Ruang tamu minimalis, foto: Dekoruma

7 Tips Menata Ruang Tamu Minimalis Agar Terkesan Luas

Wanovy | Rumah | 28-09-2022

PARBOABOA - Cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga terbilang gampang-gampang susah. Namun, dengan tips yang sesuai, hunian akan terasa lebih lapang. Simak ulasan lengkapnya di sini!

Rumah type 36 dan 45 adalah hunian favorit masyarakat Indonesia. Selain harganya yang relatif terjangkau, tempat tinggal tersebut juga cocok untuk pasangan muda.

Akan tetapi, acapkali pemilik rumah harus bersiasat dengan ukuran tiap-tiap ruangan.

Nah, siasat yang sering dipilih yakni pemilihan ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga.

Tanpa mengesampingkan fungsi dan nilai keindahan, ternyata mengombinasikan kedua ruangan tersebut sangat memungkinkan, lo.

Salah satu faktor utama yang mesti diperhatikan adalah dalam hal tata letak berbagai perabot atau furnitur.

Lantas, bagaimana tips menata ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga? Simak tips di bawah ini!

1. Gunakan warna cat tembok yang terang

Salah satu ide untuk menyiasati ruang tamu kamu yang berukuran terbatas agar tetap terlihat luas yaitu dengan menggunakan cat dinding berwarna putih, abu muda, krem, warna-warna netral yang terang karena dapat memberi kesan bersih dan lapang.

Warna terang juga dapat dengan mudah dikombinasikan dengan warna-warna ceria yang berani sebagai aksen ruangan agar terlihat lebih hidup dan tidak membosankan.

Ruang tamu minimalis yang memiliki warna dinding seperti ini akan memberi tampilan ruang yang lebih cerah, terang, nyaman dan terasa menyenangkan.

2. Meletakkan cermin bulat atau cermin besar

Banyak rumah dengan desain kekinian yang sengaja meletakkan cermin bulat atau cermin besar menempel pada dinding.

Meletakkan cermin akan memberikan tampilan luas pada ruang tamu kamu, loh. Tidak hanya itu, tren mirror selfie yaitu swafoto di depan cermin sedang menjadi tren terkini yang dilakukan banyak orang.

Kamu bisa meletakkan cermin di dinding ruang tamu untuk kesan yang lebih estetik, seperti produk rekomendasi berikut ini.

3. Sesuaikan ukuran ruang tamu dengan perabotan

Aturan pertama dalam menata ruang tamu adalah memastikan ukuran ruangannya. Langkah ini penting agar perabotan yang kamu beli tidak membuat ruangan justru terlihat sempit atau berantakan.

Meletakkan beberapa furnitur yang terlalu besar akan mempersempit ruang gerak dan menciptakan ilusi sesak alih-alih terlihat nyaman.

4. Perhatikan pencahayaan ruangan

Sebagai salah satu elemen penting dalam ruangan, pastikan pencahayaan ruang tamu diatur dengan baik.

Selain memanfaatkan cahaya alami dengan memasang jendela besar, kombinasikan juga dengan aneka jenis lampu ruangan.

Agar seimbang, gunakan pencahayaan dari berbagai level mata seperti lampu pada langit-langit, lampu meja, dan lampu lantai.

Tiap lampu dapat memberi kesan berbeda seperti lampu lantai yang diletakkan di samping sofa untuk ruangan terasa hangat dan membantu kamu membaca.

5. Menambahkan unsur tanaman

Salah satu cara mudah untuk menghidupkan ruang tamu minimalis adalah dengan menambahkan tanaman hijau. Tidak harus tanaman hidup yang bisa disimpan di ruang tamu.

Bunda bisa memilih bunga kering yang menggambarkan minimalis khas California. Tentunya, perawatan bunga kering lebih mudah dibanding tanaman hidup yang harus disiram setiap hari.

6. Pasang karpet polos untuk memberikan kesan ruang tamu yang luas

Dengan tujuan untuk mempercantik ruangan serta memberikan kenyamanan saat berada di rumah, kini banyak sekali karpet yang produksi mulai dari berbagai jenis motif, warna hingga tekstur.

Jika ruang tamu terkesan kecil dan ingin memberikan kesan luas, maka sebisa mungkin pilihlah karpet polos.

Cara sederhana ini membantu menciptakan ruang tamu kecil menjadi lebih luas dan tetap memperindah estetika ruangan.

7. Cara menata ruang tamu yang pas lewat pemilihan warna dan pola dinding

Cara menata ruang tamu juga tak terlepas dari finishing dinding yang akan kamu aplikasikan pada ruang tamu.

Cara menata ruang tamu satu ini menjadi penting karena dinding akan menjadi elemen dominan yang akan mempengaruhi atmosfer dan suasana dari ruang tamu kamu.

Untuk ruang tamu yang sering digunakan bercengkrama dengan tamu dan keluarga, cara menata ruang tamu yang tepat adalah dengan minimalisir warna terang dan pola-pola terlalu berlebihan. Hal ini karena akan memberikan kesan keras dan menjadi terlalu melelahkan untuk mata.

Gunakanlah warna-warna yang lembut agar ruangan tersebut tetap nyaman untuk dinikmati dalam waktu yang lama.

Sedangkan untuk ruang tamu sebagai ruang pelengkap, cara menata ruang tamu bisa lebih ekspresif dengan warna-warna terang dan pola-pola lebih berani.

Demikianlah beberapa tips menata ruang tamu minimalis yang bisa kamu coba terapkan. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #ruang tamu    #rumah minimalis    #rumah    #model rumah    #desain ruang    #interior rumah   

Baca Juga