10 Tempat Wisata Malam di Semarang yang Hits dan Asyik Dikunjungi Bersama Orang Tersayang

Penulis : Wanovy | Travel | 26-11-2022

Wisata malam Semarang, foto: instagram.com/wimardywijaya

PARBOABOA, Semarang - Mampir ke tempat wisata malam di Semarang memberikan kesan tersendiri. Beberapa di antaranya menyuguhkan lampu-lampu meriah yang tak ditemui saat hari terang.

Di banyak titik, penjaja kudapan lezat juga baru muncul pada sore menjelang malam hari, sehingga kamu mungkin tak bakal menemukannya pada pagi atau siang hari.

Semarang memang kota yang penuh sejarah. Bangunan-bangunan peninggalan masa-masa penjajahan Belanda juga masih berdiri kokoh sehingga memiliki kesan historis yang kental.

Kota yang dijuluki Little Netherland ini bisa bikin kita merasakan kesan romantis ala-ala negara Eropa.

Bangunan tua yang kokoh dan memiliki nuansa tersendiri, suasana perkotaan modern, hingga hotel murah di Semarang juga bisa kita temui lho!

Terlebih, kesan romantis bakal semakin kerasa saat malam hari, sehingga cocok banget dikunjungi bersama pasangan.

Yuk simak apa aja tempat wisata malam Semarang yang bakal bikin kamu ketagihan buat datang kesini lagi.

1. Simpang Lima Semarang

Wisata malam penghilang lelah di Semarang yang pertama adalah Simpang Lima. Simpang lima mungkin terkesan membosankan.

Tetapi, tempat ini masih dipercaya sebagai tempat untuk menghilangkan lelah setelah bekerja.

Simpang lima sendiri merupakan sebuah alun-alun yang cukup besar di Semarang. Kamu bisa menghabiskan waktu malam disini.

Ada berbagai macam fasilitas yang disediakan seperti tempat untuk duduk-duduk santai, aneka permainan untuk anak. Letaknya tidak jauh dari jalan pahlawan sehingga sangat mudah untuk ditemukan.

Selain bersantai malam, kamu pun dapat menikmati aneka kuliner yang ada di sekitar alun-alun. Simpang lima sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga.

2. Taman Tabanas Bukit Gombel

Tempat wisata malam Semarang yang satu ini pun bisa kamu pilih untuk mendapatkan ketenangan setelah lelah bekerja yakni taman tabanas Bukit Gombel.

Kamu ingin menikmati suasana Semarang pada malam hari? Maka tempat ini cocok untuk kamu.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata mala mini terletak diatas bukit Gombel yang akan menyajikan kamu pemandangan yang cukup cantik seperti sebuah lukisan kota Semarang saat malam hari.

Tak perlu khawatir untuk pemenuhan kebutuhan perut, pasalnya di bukit Gombel ini ada pula pedagang-pedagang yang menjual aneka makanan dan minuman.

Selain itu, sekitar area pun terdapat penginapan bagi kamu yang berasal luar kota.

3. Taman Indonesia Kaya

Sesuai dengan namanya, Taman Indonesia kaya ini dilengkapi dengan lampu kerlap - kerlip yang cocok untuk mengabadikan momen liburan kamu.

Tempat wisata malam semarang ini, dilengkapi dengan berbagai figur karakter wayang dan dinding mural, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Di sini juga tersedia panggung kesenian yang bisa pengunjung gunakan untuk menonton pertunjukan.

Saat berkeliling tempat wisata ini, kamu disuguhkan dengan keindahan air mancur dengan lampu warna - warni serta hiasan taman bunga.

4. Tugu Muda

Selain tempat wisata malam Semarang yang berbau kuliner dan panorama indah, tempat wisata yang satu ini juga tidak kalah menarik.

Tugu Muda  yang merupakan monumen sejarah ini dibangun pada tahun 1945, rangka mengenang perjuangan dari masyarakat Indonesia dalam Pertempuran Lima Hari.

Tugu yang di bangun menyerupai lilin ini melambangakan semangat berjuang yang tidak pernah padam dari masyarakat Indonesia. Taman yang ada di sekitar tugu juga turut dirapikan sehingga enak dipandang mata.

