Tips Menggunakan Engine Brake pada Mobil Matic (Dok. gridoto.com)

Wajib Tahu! Berikut Tips Menggunakan Engine Brake pada Mobil Matic

Juni | Otomotif | 03-08-2022

PARBOABOA - Bagi kamu pengguna mobil manual, tentu sudah tak asing lagi dengan istilah engine brake. Engine brake merupakan teknik menurunkan kecepatan mobil dengan memindahkan tuas persneling ke gigi yang lebih rendah.

Tujuannya adalah untuk memperlambat laju kendaraan di jalanan menurun atau ketika mobil butuh pengereman darurat.

Namun tahukah kamu, tak hanya pada mobil manual, teknik engine brake juga ternyata bisa dipakai pada mobil matic. Tentunya harus dilakukan dengan benar supaya tidak merusak mesin.

Bagaimana caranya? Nah, berikut ini dijelaskan beberapa tips menggunakan engine brake pada mobil matic. Simak penjelasannya yuk!

1. Pahami Cara Kerja Engine Brake

Engine brake adalah teknik menurunkan kecepatan selain memakai rem biasa. Caranya cukup dengan menurunkan tuas persneling ke gigi yang lebih rendah. Teknik ini sangat berguna saat melintasi turunan super curam. Dengan engine brake, tak perlu takut mobil akan meluncur bebas meskipun kamu tidak menginjak pedal rem.

2. Mengetahui Cara Melakukan Engine Brake pada Mobil Matic

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menaikkan posisi transmisi dari D ke posisi 2. Dengan demikian, laju mobil akan berkurang tanpa harus melakuakan pengereman. Banyak pengemudi yang tidak mengetahui hal itu atau mungkin mereka takut melakukannya karena beranggapan bisa merusak mobil.

Nyatanya, engine brake tidak menimbulkan kerusakan apapun pada mobil jika dilakukan dengan benar. Jangan lupa untuk selalu menurunkan transmisi gigi secara bertahap, tidak langsung loncat ke posisi transmisi paling rendah. Untuk mobil matic, kamu bisa menurunkan posisi dari D, ke posisi 2, lalu ke posisi Low (L).

3. Mengetahui Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Engine Brake

Saat yang paling tepat untuk menggunakan teknik engine brake adalah ketika melintasi jalanan menurun yang sangat curam. Teknik ini bertujuan untuk membantu kinerja rem agar bebannya tak terlalu berat. Engine brake menjadi pilihan alternatif selain rem konvensional untuk membantu mengurangi laju kendaraan dengan menggeser ke transmisi yang lebih rendah.

Itulah tadi penjelasan tentang cara menggunakan engine brake pada mobil matic yang penting untuk diketahui. Pastikan kamu memahami caranya dengan baik agar tak merusak mobil kesayanganmu.

Tag : #engine brake    #mobil matic    #otomotif    #cara kerja engine brake    #transmisi mobil matic   

Baca Juga