Motor Listrik (Foto: Viar)

5 Tips Merawat Motor Listrik Agar Tetap Awet

Juni | Otomotif | 30-09-2022

PARBOABOA – Pengguna motor listrik saat ini memang belum sebanyak motor dengan mesin pembakaran internal. Jika kalian tertarik untuk memilikinya, sebaiknya cari tahu dulu bagaimana cara perawatannya.

Motor listrik tentu berbeda dengan sepeda motor konvensional pada umumnya. Tunggangan yang satu ini tidak memiliki mesin, transmisi, piston, atau bahkan oli. Beda konsep tentu berbeda juga perawatannya.

Meskipun memiliki komponen yang lebih sedikit, namun perawatan kendaraan jenis ini tidak boleh diabaikan. Dilansir dari Carmudian, berikut dijelaskan mengenai perawatan motor listrik.

1. Ganti Van Belt Secara Berkala

Van belt berfungsi untuk menyalurkan tenaga menuju ke roda belakang agar motor bisa melaju. Komponen yang satu ini tentunya punya masa pakai dan sebaiknya diganti secara berkala.

Van belt motor listrik sebaiknya diganti saat kilometer mencapai 3.000 km. Penggantian secara berkala bertujuan untuk menghindari van belt putus di jalan karena sudah terlalu usang.

2. Cabut Baterai Saat Motor Tidak Digunakan

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dnegan mencabut baterai saat motor tidak sedang digunakan. Baterai yang tertanam akan mengalami self discharge. Sebab meskipun dalam kondisi mati, listrik pada motor tetap digunakan seperti untuk menyalakan alarm.

Oleh sebab itu, mengisi daya baterai hingga penuh lalu mencabutnya saat motor tidak dipakai menjadi salah satu alternatif agar motor motor listrik tetap dalam kondisi prima terutama bagian baterai. Perlu diingat, mencabut baterai harus dalam keadaan penuh.

3. Hindari Berkendara di Area banjir

Meskipun motor listrik sudah dirancang sedmeikian rupa agar tahan air, namun kamu tetap harus menghindari genangan air yang ketinggiannya melebihi soket pengisian daya.

Soket tersebut berada di antara kaki pengendara atau lebih tepatnya di area dek tengah. Oleh karena itu, jangan pernah paksakan melewati ganangan air yang tinggi demi keawetan motor listrik.

4. Hindari Mencuci Motor Listrik dengan Kompresor

Hampir sama seperti berkendara di area banir, mencuci motor dengan tekanan tinggi seperti menggunakan kompresor juga bisa menyebabkan air masuk ke bagian dalam moto melalui kisi-kisi udara di bagian kolong bodi motor listrik.

Untuk itu, gunakan lap pencuci seperti kanebo saat mencuci motor listrik untuk menjaga sistem kelistrikan dari air.

5. Selalu Periksa Sistem Pengereman

Menjaga sistem pengereman menjadi hal yang wajib dilakukan demi keselamatan saat berkendara. Untuk itu, lakukan pengecekan secara rutin pada bagian kampas rem baik roda depan maupun roda belakang setiap 2 sampai 3 bulan sekali.

Itulah tadi lima tips perawatan motor listrik yang perlu diketahui agar tetap awet dan selalu dalam kondisi prima. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan kendaraan ini?

Tag : #motor listrik    #teknologi    #otomotif    #komponen motor    #perawatan motor    #tips   

Baca Juga