Tips menjaga performa motor (Foto: Parboaboa/Juni)

Tips Menjaga Performa Motor yang Wajib Diketahui

Juni | Otomotif | 15-11-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar – Mayoritas masyarakat di Indonesia menjadikan sepeda motor sebagai sarana transportasi andalan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Menjaga dan memastikan kondisi motor tetap prima penting dilakukan.

Melansir dari beberapa sumber, setidaknya ada tiga tips menjaga performa motor yang bisa dilakukan pengendara agar kendaraannya selalu dalam kondisi sehat dan prima. Apa saja kira-kira? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Servis Secara Berkala

Mesin motor yang digunakan setiap hari, akan menimbulkan gesekan bahkan menghasilkan panas. Hal ini harus menjadi perhatian dari sang pemilik kendaraan. Kondisi yang sering terjadi pada kendaraan adalah ketika komponen sepeda motor sudah mengalami keausan atau malfungsi dan biasanya si pengendara menyadari belakangan.

Sebenarnya kondisi itu bisa dicegah dengan cara servis berkala setiap 2.000–3.000 km atau 2–3 bulan pemakaian rutin. Selain bisa menjaga performa motor agar tetap prima, servis berkala juga bisa menekan biaya perbaikan yang lebih besar.

2. Memperhatikan Komponen Motor

Setiap kendaraan pasti memiliki banyak komponen yang saling terhubung. Jika salah satu komponen rusak, maka kerusakan tersebut juga akan memengaruhi kinerja komponen lainnya. Misalnya saja konsumsi bahan bakar yang boros dan tarikan mesin berat menjadi salah satu efek samping dari menumpuknya kotoran di filter udara.

Filter udara ini berfungsi untuk menyaring berbagai partikel asing dari udara, sehingga aliran udara ke ruang bakar menjadi lebih bersih. Untuk itu, lakukan penggantian saringan bahan bakar setiap 12.000 km atau sesuai rekomendasi.

Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah menguras tangki bahan bakar setiap 50.000 km atau sesuai dengan rekomendasi agar kendaraanmu tetap optimal dan irit bahan bakar.

3. Memilih Oli yang Tepat dan Mengganti Secara Berkala

Pergantian oli secara berkala juga menjadi hal yang penting dan tak boleh dilewatkan. Sebaiknya penggantian oli dilakukan setiap dua bulan sekali atau saat motor sudah menempuh jarak 1.000 km.

Selain itu, pastikan kamu memakai oli yang berkualitas dan sesuaikan dengan tipe motor untuk memastikan kinerjanya selalu prima.

Itulah tadi beberapa cara menjaga performa motor yang wajib diketahui. Pastikan selalu memberikan perawatan yang tepat untuk menjaga motor tetap dalam kondisi sehat dan prima.

Tag : #motor    #komponen motor    #otomotif    #perawatan motor    #tips   

Baca Juga