5. Banjir kanal Barat

Wisata malam Semarang ini adalah salah satu tempat liburan yang cukup romantis untuk dikunjungi bersama pasangan.

Setelah dilakukan perbaikan tempat, semakin banyak yang berkunjung untuk menikmati indahnya malam, dihiasi lampion warna - warni.

Tersedia juga tempat duduk untuk bersantai sepanjang pinggiran sungai, menyaksikan berbagai atraksi perahu yang ada disini.

Tempat wisata yang cukup unik ini juga tersedia fasilitas perahu yang bisa digunakan pengunjung berkeliling sungai yang panjangnya mencapai 4 kilometer. Tersedia juga jajanan yang bisa kamu nikmati dengan harga yang ramah dikantong.

6. Lawang Sewu

Lawang Sewu menjadi destinasi wisata malam Semarang yang pertama yang akan kita bahas pada artikel ini.

Tempat bersejarah yang di bangun pada tahun 1904 ini menyisakan berbagai keindahan yang melekat pada bangunannya.

Lawang Sewu yang dulunya berguna sebagai kantor perusahaan kereta Belanda yang tadinya terbengkalai menyisakan berbagai cerita mistis oleh warga sekitar.

Kini setelah di pugar dan dijadikan sebagai salah satu wisata sejarah oleh PT.KAI, Lawang Sewu menjadi tempat favori banyak pengunjung yang datang ke Kota Semarang.

7. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang merupakan tempat yang dulunya menjadi pusat perdagangan pada abad ke-19 sampai abad ke 20 ini sehingga menjadikannya tempat yang paling bersejarah.

Wilayah yang memiliki luas 31 hektar ini memiliki ragam bangunan khas Belanda sehingga membuat tempat ini banyak menjadi incaran para pemburu foto pada malam hari.

8. Pecinan Semarang

Pecinan Semarang merupakan destinasi wisata malam Semarang plus dengan destinasi wisata kuliner yang sangat seru untuk dikunjungi.

Tempat yang berada di kawasan Gang Warung Semarang ini buka dari mulai pukul 18.00 sampai dengan 23.00.

Kawasan yang menyuguhkan berbagai aneka wisata kuliner Semarang yang enak dan nikmat-nikmat ini bebas dan steril akan kendaraan.

Jadi kamu bisa dengan santai berjalan-jalan di tempat ini sambil memilih menu makanan apa yang ingin kamu cicipi.

9. Nongkrong di Jalan Pahlawan

Jalan Pahlawan adalah jantungnya kota Semarang. Di pinggiran jalan Pahlawan ini biasanya sebagian besar penduduk kota Semarang menghabiskan separuh malam yang mereka miliki. Terutama untuk kaum muda-mudi warga Semarang.

Di tempat wisata malam Semarang ini kamu bisa menikmati gemerlap lampu kota yang menerangi setiap sudut yang ada.

Ditambah beragam atraksi klub-klub motor ataupun mobil yang kerap meramaikan suasana dan menambah keseruan di tempat ini.

Tidak hanya itu, di sekitar pinggiran jalan Pahlawan ini, kamu bisa menikmati berbagai macam sajian kuliner khas kota Semarang yang selalu menggoda untuk dicoba.

10. Angkringan Kampung Jawi

Ingin mengisi perut dengan suasana yang tidak biasa? Datang saja ke Angkringan Kampung Jawi yang buka dari sore hingga malam hari.

Kawasan wisata malam Semarang ini berlokasi di Jl. Kalialang Lama, RT.02/RW.01, Sukorejo, Kec. Gn. Pati, Semarang.

Kamu akan makan dalam suasana temaram diterangi lampu minyak dengan atmosfer khas pedesaan.

Memang nuansanya sedikit gelap tapi dengan banyaknya pilihan makanan, kamu akan betah berlama-lama di sini. Kios-kios yang menjual menu dengan harga terjangkau sudah menantimu.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata malam Semarang yang hits dikunjungi. Semoga bermanfaat!

Editor : -

Tag : #wisata semarang    #semarang    #travel    #tempat wisata    #wisata malam semarang    #jawa tengah   

Baca Juga