10 Tempat Wisata di Maluku Terbaik dan Wajib Dikunjungi!

Penulis : Wanovy | Travel | 06-12-2022

Wisata Maluku/ Pulau Hatta, foto: Campa Tour

PARBOABOA, Maluku - Maluku adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Daerah dengan zona waktu lebih cepat dua jam dari Jakarta ini menyimpan berbagai destinasi yang masih sangat alami.

Pengin liburan lokal tapi rasa internasional? Cek 10 wisata Maluku berikut ini. Dari pantai yang memukau hingga pegunungan yang buat berdecak kagum.

1. Pulau Hatta

Pulau Hatta merupakan tempat wisata Maluku berupa pulau kecil yang ada di Kabupaten Maluku Tengah.

Pulau ini menyiapkan dan menawarkan keindahan pantai, air laut, dan berbagai macam yang tersimpan di bawah lautnya.

Pulau ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai kesenangan dengan kegiatan snorkeling.

2. Air Terjun Hoko

Air terjun Hoko adalah air terjun yang berada di lokasi Desa Hoko. Desa Hoko berada di kepulauan Kei Kabupaten Maluku Tenggara.

Tempat wisata di maluku satu ini pernah dan sempat dijadikan sebagai salah satu nominasi dalam acara Anugerah Pesona Indonesia. Air terjun ini sempat viral dan cukup dikenal dengan banyak para wisatawan.

Tempat wisata ini menyiapkan dan menawarkan pemandangan luar biasa yang sangat indah dan airnya yang sangat jernih dengan warna kebiruan. Air laut kira kira memiliki kedalamannya kurang dari 2 meter.

Tetapi para wisatawan tidak hanya bisa menikmati air terjunnya saja, tetapi bisa juga menguji adrenalin dengan cara menaiki tebing yang dibawahnya terdapat lintasan air yang memiliki patahan kecil sebagai pijakan kaki.

3. Pulau Seram

Salah satu tempat wisata Maluku yang cukup terkenal yakni Pulau Seram. Pulau Seram memiliki pemandangan yang cukup eksotis dengan latar pegunungan dan hutan yang sangat lebat.

Pulau Seram juga disebut sebagai Pulau Nusa Ina yang memiliki arti Pulau ibu. Hal ini karena masyarakat Maluku meyakini jika nenek moyangnya dahulu berasal dari pulau ini.

4. Taman Rekreasi Natsepa Indah

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana yang santai dengan keluarga bisa datang ke tempat wisata ini.

Taman Rekreasi Natsepa Indah memiliki pemandangan pantai yang sangat cantik dengan air lautnya yang tenang. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan disini antara lain menyelam, berenang, dan snorkeling.

5. Pesona 3 Danau

Tempat wisata Maluku yang juga sangat indah yakni 3 danaunya antara lain Danau Jikumerasa, Danau Namniwel dan Danau Rana.

Ketiganya memiliki keistimewaan sendiri-sendiri. Danau Rana yang dipercaya dengan hal mistis yang melingkupinya, kemudian Danau Jikumerasa dengan jarak yang tidak terlalu sulit dijangkau serta Danau Namniwel dengan burung belibis yang ada disekitarannya.

6. Pulau Bair

Wisata Maluku berikutnya yang menawarkan keindahan alam adalah Pulai Bair. Pulau Bair sangat terkenal karena memiliki keindahan alam mirip dengan Raja Ampat yang ada di Papua.

Pulau Bair juga memiliki gugusan pulau-pulau kecil. Kamu bisa menikmati keindahannya di pinggir pantai sambil menimmati keindahan laut dan pemandangan sekitarnya.

Tanpa melakukan banyak aktivitas pun, kamu sudah merasa terpuaskan dengan menikmati pemandangannya yang benar-benar memesona.

7. Pantai Ora

Pantai Ora merupakan wisata Maluku yang begitu indah, sehingga mengangkat nama Kota Ambon. Pantai ini terbilang masih sangat sepi.

Pantai Ora menawarkan pemandangan yang dihiasi oleh pegunungan di sekitarnya, air laut biru yang masih jernih, dan pepohonan yang rindang. Pemandangan ini membuat kamu dan pengunjung lainnya terpesona dan jatuh cinta.

8. Pulau Molana

Destinasi wisata Maluku selanjutnya yang menawarkan keindahan serta keunikan adalah Pulau Molana.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya terumbu karang, luasnya pasir putih, air laut yang jernih, dan koral yang menawan.

Pulau ini tergolong sebagai pulau tropis yang memiliki pesona hijau yang sangat memukau. Di wisata Maluku ini terdapat tanaman bakau dan pepohonan yang rindang.

9. Gunung Api Banda

Gunung Api Banda adalah landmark dari wisata Maluku yang terdapat di Banda Neira. Gunung Api Banda merupakan ikon wisata Banda Neira.

Kamu bisa mendaki gunung ini dan menikmati pemandangan alam yang tiada tara dari puncak gunung.

Untuk sampai ke gunung ini, kamu harus menyewa perahu kecil dan melakukan perjalanan laut selama sepuluh menit dari pulau Neira.

10. Pulau Banda Neira

Pulau Banda Neira merupakan salah satu pulau yang berada di gugusan Kepulauan Banda. Pulau ini juga mampu menjadi pusat administratif Kecamatan Banda, Maluku Tengah.

Pulau ini banyak menyimpan pesona alam yang sangat indah. Bukan hanya bagian di lautnya saja, tetapi di bagian daratnya juga memiliki pesona alam yang indah.

Karena terdapat jejak peninggalan VOC contohnya benteng dan bangunan dengan arsitektur yang mempunyai ciri khas eropa.

Pulau ini dulu dijadikan sebagai salah satu pusat perdagangan di Indonesia bagian timur.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Maluku terbaik yang cocok kamu kunjungi saat musim libur nanti. Happy holiday!

Editor : -

Tag : #wisata maluku    #maluku    #travel    #tempat wisata    #banda neira   

Baca Juga