Timnas Indonesia Dilarang Pakai Stadion GBK di Piala AFF 2022

Penulis : Sondang | Sepakbola | 03-11-2022

Menpora Zainudin Amali melarang Timnas Indonesia menggunakan Stadion Gelora Bung Karno guna menyambut Piala Dunia U-20 2023 (Foto: gbk.id)

PARBOABOA, Jakarta - Timnas Indonesia dilarang menggunakan Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, pada Piala AFF 2022 yang berlangsung pada 23 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023 mendatang.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, larangan itu karena stadion GBK masih dalam tahap renovasi menyambut Piala Dunia U-20 2023. Dia menambahkan, kebijakan ini juga sudah sesuai kesepakatan yang ditetapkan FIFA.

"Tidak boleh. Pokoknya begitu sudah mulai masuk Kementerian PUPR untuk merenovasi, SUGBK sudah ditujukan untuk Piala Dunia U-20 2023," ungkap Zainudin.

"Jadi, semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan itu sudah disetujui oleh FIFA, November ini akan mulai direnovasi," lanjutnya.

Piala AFF 2022 sendiri kembali menggunakan format home-away. Sehingga, timnas Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah sebanyak dua kali. Namun, Zainudin menyarankan timnas Indonesia mencari stadion alternatif lain selama Piala AFF 2022.

"Kan banyak yang nggak dipakai, seperti Stadion Pakansari, Stadion Patriot, itu kan nggak dipakai Piala Dunia," tukas Zainudin.

Selain Piala AFF 2022, Zainudin juga memastikan konser BLACKPINK tidak akan digelar di Stadion GBK pada Maret 2023 mendatang.

"Saya bisa pastikan itu tidak mungkin [konser]. Kami sudah menyatakan kesediaan ke FIFA bahwa Jakarta itu stadion utama yang digunakan," ujarnya.

Untuk diketahui, pada Piala AFF 2022, timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Kamboja, Filipina, dan salah satu di antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Brunei dan Timor Leste diharuskan bertanding lebih dulu di babak play-off sebelum masuk ke putaran final Piala AFF 2022.

Rencananya, timnas Indonesia akan memainkan laga kandang-tandang pada Piala AFF 2022 nanti. Setiap tim akan memainkan 4 laga di fase grup, dua di kandang dan dua tandang. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan di Stadion GBK.

Editor : -

Tag : #Piala AFF 2022    #Timnas Indonesia    #Sepakbola    #Stadion GBK    #Piala Dunia U20 2023   

Baca Juga