Tips merawat rantai motor (Foto: momotor.id)

Tips Merawat Rantai Motor yang Wajib Diketahui

Juni | Otomotif | 12-11-2022

PARBOABOA – Rantai adalah salah satu komponen terpenting pada sepeda motor yang berfungsi untuk menyalurkan energi gerak dari mesin ke roda. Komponen yang satu ini perlu mendapat perawatan khusus agar tidak menimbulkan masalah saat berkendara.

Tujuannya adalah agar penyaluran tenaga lebih optimal sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara. Lantas, bagaimana cara merawat rantai motor? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Bersihkan Rantai

Rantai motor rentan terkena debu dan kotoran, apalagi ketika musim penghujan. Rantai yang jarang dibersihkan akan terasa kaku dan berisik ketika motor dikendarai. Sebab, chain lube yang berfungsi sebagai pelumas sudah luntur.

Oleh karena itu, rantai perlu mendapatkan perawatan rutin, minimal setelah melewati genangan air atau melintasi kawasan berdebu.

2. Beri Pelumas

Setelah membersihkan dari kotoran, jangan lupa untuk melumasi rantai dnegan cairan khusus rantai motor. Sebaiknya hindari kebiasaan menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai, karena justru akan membuat kotoran lebih mudah menempel.

3. Kencangkan Rantai

Sebelum berkendara, lakukan pengecekan terhadap kondisi rantai motor. Tujuannya adalah untuk melihat apakah  rantai masih kendur atau sudah pas. Rantai yang kendur atau terlalu kencang bisa membahayakan diri dan juga pengendara motor yang lain.

4. Selalu Gunakan Rantai Motor Original

Rantai motor yang original tentu lebih disarankan dibandingkan spare part KW. Meski dibanderol dengan harga yang lebih mahal, namun biasanya akan sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Itulah tadi beberapa tips merawat rantai motor yang wajib diketahui. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan secara berkala untuk menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara.

Tag : #rantai    #motor    #otomotif    #komponen motor    #perawatan motor    #tips   

Baca Juga