Ilustrasi

Tips Upload Foto di Instagram Agar Hasilnya Tidak Pecah

Wanovy | Teknologi | 29-09-2021

Instagram merupakan salah satu media sosial paling banyak digunakan saat ini. Fitur utama yang menjadi andalan Instagram adalah berbagi foto dan video antar pengguna dengan kualitas HD.

Pengguna juga dibekali fitur editing untuk membuat efek serta menyelaraskan warna dan cahaya ketika akan upload foto atau gambar. Meski begitu, banyak pengguna yang mengeluh akibat foto dan gambar pecah saat di uplaod di Instagram. Hal ini memang sering terjadi sehingga membuat foto atau gambar menjadi blur.

Selama ini para pengguna Instagram hanya asal mengunggah gambar saja tanpa mempertimbangkan berbagai hal yang bisa membuat foto menjadi lebih menarik. Masalah foto yang di upload di Instagram hasilnya pecah ternyata disebabkan oleh kualitas foto yang rendah.

Biasanya ini terjadi ketika pengguna menggunakan kamera ponsel dengan setelan rendah. Akibatnya hasil jepretan kamera menjadi tidak maksimal. Termasuk cahaya dan ketajaman warna menjadi kurang begitu terlihat. Begitu pula jika menggunakan kamera digital, setelan rendah akan berpengaruh pada hasil foto yang tidak optimal.

Instagram sendiri sebetulnya memiliki opsi agar foto diunggah memiliki resolusi tinggi alias HD. Berikut adalah cara meng-upload foto resolusi tinggi di Instagram :

1. Buka aplikasi Instagram melalui smartphone Anda.

2. Lalu, buka halaman "Profile" lalu klik ikon tiga garis di pojok kanan atas. Ketika di-klik, pilih meu "Settings". Di halaman selanjutnya, klik opsi "Account".

3. Kemudian scroll ke bawah hingga menemukan opsi "Mobile Data Usage". Klik opsi tersebut, kemudian pilih "High Resolution Media". Nantinya, di sana akan muncul tiga opsi pengaturan yang bisa dipilih, yakni "Never", "WiFi Only", atau "Mobile+WiFi".

4. Jika memilih opsi "Never", maka foto yang Anda unggah akan tampil dengan resolusi standar yang disesuaikan.

5. Sementara opsi "WiFi Only", akan menampilkan foto beresolusi tinggi jika Anda mengunggah foto tersebut ke Instagram melalui sambungan WiFi. Kemudian "Mobile+WiFi" bisa dipilih jika Anda ingin mengunggah foto ke Instagram dengan resolusi tinggi melalui data internet ataupun WiFi.

Perlu diingat, opsi ini akan sedikit menguras data internet Anda. Sebab, Instagram akan mengubah kualitas foto Anda menjadi resolusi tinggi sehingga tidak pecah.

 Untuk meng-upload foto resolusi tinggi di Instagram, Anda bisa memilih salah satu opsi apakah "WiFi Only" atau "Mobile+WiFi". Setelah semua pengaturan selesai, Anda bisa menguggah foto seperti biasa, dan lihat perbandingannya dengan kualitas foto Anda sebelumnya. Selamat mencoba!

Tag : teknologi, tips, trik, instagram, feed

Berita Terkait