Ilustrasi pengisian bbm sepeda motor matic (Dok: naikmotor.com)

Simak! Ini Tips Menghemat BBM Motor Matic

Dimas | Otomotif | 04-07-2022

PARBOABOA – Sepeda motor matic merupakan salah satu jenis motor yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Sebab, motor matic dinilai bisa memberikan kenyamanan yang lebih dibandingkan sepeda motor manual.

Namun, tak sedikit para pemilik motor matic yang mengeluh karena borosnya penggunaan bahan bakar minyak pada motor jenis ini. Padahal, pemborosan ini terjadi karena adanya kesalahan dalam penggunaannya. Kesalahannya pun bermacam-macam, mulai dari cara berkendara hingga perawatan yang salah.

Nah, untuk mencegah terjadinya pemborosan tersebut, kali ini Parboaboa akan membagikan tips atau cara sederhana yang bisa dilakukan oleh pemilik motor matic untuk menghemat penggunaan BBM.

Tips Menghemat BBM Motor Matic

1. Berkendara dengan Kecepatan yang Stabil

Kecepatan berkendara sangat memengaruhi jumlah bahan bakar yang dipakai. Di mana semakin cepat Anda berkendara, maka semakin banyak pula bensin yang digunakan oleh motor, yang menjadikan motor lebih boros bensin.

Terlebih lagi, absennya persneling pada motor matic membuat penggunanya jauh lebih mudah dalam menambah serta mengurangi kecepatan ketika berkendara.

Untuk itu, berkendaralah dalam kecepatan yang konsisten dan stabil serta tidak terlalu sering mengerem dan ngegas mendadak agar penggunaan bensin dapat dihemat.

2. Cek Sistem Pengapian

Jika motor matic Anda masih menggunakan karburator, pastikan selalu memonitor komponen pengapian secara berkala. Pasalnya, pengapian yang bermasalah dapat memengaruhi aktivitas pembakaran bensin.

Semakin baik kondisi komponen pengapian, maka semakin efisien pula penggunaan bahan bakar.

3. Rutin Bersihkan Filter Udara

Rutin membersihkan filter udara pada motor matik, juga menjadi salah satu cara yang penting dilakukan sebagai salah satu upaya atau cara untuk menghemat BBM pada motor matic.

Jika filter udara pada motor matik kotor, maka hal itu akan menyebabkan udara yang masuk ke sistem pembakaran melalui saluran intake menjadi tersumbat dan mengakibatkan bahan bakar terbuang secara percuma.

4. Cek Sistem Kelistrikan

Motor matic yang saat ini dijual di pasaran hampir semuanya sudah menggunakan sistem injeksi. Prinsip kerja sistem injeksi sangat bergantung pada kondisi kelistrikan. Ketika sistem kelistrikan mengalami gangguan, hal ini dapat menimbulkan dampak terhadap konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih banyak.

Proses pengecekan sistem kelistrikan bisa dimulai dengan memeriksa kondisi aki. Selanjutnya, Anda bisa melakukan pemeriksaan pada soket serta kondisi kabel.

5. Hindari Memanaskan Mesin Terlalu Lama

Aktivitas memanaskan kendaraan bermotor tentunya akan membutuhkan bahan bakar. Untuk itu, buat Anda yang punya kebiasaan memanaskan motor sebelum menggunakannya, Hindari memanaskan dalam waktu yang terlalu lama.

Anda cukup panaskan motor dalam waktu maksimal 5 menit. Sebab, makin lama waktu yang Anda gunakan untuk memanaskan motor, maka semakin banyak juga BBM yang terbuang sia-sia.

6. Gunakan BBM dengan Oktan Tinggi

Jenis bahan bakar harus diperhatikan sebagai cara menghemat BBM motor matic. Anda bisa coba gunakan BBM dengan oktan tinggi.

BBM oktan tinggi memang diketahui lebih mahal tetapi pembakarannya lebih sempurna. Jika dibandingan dengan BBM beroktan rendah, pembakaran sempurna akan membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

7. Gunakan Oli yang Tepat

Keenceran oli juga sangat berpengaruh pada penggunaan bahan bakar. Perhatikan keenceran yang digunakan untuk cara hemat bensin motor matic. Oli yang sesuai akan membuat gesekan antara komponen mesin bisa diminimalisir. Gesekan mesin yang minim, akan berpengaruh pada kinerja pembakaran.

Untuk oli motor matic, sebaiknya gunakan yang memiliki tingkat kekentalan menengah, tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental. Oli yang terlalu encer akan membuat mesin mudah mengalami penguapan. Sedangkan, oli yang kental akan membuat beban mesin menjadi lebih berat.

Nah, itulah seputar informasi mengenai cara menghemat BBM sepeda motor matic. Jika motor matic Anda sudah mulai boros, Silahkan ikuti tips atau cara-cara yang telah dijelaskan di atas. Semoga membantu!

Tag : #sepeda motor    #motor matic    #otomotif    #bbm    #komponen sepeda motor   

Baca Juga