Ilustrasi AC Mobil (Foto: suryakepri.com)

5 Tips Perawatan AC Mobil Agar Selalu Dingin

Juni | Otomotif | 15-09-2022

PARBOABOA – Salah satu fitur andalan pada sebuah mobil adalah penyejuk udara atau air conditioner (AC). Fitur yang satu ini biasanya digunakan pemilik mobil demi kenyamanan berkendara.

Karena sering digunakan, perangkat ini harus selalu dirawat dengan baik agar bekerja optimal dan lebih awet. Salah satu permasalahan pada AC mobil yang kerap terjadi adalah suhunya yang kurang dingin.

Lantas, bagaimana cara merawat AC mobil yang bisa dilakukan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan kabin mobil. Sebab, kabin mobil yang kotor dan berdebu bisa mengganggu kebersihan AC mobil.

Jika dibiarkan terus-menerus, dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Bahkan, udara yang dihembuskan juga menjadi tidak sehat karena sudah tercemar dan kotor.

Terlebih lagi, AC mobil menggunakan sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di kabin mobil untuk didinginkan secara berulang-ulang.

2. Tutup Kaca Mobil Saat Menyalakan AC

Hindari membuka kaca mobil saat berjalan dan menggunakan AC. Kondisi kaca mobil yang tertutup akan membuat kerja AC mobil tidak terlalu berat dan tentunya tidak cepat kotor karena terhindar dari debu jalanan.

3. Tidak Merokok Saat AC Menyala

Hindari merokok saat menggunakan AC mobil karena aroma tak sedap dari asap rokok sangat sulit dihilangkan dan akan menempel di kabin mobil. Asap rokok juga berpotensi masuk ke dalam sistem sirkulasi AC sehingga udara dan aroma tak sedap dari nikotin akan bercampur dengaan udara pendingin kabin.

Selain itu, asap rokok yang menempel pada filter kabin atau filter AC yang berfungsi sebagai penyaring udara dari AC mobil. Sehingga, kondisi tersebut dapat memperpendek usia pakai bahkan dapat memicu kerusakan.

4. Rutin Membersihkan Filter AC Mobil

Filter AC mobil atau kerap disebut filter kabin merupakan penyaring udara yang dipakai untuk mendinginkan kabin mobil. Letak filter AC biasanya berada di dasbor yang mengambil udara dari sisi kaki penumpang depan.

Lokasi ini sangat rentan kotor sehingga kamu harus memastikan kebersihannya demi menjaga kualitas udara di dalam mobil tetap bersih dan segar.

5. Lakukan Servis Berkala

Tips perawatan AC mobil yang terakhir adalah dengan melakukan servis secara berkala di bengkel-bengkel resmi. Tujuannya adalah untuk memastikam kondisi mobil selalu prima, baik mesin, kaki-kaki, hingga pendingin kabin.

Sehingga, para pengendara dapat merasa nyaman selama dalam perjalanan karena seluruh fitur mobil termasuk AC, berfungsi dengan baik dan optimal.

Itulah tadi lima tips perawatan AC mobil yang dapat kamu lakukan agar tetap awet. Setelah mengetahui hal diatas, apakah kamu masih ingin menunda melakukan perawatan AC pada mobil kesayanganmu?

Tag : #AC mobil    #Service AC    #otomotif    #Komponen mobil    #perawatan mobil    #tips   

Baca Juga