Ilustrasi, foto: Eraspace

Tips Merawat MacBook dengan Baik dan Benar Agar Tetap Awet

Wanovy | Teknologi | 27-09-2022

PARBOABOA - MacBook Pro memiliki harga yang cukup mahal dan spesifikasi tinggi. Tentunya, kamu ingin menjaga MacBook Pro milikmu agar awet dan tidak rusak.

Untuk itu, kamu perlu melakukan perawatan khusus untuk MacBook Pro. Apa saja sih yang harus dilakukan?

Banyak anggapan bahwa merawat Macbook memerlukan biaya yang sangat besar. Padahal anggapan tersebut tidaklah selalu benar.

Sebenarnya, ada banyak tips dan trik cara merawat Macbook kamu dengan mudah dan dengan biaya yang tidak terlalu besar. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

1. Hindari penggunaan macbook pada suhu panas

Dilansir dari apple.com, tingkat kinerja terbaik Macbook adalah pada suhu 10 derajat celsius hingga 35 derajat celsius. Hindari penggunaan macbook pada suhu di atas 35 derajat celsius karena dapat merusak kapasitas baterai secara permanen.

Jika terpaksa pada suhu ruangan tinggi, bisa kita gunakan pendingin tambahan seperti kipas laptop tambahan (cooling pad) ataupun kipas angin yang dihadapkan ke arah laptop. Hal tersebut dapat berdampak pada pendinginan komponen pada Macbook.

2. Jangan sampai baterai habis

Macbook Pro memiliki baterai yang sangat berkualitas. Apple mengklaim baterainya dapat bertahan hingga lebih dari lima tahun. Namun, dengan catatan, kamu menggunakannya dengan baik dan benar.

Melansir Agirepair, usahakan Macbook Pro yang kamu pakai baterainya selalu di atas 20 persen. Menurut produsen, baterai Macbook Pro berjenis litium, sehingga harus berada di kisaran 20-80 persen.

Jika persentase baterai sampai nol persen, maka dikhawatirkan usia baterai akan berkurang. Dampaknya akan mengakibatkan kerusakan pada komponen lainnya.

Namun, bukan berarti kamu harus selalu men-charge baterai selama 24 jam, ya. Justru hal tersebut dikhawatirkan juga akan merusak Macbook Pro kamu.

Jadi, ketika Macbook Pro kamu sudah 20 persen, segera di-charge. Lalu, jangan lupa ketika mencapai 100 persen atau penuh langsung cabut charger dari colokan, ya!

3. Lakukan pembaruan software

Apple kerap merilis pembaruan berkala untuk macOS untuk memperbarui aplikasi dan keamanan laptop.

Kamu harus memastikan notifikasi udpate selalu menyala. Tujuannya agar tidak melupakan pembaruan untuk mencegah gangguan fungsional.

Jangan lupa ketika berniat update software pastikan baterai Macbook Pro kamu berada di posisi maksimum karena proses ini memakan waktu cukup lama.

4. Hindari penggunaan di atas kasur

Hayo, siapa yang sering melakukan kebiasaan laptop-an di atas kasur? Pasti banyak ya, karena hal tersebut memang bikin mager atau malas gerak, apalagi jika lagi ngerjain deadline kerjaan ya kan.

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk merawat Mac kamu adalah dengan menghindari penggunaan di atas kasur ya.

Karena seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa MacBook cepat panas, maka saat menggunakannya di atas kasur maka sirkulasi udara dari Mac akan tertutup dan membuatnya semakin panas dan membuatnya cepat rusak.

5. Bersihkan secara berkala

Agar penggunaan Mac kamu bisa tahan lama atau awet, sebaiknya dibersihkan secara berkala untuk menghindari debu yang menumpuk di dalam mesin. Kamu bisa aja gunain jasa pembersih yang cukup terjangkau, kisaran Rp 100.000 hingga Rp 200.000.

Dibandingkan dengan kerusakan akibat jarang dibersihkan, membersihkan secara berkala cukup terjangkau dan bisa membuat Mac kamu awet untuk digunakan jangka panjang.

6. Memperhatikan kondisi peletakan Mac

Kamu perlu banget lho memperhatikan saat meletakan MacBook kamu. Pastikan kamu menaruhnya di tempat yang aman.

Karena jika kamu menempatkannya di tempat yang rawan maka sangat mungkin terbentur atau terkena air.

Hal ini salah satu hal penting yang bisa kamu lakukan dalam merawat MacBook agar tetap awet dan aman digunakan.

7. Memberi tambahan aksesoris

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa penggunaan aksesoris tambahan berupa cooling pad bisa membantu suhu Macbook secara stabil, maka kamu bisa menambahkan aksesoris lainnya untuk merawat Macbook yang dimiliki seperti hardcase, pelindung keyboard, screen guard, dan aksesori tambahan lainnya.

Hal ini digunakan untuk melindungi Macbook dari debu, benturan, maupun goresan benda keras satu waktu secara tidak sengaja.

Tentunya, kamu bisa menyesuaikan aksesoris tambahan dengan kebutuhan. Dengan begitu, kamu bisa merawat Macbook secara mudah.

Merawat macbook merupakan hal yang penting untuk kita ketahui bersama. Alangkah lebih baik jika hal tersebut dapat diterapkan jika memiliki macbook.

Sudah selayaknya jika kita menjaga barang kita dengan hati-hati agar dapat digunakan untuk jangka panjang. Semoga dapat bermanfaat!

Tag : #macbook    #apple    #tips    #teknologi    #laptop    #imac    #macOS    #merawat macbook   

Baca Juga