnya, iklim ekonomi saat ini menyulitkan Zenly untuk mempertahankan operasinya. kami senang kamu menikmati Zenly, untuk mengirimkan spam emoji ke teman saat bepergian, mengirimkan apa yang terjadi pada saat yang tepat, bergabung dengan teman ketika mereka bersama… tapi sudah waktunya bagi kami untuk mengucapkan selamat tinggal. Zenly akan selalu mencintaimu,” ungkapnya pada laman resminya.

Sebagai informasi, Zenly merupakan aplikasi yang digunakan untuk melacak lokasi teman hingga kekasih dengan mudah.

Pada aplikasi yang dpaat digunakan di Android maupun Iphone ini, penggemar dapat mengetahui pergerakan seseorang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Zenly adalah aplikasi media sosial berbasis peta, di mana pengguna bisa saling melacak lokasi satu sama lain secara real-time.

Zenly mulanya dikembangkan oleh sebuah startup yang berbasis di Paris, Perancis tahun 2011 lalu.

Pada tahun 2017, aplikasi Zenly diakuisisi oleh Snap, induk media sosial Snapchat dengan nilai sekitar 250 juta-350 juta dollar AS saat itu.

Meskipun diakuisisi Snap, Zenly tetap berjalan secara mandiri, tidak terintegrasi dengan Snapchat. Kurang lebih sama seperti Facebook dan Instagram yang berdiri sendiri meskipun dalam satu payung yang sama.

Satu hal yang membuat Zenly menarik adalah implementasi teknologi video game dan kamera 3D untuk membuat tampilan peta yang disesuaikan (custom) untuk masing-masing penggunanya.

Jadi, tampilan peta akan lebih menarik layaknya di video games, tidak monoton seperti di Google Maps.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur utama, yakni peta personal yang akan menampilkan lokasi pengguna dan teman-temannya.

Ada pula tiga menu lain, yakni Messaging (pesan), Mapping (peta), dan Searching (pencarian). Fitur Messaging memungkinkan pengguna untuk menghubungi teman lewat aplikasi Zenly.

Karena aplikasi Zenly akan dihentikan, pihak terkait memberitahukan mengenai nasib penggunanya.

Menurut informasi yang dirilis pada Instagram pribadinya, pihaknya merekomendasikan penggunanya untuk menggunakan Snap Map.

Snap Map sendiri merupakan fitur yang ada pada Snapchat yang juga memberikan layanan melacak lokasi orang lain.

Setelah mengetahui bahwa aplikasi Zenly ini akan dihentikan, banyak pengguna ramai mengeluhkan dan tidak setuju dengan hal tersebut.

Editor : -

Tag : #zenly    #map    #teknologi    #apps    #snapchat   

Baca Juga