Ilustrasi Ganti Oli Gardan Mobil (Foto: daihatsu.co.id)

Kapan Waktu Tepat Ganti Oli Gardan Mobil? Berikut Penjelasannya

Juni | Otomotif | 26-09-2022

PARBOABOA – Banyak dari pengguna mobil hanya mengenal oli mesin. Padahal, ada jenis oli lainnya yang harus diganti secara berkala, yakni oli gardan. Fungsinya adalah untuk melumasi bagian box gardan terutama bagian kontak gigi.

Umumnya, oli gardan harus diganti setelah menempuh jarak 40.000 km atau atau setara dengan pemakaian 2 tahun. Interval penggantian oli gardan telah tertera di buku panduan servis yang dianjurkan oleh pabrikan mobil.

Selain memperhatikan jarak tempuh, sebaiknya lakukan penggantian oli gardan mobil dengan memperhatikan tanda-tanda berikut:

1. Getaran Kencang pada Mobil

Jika oli gardan tidak diganti dalam waktu yang lama, biasanya akan menimbulkan getaran yang cukup kencang pada mobil.

Getaran biasanya akan semakin terasa saat berbelok atau saat kecepatan mobil meningkat. Kondisi tersebut bisa menjadi pertanda bahwa oli gardan sudah waktunya untuk diganti.

2. Suara Berisik pada Mobil

Selain getaran, perhatikan juga apakah muncul suara berisik yang cukup mengganggu saat mobil dibawa berkendara. Suara yang muncul biasanya menyerupai dengungan yang kencang.

Munculnya suara berisik tersebut bisebabkan oleh komponen-komponen pada gardan yang saling bergesekan tanpa adanya pelumas yang memadai. Jika tak segera diganti, suaranya akan semakin kencang dan tentunya sangat mengganggu.

3. Aroma Terbakar di Gardan Mobil

Ciri-ciri berikutnya adalah timbulnya aroma terbakar pada gardan mobil yang dapat dideteksi dari area gearbox. Aroma terbakar bisa muncul karena kondisi gardan yang terlalu panas.

Penyebabnya adalah oli gardan yang kotor atau habis. Selain itu, bisa jadi oli yang digunakan sudah kadaluarsa, sehingga memicu bau tak sedap yang menyerupai aroma terbakar.

4. Roda Mobil Sulit Dikendalikan

Ketika roda mobil terasa sulit untuk dikendalikan, mungkin ini menjadi ciri-ciri oli gardan mobil harus diganti. Kondisi oli yang masih cukup baik seharusnya bisa mengendalikan kecepatan perputaran roda.

Namun, jika kualitas oli gardan sudah buruk atau habis, maka kecepatan perputaran roda juga akan terganggu. Jika dibiarkan, akan menimbulkan dampak buruk bahkan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

5. Warna Oli Berubah

Lakukan pengecekan apakah warna oli sudah berubah. Jika iya, sebaiknya lakukan penggantian oli gardan mobil dengan segera. Pengecekan bisa dilakukan saat sedang melakukan servis mobil di bengkel.

Tanda-tanda oli gardan mobil yang harus diganti bisa dilihat dari warnanya yang sudah berubah menjadi abu-abu metalik dan agak gelap. Selain itu, perhatikan juga tekstur oli apakah masih kental atau sudah encer. Lakukan penggantian jika tekstur oli sudah berubah menjadi encer.

Demikian penjelasan tentang waktu yang tepat mengganti oli gardan mobil. Jika salah satu pertanda di atas terjadi pada mobilmu, segera lakukan pengecekan oli gardan mobil guna menghindari kerusakan yang lebih parah.

Tag : #gardan mobil    #oli gardan    #otomotif    #service    #perawatan mobil    #tips   

Baca Juga