Urutan dan Penyebab Kematian 4 Orang Sekeluarga di Kalideres

Penulis : Rini | Metropolitan | 09-12-2022

Lokasi penemuan mayat satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat. (Foto: kompas.com/Zintan Prihatini)

PARBOABOA, Jakarta - Tim penyidik yang menangani kasus kematian 4 orang sekeluarga di Kalideres akhirnya mengungkap hasil akhir penyelidikan terkait  kasus ini.

Keempat korban yang ditemukan dengan jasad mengering, yaitu Rudyanto Gunawan (71) selaku ayah, Renny Margaretha (68) selaku ibu, Dian Febbyana (42) selaku anak, dan Budiyanto Gunawan (68) selaku paman.

Kesimpulan mengenai penyebab kematian satu keluarga itu didasari pada hasil analisa dan evaluasi yang dilakukan antara penyidik dengan tim gabungan ahli kedokteran dan laboratorium forensik.

Kabid Kimia Biologi Forensik Puslabfor Polri Kombes Wahyu Marsudi dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya mengatakan, dari hasil penyelidikan dipastikan tidak ada temuan bahan beracun atau arsenik pada jasad keempat korban.

"Dari hasil pemeriksaan organ tubuh baik ayah Rudyanto, ibu Renny Margaretha, anak Dian Febyana dan paman Budyanto Gunawan kita tidak menemukan adanya bahan beracun dan berbahaya, seperti pestisida, sianida, arsenik, dan sebagainya," ucapnya, Jumat (9/12/202).

Tim penyidik juga memastikan tidak ditemukan DNA orang lain di rumah korban dan tidak ditemukan adanya percikan darah di lokasi.

“Setelah tim melakukan pemeriksaan detail di TkP ditemukan fakta tidak ada kerusakan di TKP, kemudian tim juga mencari ada nggak percikan darah, ternyata tidak ditemukan percikan darah. Tim juga cari tahu di akses masuk, kita ambil semuanya, kita riksa ke labfor ternyata kita tidak temukan DNA selain DNA keempat korban tadi,” paparnya.

Urutan Kematian

Dalam kesempatan yang sama, Dokter Forensik dari RS Bhayangkara Tingkat I Raden Said Soekanto, Kramat Jati, Jakarta Timur, dr Asri Megaratri Pralebda mengungkapkan urutan kematian empat jenazah yang ditemukan di rumah Kalideres, Jakarta Barat. Asri mengatakan korban pertama yang meninggal adalah Rudyanto Gunawan.

“Urutan kematian keempat jenazah ini yang paling awal adalah Bapak Rudyanto,” kata Asri.

Kemudian disusul dengan kematian  Renny Margaretha (68), yang merupakan istri Rudyanto, Budyanto dan terakhir Kematian Dian.

Asri mengatakan, Rudyanto meninggal akibat permasalahan saluran cerna.  Reni meninggal karena kanker payudara, Budyanto karena serangan jantung, dan terakhir Dian disebabkan oleh gangguan pernapasan.

Adapun jenazah keempat korban ditemukan pada di Perumahan Citra Garden, Kalideres, Jakarta Barat pada Kamis (10/11/2022).

Temuan empat mayat itu pertama kali diketahui dari kecurigaan petugas PLN karena ada bau menyengat dari dalam rumah saat memeriksa aliran listrik di rumah tersebut.

Petugas PLN tersebut, melapor ke Ketua RT setempat. Sehingga akhirnya pintu rumah keluarga tersebut dibongkar dan ditemukan jenazah di lokasi yang berbeda-beda.

Editor : -

Tag : #keluarga Kalideres    #Polda metro jaya    #metropolitan    #hasil penyelidikan    #jakarta barat   

Baca Juga