V-belt Motor Matic (Foto: AHM)

Tips Perawatan V-belt Motor Matic Agar Tetap Awet

Juni | Otomotif | 27-08-2022

PARBOABOA – Kemudahan pengoperasiannya membuat motor matic banyak diminati dibandingkan dengan sepeda motor jenis lainnya. Namun dibalik kemudahannya, kita juga harus mengetahui cara perawatannya, salah satunya dengan mengenal kinerja van belt (v-belt).

Tugas utama dari v-belt itu sendiri adalah sebagai alat untuk menghubungkan tenaga dari mesin yang selanjutnya disalurkan ke roda bagian belakang, agar motor dapat berjalan dengan baik.

Namun sayangnya, perawatan pada komponen yang satu ini sering diabaikan. Bahkan, tak sedikit pengendara motor yang mengabaikan begitu saja. Padahal, jika komponen penggerak roda ini mengalami masalah, tentu saja motor tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Lantas, bagaimana cara agar v-belt matic agar tetap awet? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Melakukan Pengecekan Rutin Pada V-belt

Untuk skuter matic, pengecekan berkala pada v-belt dilakukan saat penggunaan telah mencapai 8.000 km. umumnya, umur pakai komponen ini bisa mencapai 24.000 km dan setelahnya harus dilakukan penggantian.

Akan tetapi, umur pakai tiap motor berbeda-beda, tergantung gaya berkendara. Selain itu, kondisi ruang CVT yang kotor juga bisa memperpendek usia v-belt.

2. Berkendara dengan Normal

Umur pakai v-belt dipengaruhi oleh karakter Anda berkendara dan kondisi jalan yang dilalui setiap harinya. Hindari memutar selongsong gas yang dalam secara tiba-tiba. Selain itu, jangan biasakan melakukan pengereman mendadak.

Ingat, ketika anda memainkan tuas gas pada motor matic, maka v-belt akan mengencang dan menggerakan roda belakang. Oleh sebab itu, penggunaan fitur Idling Stop System (ISS) sangat disarankan dalam kondisi ini. Selain ramah lingkungan, juga bisa memperpanjang umur v-belt motor matic Anda.

3. Hati-hati Menggunakan Aksesoris Balap

Melakukan modifikasi menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi sebagian pemilik sepeda motor. Aksesoris balap pun kerap menjadi sasaran dalam melakukan modifikasi. Meskipun aksesoris balap bisa membuat tampilan motor matic semakin stylish, namun komponen yang tidak standar dapat berisiko merusak komponen lain.

Demi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, sebaiknya Anda harus lebih hati-hati dalam memilih aksesoris untuk sepeda motor anda. Sehingga secara kualitas, motor matic Anda tetap terjaga.

Nah, sekarang sudah tahu kan tentang bagaimana cara merawat v-belt motor matic? Lakukan tips diatas agar kondisi v-belt tetap prima dan Anda merasa nyaman saat berkendara.

Tag : #v belt    #motor matic    #otomotif    #tips    #perawatan motor   

Baca Juga