Gubernur Bali Wayan Koster. (Foto: dok. Balipost)

Tempat Pembuangan Sampah Terbesar di Bali Ditutup Sebelum Puncak KTT G20

Desy | Nasional | 28-09-2022

PARBOABOA, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali akan menutup tempat pembuangan sampah (TPA) Suwung di Kota Denpasar sebelum Konferensi tingkat Tinggi (KTT) G20 dilaksanakan.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Bali Wayan Koster saat memberikan sambutan di 4 tahun Kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, Periode 2018-2023, di Denpasar, Rabu (28/09/2022).

Koster mengatakan, TPA terbesar di Pulau Bali ini ditutup, karena Kota Denpasar sudah memiliki tiga lokasi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), yang dapat mengelola sampah hingga 1.000 ton per harinya.

"Pengoperasian tiga unit di TPST Denpasar mampu mengelola sampah lebih dari 1000 ton per hari. Maka TPA Sarbagita Suwung, yang menjadi tempat penumpukan sampah sejak berpuluh-puluh tahun akan ditutup pada akhir bulan Oktober 2022, sebelum pelaksanaan pertemuan Presidensi G20," kata Koster.

Untuk itu, Koster memaparkan bahwa pihaknya harus melakukan penanganan untuk permasalahan sampah tersebut dengan cara memecah tempat pengolahan sampah besar menjadi tempat pembuangan sampah kecil yang tersebar di beberapa titik di Kota Denpasar.

"Jadi kita urusin Kota Denpasar lebih bahagia. Karena mewarisi beban sampah yang sangat berat, terus di situ ditumpuk. Jadi kita dapat jalan sekarang menemukan pola baru dan didukung penuh oleh pemerintah pusat," ujarnya.

"Dengan memantapkan pelaksanaan program pembatasan timbunan sampah plastik sekali pakai. Memantapkan pelaksanaan program sampah berbasis sumber di desa, kelurahan dan Desa Adat, membangun 102 unit TPS-3R di Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan, dan membangun tiga unit TPST di Denpasar," lanjutnya.

Sebagai informasi, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 adalah adalah pertemuan dari 19 negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah dengan satu organisasi antar pemerintahan dan supranasional yaitu Uni Eropa.

KTT G20 akan digelar di Bali pada November 2022 mendatang. KTT G20 tahun ini merupakan pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Peningkatan tersebut untuk memperkuat G20 agar dapat memperoleh komitmen tertinggi sebagai faktor penting dalam menjaga stabilitas perekonomian dunia.

Tag : #wayan koster    #ktt g20    #nasional    #tpa    #denpasar   

Baca Juga