Yuk Simak, Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak!

sondang | Kesehatan | 11-07-2021

Ditengah kelonjakan Covid-19 hal yang paling penting adalah menjaga kesehatan tubuh, terutama tubuh anak yang masih di bawah umur. Daya tahan tubuh yang baik akan membantu melindungi anak dari paparan berbagai macam kuman dan virus penyebab penyakit.

Dilansir dari Parents, berikut adalah 5 cara meningkatkan daya tahan tubuh anak saat pandemic Covid-19:

1.      Sajikan lebih banyak buah dan sayur

Wortel, jeruk, stroberi merupakan makanan sehat yang mengandung karotenoid, yang menurut William Sears, MD, penulis The Family Nutrition Book, dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Fitonutrien bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan infeksi dari interferon, antibodi yang melapisi permukaan sel.

Studi menunjukkan bahwa pola makan yang kaya akan fitonutrien juga data melindungi dari penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung di usia dewasa.

2. Memperbaiki waktu tidur

Penelitian mengatakan bahwa kurang tidur dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit dengan mengurangi sel pembunuh alami, senjata dari sistem kekebalan yang menyerang mikroba dan sel kanker. Kathi Kemper, MD, Direktur Pusat Pendidikan dan Penelitian Pediatrik Holistik di Rumah Sakit Anak di Boston, pun mengemukakan hal yang serupa.

Anak-anak di tempat penitipan anak sangat berisiko mengalami kurang tidur karena semua aktivitas dapat membuat mereka sulit untuk tidur siang.

3. Beri ASI

Bagi ibu yang masih memiliki anak di usia menyusi, memberikan ASI adalah cara terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

ASI mengandung antibodi yang menambah kekebalan dan sel darah putih. Studi menunjukkan bahwa ASI juga dapat meningkatkan fungsi otak bayi dan melindunginya dari penyakit berbahaya. American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar ibu menyusui secara eksklusif selama enam bulan pertama kehidupannya.

4. Olahraga bersama keluarga

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga memberikan manfaat bagi anak-anak. Oleh sebab itu, penting untuk mengajak anak rutin berolahraga. “Berolahraga dengan anak lebih baik dibandingkan hanya meminta mereka untuk bermain di luar rumah,” ujar Renee Stucky, Ph.D., seorang psikolog klinis di Columbia, Missouri.

5. Jaga kebersihan

Pastikan anak-anak sering mencuci tangan dengan air dan sabun untuk menghilangkan semua bakteri dan virus yang menempel di tangan. Orangtua harus memberikan perhatian khusus untuk kebersihan anak, baik saat beraktivitas di luar rumah maupun di dalam rumah.

Tag : #nasional    #kesehatan   

Baca Juga