Pihak keluarga pasien covid-19 melakukan pembongkaran dan membuang peti mati

Warga di Probolinggo Bongkar Paksa Peti Jenazah Pasien Covid-19

rini | Kesehatan | 10-08-2021

PARBOABOA, Probolinggo - Aksi nekat sejumlah warga di Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo saat merebut paksa peti jenazah dan membongkar peti diusut Polres Probolinggo.

Pihak dari keluarga pasien Saida (34) yang positif covid-19 sebelumnya sudah menyetujui pemakaman dengan protokol kesehatan, namun mendadak menjadi ricuh.

“Padahal sebelumnya, di rumah sakit Tongas, keluarga sudah kooperatif dan mau jenazah dimakamkan sesuai prosedur covid-19. Tapi sesampai di pemakaman, malah berubah,” kata Koordinator Gakkum Satgas Covid-19, Ugas Irwanto, Senin (9/8/2021).

Saidah sebelumnya mendapat perawatan medis di RS Tongas. Hasil swab PCR pertamanya menunjukkan positif covid-19. Dengan riwayat penyakit asma dan meninggal pada Minggu (8/8).

Dalam rekaman video amatir warga, semula nampak berjalan normal saja. Peti jenazah keluar dari musala pun juga masih aman. Keadaan menjadi liar, ketika peti berada di atas liang lahat. Petugas rumah sakit yang sejatinya sudah turun ke dalam liang lahat tidak bisa menenangkan pihak keluarga karena kalah jumlah. Pihak keluarga akhirnya berhasil merebut peti jenazah dan melakukan pembongkaran.

Pihak keluarga kemudian membongkar peti dan membuangnya. Jenazah yang terkonfirmasi covid19 itupun, dimakamkan begitu saja. Tanpa protokol kesehatan. Petugas rumah sakit, kecamatan, Koramil dan Polsek pun tak kuasa membendung aksi anarkis warga itu.

“Kami sangat menyayangkan tindakan ini. Sejauh ini sudah kami serahkan aparat kepolisian untuk mengusutnya. Karena jelas melanggar undang-undang karantina,” kata Ugas.

Sejauh ini, satgas covid-19 Kabupaten Probolinggo juga masih mencari siapa provokator dari peristiwa ini. Serta akan segera melakukan tracing pada kontak erat pembongkaran peti jenazah covid'19.

"Kami akan bekerjasama dengan tokoh masyarakat termasuk tokoh desa, RT dan RW untuk membantu mengedukasi dan menyampaikan perihal prosedur pemakaman jenazah pasien Covid-19," terangnya.

Tag : covid19,kesehatan

Berita Terkait