Boaz Bar Anan (Foto: Instagram @barboaz)

Gunakan Paspor Portugal, Warga Israel tewas di Gunung Rinjani

Elisa Dwita | Internasional | 22-08-2022

PARBOABOA, Jakarta – Seorang warga Israel dilaporkan tewas saat mendaki Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Warga Israel tersebut bernama Boaz Bar Anan (37) yang merupakan penduduk Tel Aviv. Ia diduga masuk ke Indonesia menggunakan paspor Portugal. Sebab, Israel dan Indonesia tak punya hubungan diplomatik.

Kepala Kantor SAR Mataram, Nanang Sigit, mengatakan insiden itu terjadi ketika Anan berada di puncak Gunung Rinjadi pada Jumat (19/8) sekitar pukul 05.30 WITA.

"Posisi korban jatuh di lereng bagian barat laut atau arah Danau Segara Anak. Dia Jatuh dari ketinggian mencapai ketinggian 3.766 meter, kemudian jatuh ke lereng di kedalaman sekitar 150 meter. Sementara dua rekannya telah dibawa turun oleh guide melalui jalur Bawak Nao Sajang, Sembalun," kata Nanang melalui pernyataan yang diterima CNNIndonesia.com pada Senin (22/8).

Nanang memaparkan, akibat kurang waspada dan memperhatikan faktor keselamatan, pria 37 tahun itu pun terjatuh dan tewas di tempat.

Seorang istri pemandu mengatakan menurut informasi yang dia terima, warga Israel itu mengambil foto selfie sebelum dia jatuh hingga tewas.

Dalam akun Instagram Anan, terlihat pria 37 tahun itu berpose di beberapa situs wisata selama berpelesir di Indonesia. Beberapa situs wisata yang ia kunjungi antara lain Candi Prambanan, Danau Kelimutu, dan Nusa Penida.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan telah menerima laporan tersebut dan hingga Minggu (21/8) jenazah Anan dikabarkan masih belum dievakuasi dari tempat kejadian.

"Ada beberapa insiden wagra Israel yang pergi ke sejumlah negara menggunakan paspor asing," ucap Kemlu Israel.

"Otoritas setempat mempersulit dan hampir tidak mungkin bekerja sama dengan kami dalam penanganan kasusnya," papar Kemlu Israel menambahkan.

Tag : #mendaki    #israel    #internasional    #gunung rinjani    #lombok   

Baca Juga