Ilustrasi (dok vstory)

Tips Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

Rini | Kesehatan | 08-01-2022

PARBOABOA - Susah tidur atau insomnia adalah hal yang sangat menjengkelkan. Sudah berbaring dan mencoba untuk mencari posisi tidur terbaik, namun entah bagaimanapun dicoba kepala tetap terjaga, tak kunjung terlelap. Susah tidur ini mungkin bukan hal yang berbahaya jika hanya terjadi sesekali, namun jika terus berlanjut kondisi ini akan mengganggu kesehatan.

Tidur adalah cara mengistirahatkan tubuh setelah aktivitas padat seharian. Untuk orang dewasa disarankan untuk tidur sekitar tujuh hingga delapan per hari, agar tubuh kembali bugar dan siap untuk kembali melanjutkan aktivitas.

Namun karena mengalami insomnia, beberapa orang akhirnya memutuskan untuk mengkonsumi obat tidur. Padahal obat tidur mempunyai efek samping yang tidak baik untuk tubuh, jika dikonsumsi secara berkelanjutan dalam jangka panjang. Jadi daripada mengkonsumsi obat, lebih baik coba tips-tips berikut mengenai cara mengatasi susah tidur:

1. Hindari Ponsel sebelum tidur

Masyarakat modren saat ini sangat susah untuk dipisahkan dari smartphone. Bahkan saat akan tidur, seseorang cenderung memilih memainkan ponsel dengan menscroll media sosial atau chatting dengan teman. Namun, sebaiknya jangan gunakan ponsel saat akan tidur karena cahaya biru yang dikeluarkan ponsel dapat memengaruhi produksi melatonin, salah satu hormon yang membantu seseorang tidur dan mengatur siklus tidur. Penggunaan ponsel secara teratur di malam hari dapat menyebabkan kurang tidur karena pikiran masih aktif hingga beberapa saat sebelum terlelap.

Jadi pastikan mulai sekarang tidak lagi bermain ponsel sebelum tidur dan coba matikan notifikasi agar kamu dapat tidur tenang tanpa tergangu.

2. Kurangi Konsumsi Kafein

Tips berikutnya untuk mengatasi susah tidur adalah dengan menghindari minuman berkafein seperti kopi. Beberapa orang kerap menjadikan kopi sebagai minuman wajib saat pagi agar bersemangat dan tidak mengantuk saat akan bekerja. Namun kopi sebaiknya dihindari saat akan tidur karena kafein didalamnya akan membuat tubuh terjaga dan tidak bisa tidur.

Sebaliknya, minumlah minuman hangat seperti susu atau teh herbal untuk membantu kamu agar bisa segera tidur.

3. Jam Tidur Teratur

Langkah selanjutnya adalah mengatur jam tidur yang tetap. Agar dapat tidur dengan nyenyak, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan jam tidur yang sama setiap hari, untuk mengatur jam ritme sirkadian. Ritme sirkadian merupakan mekanisme alami tubuh yang mengatur jadwal tidur dan bangun, metabolisme, serta suhu tubuh setiap hari.

Jika selalu tidur dalam waktu yang sama, tubuh akan mengingat pola tersebut dan membuat jam tidur konsisten. Oleh karena itu, aturlah jadwal kegiatan Anda sehari-hari serta usahakan untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari.

4. Berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara mengatasi insomnia yang sangat efektif dan meningkatkan kualitas tidur. Namun pastikan untuk memilih olahraga ringan saja, karena olahraga berat justru dapat menyebabkan tubuh semakin tidak bisa tidur. Adapun pilihan olahraga yang tepat saat menjelang tidur adalah yoga, meditasi, hingga jalan santai.

Contoh olahraga sebelum tidur yang perlu dihindari yakni lari, banyak melompat, bersepeda dengan kecepatan tinggi, renang cepat, atau angkat beban dengan bobot berat.

5. Ciptakan Suasana Kamar yang Nyaman

Kamar sebagai ruang untuk tidur harus dibuat senyaman mungkin, rapi agar tubuh dapat beristirahat dengan baik. Kondisi tidur masing-masing mungkin berbeda sesuai dengan kebiasaan, ada yang nyaman tidur dengan lampu menyala, ada juga yang lebih senang tidur saat mati lampu. Jadi kondisi nyaman seseorang bergantung pada kebiasaannya.

Itu dia tips dari Parboaboa mengenai cara untuk menghindari susah tidur dilansir dari berbagai sumber. Namun jika kondisi insomnia yang kamu alami tetap berlanjut, pastikan untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat.  

Tag : #insomnia    #gaya hidup sehat    #kesehatan   

Baca Juga