Petani memanen sorgum di lahan pertanian desa Niwon Danibao, Adonara, Flores Timur (Foto: mediaindonesia.com/Sumaryanto Bronto)

Wow! Anggaran Ketahanan Pangan 2023 Capai Rp 95 Triliun

Maharani | Nasional | 21-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Kementerian keuangan akan menyiapkan anggaran mencapai Rp95 triliun untuk bidang ketahanan pangan 2023 baik mendorong ketersediaan, akses hingga peningkatan kualitas pangan.

Angka ini naik 0,9 persen dibandingkan outlook tahun ini sebesar Rp94,1 triliun dan sempat mengalami penurunan pada 2020 yang hanya Rp73,6 triliun dibandingkan 2019 Rp100,2 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatawarta menjelaskan bahwa anggaran ketahanan pangan Rp95 triliun itu mencakup anggaran ketahanan pangan oleh Belanja Pemerintah Pusat Rp72,9 triliun dan Transfer ke Daerah (TKD) Rp22,1 triliun.

“Di bidang ketahanan pangan ini kita akan menganggarkan Rp95 triliun untuk mendorong peningkatan ketersediaan akses dan kualitas pangan,” kata Isa dalam Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Selasa (20/09/2022).

Isa juga menjelaskan, kebijakan anggaran ketahanan pangan ini untuk meningkatkan produktivitas komoditas pangan strategis serta mendorong terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian dan perikanan yang mempunyai daya saing.

Ia juga mengatakan, hal tersebut menjadi salah satu upaya untuk mendorong pemanfaatan teknologi dan data, pengembangan iklim inovasi serta memperkuat sistem logistik pangan nasional dan transformasi sistem pangan berkelanjutan. Selanjutnya juga mengakselerasi penyelesaian pembangunan infrastruktur sistem irigasi dan bendungan waduk.

Selain itu, anggaran ketahanan pangan ini juga akan dialokasikan kepada beberapa kementerian seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian PUPR hingga Bappenas.

Tag : #anggaran pangan 2023    #95 triliun    #nasional    #kemenkeu    #isa rachmatawarta    #kementerian pertanian   

Baca Juga