Video Belatung Viral di TikTok

Viral Video Belatung di Vagina, Dokter Jelaskan Penyebabnya

Rini | Kesehatan | 15-01-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Media sosial TikTok dan Twitter sedang heboh dengan kemunculan video viral belatung. Video viral yang menjadi incaran warganet tersebut adalah video adegan pasangan yang sedang berhubungan badan, namun yang membuat kaget adalah organ intim wanita tersebut dipenuhi dengan belatung.

Warganet yang menonton video tersebut lantas mempertanyakan mengenai asal belatung di organ vital wanita tersebut.

"Yang aku heran tuh belatung datang dari mana?? Apa sengaja di masukin apa gimana??" komentar satu pengguna Twitter.

Agar tidak penasaran, berikut ini penjelasan lengkap mengenai belatung tersebut menurut dokter.

Pakar seks dr Boyke Dian Nugraga, SpOG, MARS memberikan tanggapannya mengenai video tersebut. Menurutnya video tersebut hanya rekayasa, karena belatung bukan hewan yang dapat hidup di organ intim. Dari sisi medis, penyakit menular seksual pun tidak ada yang sampai memicu kemunculan belatung di organ intim.

"Jadi kalau bisa ada belatung sampai nempel-nempel itu boong banget. Benar-benar hanya ingin membikin syok saja," komentar dr Boyke dikutip dari detikcom, Sabtu (15/1/2022).

Hal senada juga diutarakan oleh dr Wisnu Setyawan, SpOG(K), dari Morula IVF Tangerang. Menurutnya, biasanya belatung hanya ada pada jaringan yang sudah mati.

"Belatung biasanya pada jaringan yang sudah infeksi, sudah mati. Kalau inikan masih segar, masih sehat gitu orangnya. Kemungkinan buatan," ungkap dr Wisnu secara terpisah.

Belatung sendiri merupakan larva dari lalat yang biasanya ditemukan pada bangkai, buah, atau sayur yang sudah membusuk, sehingga belatung identik dengan hal yang menjijikkan. Siklus hidup belatung biasanya singkat, karena belatung akan berubah menjadi lalat.

Dalam beberapa kasus belatung pernah ditemukan dalam tubuh manusia, seperti yang pernah terjadi pada seorang pria asal India. Awalnya pria tersebut mengeluhkan dengungan suara di dalam telinganya, sehingga dia berinsiatif untuk pergi ke dokter dan melakukan pemeriksaan. Dokter yang melakukan pemeriksaan menemukan adanya makhluk hidup di dalam telinga pria tersebut, yang ternyata adalah belatung putih.

Dokter menduga jika belatung tersebut masuk ke telinga setelah lalat bertelur di lubang pria tersebut. Kemudian dokter melakukan pembersihan telingan pasiennya itu dengan menarik belatung menggunakan pinset, kemudian menyemprotkan anti parasit ketelingan pasien agar tidak ada telur lalat lainnya yang menetas.

Tag : #belatung viral tiktok    #trending twitter    #kesehatan   

Baca Juga