Ilustrasi Merangkum Video Menjadi Teks (Foto: MeriStation Via id.techinasia.com)

Website untuk Merangkum Video YouTube Menjadi Teks

Patrick | Teknologi | 30-08-2022

PARBOABOA - Sekarang ini, belajar bisa kita dapatkan dari berbagai sumber, tidak hanya membaca buku dan pergi ke sekolah. Salah satu alat yang bisa kita gunakan untuk belajar adalah dari video.

Salah satu platform gratis yang bisa kita gunakan untuk belajar adalah YouTube. Melalui platform ini kita bisa gunakan untuk belajar sekaligus menambah ilmu. Terdapat banyak sekali hal-hal yang bisa kita temukan dari mulai tutorial masak hingga video pembelajaran.

Melalui video kita terkadang akan kesulitan dalam membuat catatan karena suara video yang tidak jelas atau video yang terlalu cepat, dan tidak ada subtitle. Melalui website ini kita bisa menyalin suara dari video Youtube dengan mudah dalam bentuk teks.

Berikut ini beberapa website yang bisa kita gunakan untuk membantu kita dalam proses pembelajaran dan merangkum video menjadi teks.

Cara Merangkum Video dari YouTube

Website untuk merangkum video menjadi teks yang bisa kita gunakan adalah Anthiago.com dan Google Docs. Situs ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang untuk menerjemahkan video menjadi bentuk teks. Berikut penjelasannya.

Anthiago

Salah satu website untuk merangkum video YouTube adalah Anthiago.com. Situs ini sudah digunakan oleh banyak orang untuk menerjemahkan video menjadi bentuk teks. Berikut ini adalah caranya:

1. Cari video yang ingin dirangkum di YouTube

Buka YouTube dan cari video yang ingin kalian rangkum. Kemudian, copy URL video tersebut. Lalu, buka website dengan alamat https://anthiago.com/. Klik bahasa yang sesuai dengan video yang akan dirangkum.

2. Tempel URL yang Sudah di-copy

Tempel URL yang sudah di-copy sebelumnya pada kolom yang sudah disediakan. Lalu, klik Transcrip. Teks akan muncul secara otomatis. Kamu bisa menyalin semua teks yang ada di video tersebut dengan cara klik Copy transcript kemudian tempel di aplikasi pengolah kata yang ada di perangkatmu.

Google Docs

Google Docs merupakan versi lain yang memungkinkan kalian untuk membuat, mengedit dan membagikan dokumen tertulis secara online.

Terdapat fitur Voice Typing yang bisa kalian manfaatkan untuk merangkum video dari YouTube. Berikut ini adalah caranya:

  • Kalian harus mengubah peraturan recording di laptop terlebih dahulu dengan cara buka Control Panel dan pilih "Perangkat Keras dan Suara". Selanjutnya, pilih "Suara" dan akan muncul jendela baru.
  • Pada jendela baru yang muncul, pilih tab "Perekaman". Klik kanan di bagian Stereo Mix dan pilih "Siapkan sebagai Perangkat Default".
  • Sekarang beralih ke Google Docs, buka tab Tools yang ada di bagian atas dan pilih Voice Typing.
  • Jalankan video YouTube yang akan kalian rangkum dan aktifkan perekaman Google Docs dengan cara klik ikon berlogo microphone. Jangan lupa untuk mengubah bahasa agar sesuai dengan video yang ingin kamu rangkum.

Teks yang kalian dapat dari rangkuman website tadi akan berantakan dan ada beberapa ejaan kata yang belum sempurna. Penulisannya juga tidak beraturan sehingga membuat kalian sulit membacanya.

Untuk mempermudah kalian dalam belajar, perlu menggunakan alat yang bisa meringkas teks tersebut dan secara otomatis memperbaiki yang salah dan berantakan.

Terdapat website meringkas teks panjang menjadi teks yang pendek dalam satu klik. Website ini menganalisis seluruh dokumen dan merangkum teks dengan mengambil konsep-konsep penting.

Beberapa website yang bisa kamu gunakan untuk meringkas teks antara lain sebagai berikut:

  • Popular Tools
  • Plagiarism Checker
  • Grammar Checker
  • Article Rewriter
  • Text Summarizer
  • Online Text Editor

Peringkasan otomatis teks adalah proses memperpendek kumpulan data tertentu untuk mendapatkan informasi yang paling penting.

Ini adalah proses membuat ringkasan singkat dari data yang berguna dengan mendapatkan poin-poin utama yang tertulis dalam konten.

Tag : #website    #teks    #teknologi    #video    #youtube    #aplikasi    #os    #meringkas teks    #merangkum video   

Baca Juga