Wisata kuliner Balige: Pizza Andaliman

TOP Wisata Kuliner di Balige yang Lezat dan Wajib Untuk Dicoba

Wanovy | Travel | 28-01-2022

PARBOABOA - Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau yang terletak di sebelah barat Indonesia. Pulau ini juga menyimpan segudang destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi, salah satunya tempat wisata di Balige.

Balige adalah sebuah kecamatan yang sekaligus juga menjadi daerah wisata karena letaknya berada di tepi Danau Toba yang melegenda itu.

Meskipun kota Balige tidak terlalu populer dikalangan para wisatawan, tetapi Balige memiliki beberapa tempat wisata yang unik dan menarik dikunjungi.

Untuk urusan perut, Balige juga memiliki wisata kuliner yang akan memanjakan lidah kamu. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang rela datang jauh-jauh hanya untuk mencicipi makanan di sini.

Nah, berikut rekomendasi wisata kuliner Balige yang lezat dan tak boleh kamu lewatkan jika berkunjung kesini.

1. Pizza Andaliman

Wisata kuliner Balige yang cukup populer dan memiliki cita rasa yang khas adalah Pizza Andaliman. Bagi kamu pecinta kuliner Pizza, tentu kurang pas jika tidak menikmati salah satu kuliner di Balige yang satu ini, yakni Pizza Andaliman.

Pizza Andaliman menjadi salah satu kuliner unggulan atau andalan kota Balige karena merupakan kuliner yang paling banyak diminati oleh sebagain besar pengunjung yang datang kemari.

Pizza Andaliman dimodifikasi dengan berbagai rempah-rempah khas Batak hingga memiliki cita rasa yang unik dan berbeda. Untuk harganya juga lumayan terjangkau, mulai dari Rp 7.000 – 60.000 tergantung variasi, ukuran dan juga taburan atasnya.

2. Ikan Bakar Khas Pesisir Danau

Keindahan Danau Toba memang bisa dilihat dari berbagai sudut. Selain dari bukit, kamu pun bisa menikmati semilir angin danau di pesisir pantainya, seperti Pantai Bul Bul Balige.

Nah, tidak hanya menyajikan air danau yang asri, di pantai ini juga terdapat warung makan dengan menu Na Tinombur atau ikan bakar.

Soal rasa, ikan bakar di sana enak dan nendang. Apalagi dengan sambalnya yang super pedas. Untuk harga, kuliner khas Balige ini dibandrol sekitar 90 ribu rupiah perkilogramnya. Jangan lupa untuk melepas dahaga dengan membeli minuman kelapa muda seharga Rp15.000,00.

3. Mie Gomak

Mie Gomak adalah wisata kuliner Balige yang khas dan sayang untuk dilewatkan kelezatnya. Mie Gomak merupakan salah satu makanan yang tidak hanya lezat tetapi juga memiliki letting menawan. Bahkan ada yang menyebut Mie Gomak adalah “spageti-nya” Balige Toba Samosir.

Mie Gomak adalah satu kuliner yang proses pembuatan dan penyajiannya menggunakan cara-cara tradisional. Kuliner ini juga dijamin tetap hiegenis dan rasanya maknyus.

Mie Gomak biasanya dibuat dengan dua varian rasa. Cita rasa pertama adalah Mie Gomak Goreng yang bertekstur kering sedangkan yang kedua adalah Mie Gomak berkuah yang bertekstur basah.

4. Arsik Ikan Mas

Wisata kuliner Balige yang berikutnya adalah Arsik Ikan Mas. Ini merupakan makanan tradisional Balige Kabupaten Toba Samosir yang masih dilestarikan dengan baik. Arsik Ikan Mas ini masih eksis di Balige karena setiap acara adat wajib ada hidangan makanan yang diolah dengan cara unik ini.

Arsik Ikan Mas dibuat dengan cara di-arsik terlebih dahulu. Ikan emas yang sudah dicuci bersih, langsung dilumuri dengan bumbu kuning dan irisan bawang tanpa dilakukan pembuangan pada sisiknya.

Ini menjamin tidak ada makanan olahan ikan lainnya yang memiliki kesamaan dengan cara pengolahan Arsik Ikan Mas. Maka dari itu, wajar kalau makanan ini menjadi buruan para pelancong kota maupun luar wilayah.

5. Kopi Hitam Sumatera

Toba Samosir tidak hanya tentang pemandangan danau yang eksotis. Tapi, kota ini juga ini dekat dengan salah satu bandara di Sumatera Utara, Silangit Airport. Karena itu pula, rugi jika tidak menikmati kopi hitam khas Sumatera di sini.

Tidak perlu jauh-jauh, cukup ke Ardha Cafe di Jl. Gereja tepat di depan Rumah Sakit HKBP. Minuman hitam pekat di kafe ini tidak hanya menggoda dari aromanya tapi juga enak di lidah.

Selain kopi, hidangan lain juga tersedia di sini. Jarak dari bandara pun terbilang dekat sekitar 19 km atau sekitar 30 menit. Nah, dari bandara banyak taksi serta travel yang siap mengantar kapanpun kamu mau.

Itulah beberapa wisata kuliner Balige yang khas dan sayang untuk kamu lewatkan jika berkunjung kesini. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata balige    #balige    #tempat wisata    #wisata kuliner    #sumatera utara   

Baca Juga