Tips Merawat Baterai Motor Listrik Agar Tetap Awet

Juni | Otomotif | 14-10-2022

Tips Merawat Baterai Motor Listrik (Foto: carmudi.co.id)

PARBOABOA – Motor listrik mulai membanjiri pasar otomotif tanah air. Kendaraan ini banyak direkomendasikan karena tidak menggunakan bahan bakar sehingga lebih ramah lingkungan.

Salah satu komponen utama pada motor listrik adalah baterai yang berfungsi sebagai catu daya utama. Karenanya, komponen yang satu ini harus diperhatikan agar performanya tetap terjaga.

Terdapat beberapa teknik khusus untuk merawat baterai motor listrik. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Rutin Melakukan Pengecasan

Sama seperti baterai pada umumnya, kamu perlu mengisi daya secara rutin untuk menjaga performanya. Perlu diingat, selalu gunakan charger standar sesuai dengan yang kamu dapat saat membeli motor.

Lakukan pengisian dengan cara menyambungkan charger ke sumber energi listrik yang sudah banyak tersedia di tempat umum. Perhatikan daya saat proses pengisian berlangsung, dan cabut ketika baterai sudah penuh.

2. Lakukan Pengecasan Minimal Sebulan Sekali

Banyak orang kerap lupa dengan barang yang jarang mereka pakai. Akan tetapi, jangan sampai hal ini terjadi pada motor listrik kamu ya. Jika dalam kurun waktu 30 hari tidak digunakan, sebaiknya tetap lakukan pengecasan cukup beberapa jam saja.

3. Jangan Sampai Baterai Kosong

Membiarkan baterai motor listrik yang benar-benar kosong bisa membuat kinerja motor kamu lebih cepat melemah hingga akhirnya rusak. Sama seperti motor pada umumnya, mesin akan mati jika bensin di tangki benar-benar habis.

Oleh karena itu, lakukan pengecasan jika kamu melihat daya baterai motor menipis. Jangan biarkan motor listrikmu jadi mudah mogok ya.

4. Matikan Sklar MCB

Saklar Miniature Circuit Breaker (MCB) merupakan salah satu komponen yang harus on saat akan menyalakan motor listrik. Namun perlu diingat, matikan saklar MCB terlebih dahulu sebelum melakukan pengisian daya baterai.

Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari korsleting pada mesin motor listrik kamu. Selain itu, mematikan saklar MCB motor juga perlu dilakukan jika motor tidak digunakan dalam kurun waktu tiga hari.

Itulah tadi beberapa tips menjaga performa baterai motor listrik yang perlu diketahui. Bagaimana, apakah kamu salah satu pengguna kendaraan ramah lingkungan ini?

Tag : #motor listrik    #baterai motor    #otomotif    #komponen motor    #perawatan motor    #tips   

Baca Juga