Jalan Tol Binjai-Stabat (dok ANTARA/HO-Hutama Karya)

Tol Binjai Stabat Akan Segera Beroperasi Setelah Jalani Uji Laik Fungsi

Rini | Ekonomi | 25-01-2022

PARBOABOA, Binjai - Kabar baik untuk masyarakat Sumatera Utara, terkhusus bagi warga Binjai, karena sebentar lagi Jalan Tol Binjai-Stabat akan segera beroperasi.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan pihaknya telah melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) tol tersebut pada 14-15 Januari lalu. Hasil ULF tersebut berjalan lancar dan menunjukkan hasil yang baik sehingga tol tersebut akan segera di operasikan.

"Selama kegiatan evaluasi, kami bersama beberapa pemangku kepentingan diantaranya Badan Pengatur Jalan Tol, Bina Marga, Korlantas, BBPJN Sumut, dan instansi lainnya melakukan rangkaian ULF mulai dari peninjauan ke lapangan, hingga pembahasan atas temuan catatan dari kegiatan ULF ini," ujar Koentjoro, dikutip dari Antara, Selasa (25/1).

Tol yang akan segera beroperasi ini merupakan salah satu dari 5 seksi dari Ruas Binjai-Langsa yang akan dibangun sepanjang 131 km. Dimana seksi 1, Tol Binjai-Stabat dibangun sepanjang 12,3 km.

Dengan adanya tol ini, waktu tempuh masyarakat dari Binjai ke Stabat yang biasanya 1 jam, akan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit saja.

Koentjoro mengatakan jika setelah menyelesaikan seluruh ULF dan pekerjaan-pekerjaan di lapangan dengan baik, maka diharapkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dapat segera terbit.

“Kami optimis semua proses ini dapat terlewati dengan baik, sehingga Sertifikat Laik Operasi (SLO) dapat segera terbit, dan Tol Binjai - Stabat dapat segera beroperasi untuk masyarakat sekitar. Selain itu, dengan berfungsinya Tol Binjai-Stabat ini akan memberikan manfaat penghematan waktu tempuh dari semula 1 jam menjadi 15 menit," tutup Koentjoro.

Adapun pembangunan tol ini merupakan kerjasama antara Hutama Karya bersama anak perusahaannya yakni PT HK Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor dalam pembangunan Tol Binjai-Stabat.

Tag : #tol binjai-stabat    #binjai    #stabat    #ekonomi   

Baca Juga