Ilustrasi tidur

World Sleep Day: Kualitas Tidur yang Baik Salah Satu Kunci Kebahagiaan

Dimas | Kesehatan | 19-03-2022

PARBOABOA - Hari Tidur Sedunia (Wold Sleep Day) jatuh pada tanggal 18 Maret 2022. Peringatan Hari Tidur Sedunia 2022 mengusung tema “Quality Sleep (kualitas tidur), Sound Mind (pikiran yang sehat), Happy World (dunia yang bahagia)“. Tema tersebut diinisiasi oleh World Sleep Society. sound mind

Hari Tidur Sedunia dibuat oleh World Sleep Society, yaitu sekelompok tenaga kesehatan dari komunitas yang menekuni riset dan pengobatan terkait tidur. Profesional di bidang kesehatan serta para peneliti ingin menggaungkan pentingnya tidur berkualitas demi kesehatan seseorang.

Pada peringatan kali ini, tema “kualitas tidur” menjadi hal yang mendapatkan banyak sorotan. Hal tersebut guna mengingatkan kembali pentingnya istirahat yang berkualitas bagi kesehatan fisik dan mental.

Kualitas tidur yang baik, tentunya dapat membuat seseorang terlihat lebih bahagia dikarenakan pikiran yang tenang dan kesehatan yang lebih stabil

Kualitas tidur menurun dapat terjadi ketika seseorang sedang banyak fikiran atau tubuh dalam kondisi tidak prima karena suatu penyakit.

Namun, banyak cara yang dapat dilakukan agar kualitas tidur bisa meningkat secara maksimal. Dilansir dari Mayo Clinic, ada beberapa cara meningkatkan kualitas tidur, antara lain:

1. Tidur dengan jadwal yang teratur

Tidur dan bangun dengan jadwal teratur setiap hari, adalah salah satu cara yang dapat dilakukan guna menjaga siklus tidur. Apabila siklus tidur terjaga, maka tidur di nilai sangat berkualitas

2. Buat kamar tidur senyaman mungkin

Kamar tidur yang nyaman sangat efektif membantu meningkatkan kualitas tidur.

Ruangan istirahat yang tenang, tidak terlalu gerah atau dingin serta cukup gelap dan tidak terlalu terang, merupakan kamar tidur yang paling ideal.

3. Tenangkan diri sebelum tidur

Sebelum tidur, usahakan tubuh dan fikiran dalam keadaan rileks. Hal tersebut dapat di ciptakan melalui kegiatan seperti mandi, latihan pernafasan dalam, atau membaca buku sebelum tidur.

4. Perhatikan asupan sebelum tidur

Tidur dalam kondisi perut menahan lapar atau terlalu kenyang, bisa membuat istirahat jadi tidak nyenyak.

Hindari mengonsumsi asupan berkafein, rokok, dan alkohol sebelum tidur. Karena  dapat menyebabkan susah tidur atau membuat tidur tidak nyenyak di malam hari.

5. Rutin berolahraga

Upayakan untuk selalu aktif bergerak di siang hari dengan intensitas yang cukup. Seminggu dua kali,  lakukan olahraga ringan sampai sedang secara perlahan . Hindari olahraga terlalu dekat dengan jadwal tidur.

Tag : #world sleep day    #tidur    #kesehatan    #bahagia    #sehat   

Baca Juga