Wanita di China beratnya hanya 25 Kg karena terobsesi punya tubuh langsing. Oddity Central

Terobsesi punya Tubuh Langsing, Wanita di China jadi Kerempeng Berbobot 25 Kg

Dion | Internasional | 23-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Seorang wanita di China sangat terobsesi memiliki tubuh langsing dan berhasil meraih mimpinya. Saat ini ia hanya memiliki berat badan 25 kilogram. 

Dilansir laman Oddity Central, Kamis 23/6/2022), wanita asal Provinsi Hebei yang tidak disebutkan namanya itu memiliki tinggi badan 165 cm. 

Ia kehilangan berat badan sebesar 40 kilogram setelah melakukan diet ekstrem selama setahun. 

Akibat diet ketat yang dilakukan perempuan berusia 30 tahun ini, ia jadi menderita kelainan pencernaan. 

Usai melahirkan anak kedua, wanita ini merasa berat badannya yang saat itu berbobot 65 kilogram terlalu gendut dan mulai melakukan diet ekstrem. 

Dan dalam satu tahun ia telah kehilangan berat 40 Kg. Dan sejak saat itu ia mulai mengalami masalah kesehatan yang sangat serius hingga akhirnya menemui dokter. 

Saat tiba di rumah sakit Kota Hengshui, para dokter terkejut ketika mengetahui berat badannya hanya 25 Kg. 

Ia pun lantas didiagnosa menderita anorexia nervosa, sebuah kelainan dalam mencerna dan menyantap makanan. 

Wanita itu juga menderita beberapa kegagalan fungsi organ tubuh sehingga merusak dan mengganggu kesehatannya. 

Dari keterangan dokter, wanita itu menderita gagal jantung, kerontokan rambut, gangguan usus, dan tak lagi mengalami menstruasi. 

"Ia menderita anorexia nervosa. Dan terlepas dari kondisi mental dan tubuhnya yang buruk, ia tidak memiliki nafsu makan sama sekali," ujar salah satu dokter yang merawatnya. 

"Ia jadi sakit dan mengalami sejumlah kegagalan organ. Dan saat ini sudah dikirim ke unit perawatan intensif agar dapat disembuhkan."

Parahnya lagi, meski jelas-jelas bakal nyaris mati, wanita itu menolak rekomendasi perawatan dan tak mau mengubah gaya hidupnya. 

Kepada psikolog, ia juga mengaku pernah mencoba menghilangkan berat badan melalui cara akupuntur dan mengonsumsi pencahar. 

Kisah wanita ini pun sempat viral di media sosial China. Warganet menyebutnya sebagai "simbol obsesi perempuan China dengan kelangsingan tubuh".

Anorexia dalam beberapa tahun terakhir disorot dan menimbulkan kekhawatiran terkait betapa berbahayanya jalan yang harus ditempuh untuk memiliki tubuh yang sangat langsing. 

Dalam budaya di Negeri Tirai Bambu, kelangsingan selalu diidentikkan dengan kecantikan. Itulah mengapa banyak perempuan di China yang terobsesi memiliki tubuh "sempurna" itu. 

Tag : #china    #langsing    #internasional    #hebei    #viral    #gangguan kesehatan   

Baca Juga