Tempat wisata Trenggalek, foto: tempatwisata.my.id

10 Tempat Wisata di Trenggalek Paling Cocok Untuk Healing

Wanovy | Travel | 05-10-2022

PARBOABOA, Trenggalek - Tempat wisata Trenggalek memang jarang diketahui banyak orang. Wisata Trenggalek akan menyuguhkan keindahan alam yang bagus untuk dikunjungu seperti air terjun, pantai, taman hingga puncak gunung yang indah dan mempesona.

Trenggalek merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Timur. Trenggalek juga dikenal dengan sajian kuliner alen-alen dan rujak uyup. Sebagai Kabupaten yang dikenal dengan makanannya, tentu tak jauh dari wisatanya juga.

Kabupaten Trenggalek hanya memiliki kekurangan satu saja yaitu tidak memiliki gunung berapi aktif. Hampir semua gunung yang ada di Kabupaten Trenggalek terbilang tidak aktif.

Kabupaten Trenggalek terdiri dari 2 iklim yang berbeda yaitu kemarau dan penghujan. Biasanya musim kemarau sering terjadi pada bulan Mei – Agustus. Trenggalek juga belum memiliki fasilitas transportasi seperti stasiun.

Penasaran dengan tempat wisata Trenggalek? Berikut Parboaboa rangkum seputar wisata Trenggalek terbaru 2022 yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Pantai Pelang

Wisata Trenggalek yang pertama adalah pantai Pelang atau Pantai Pelangi. Pantai indah yang satu ini terletak di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Pantai Pelang memiliki luas area sekitar 20 ha, berada sekitar 56 Km barat daya Kota Trenggalek.

Ini adalah salah satu pantai yang masih alami dan terkenal dengan ombaknya yang besar dan dihiasi dengan bebatuan besar yang menambah nilai estetik dari pantai ini.

2. Pantai Karanggongso

Wisata Trenggalek yang kedua adalah Pantai Karanggongso yang memiliki hamparan pasir putih. Pantai Karanggongso juga sering disebut Pantai Pasir Putih Trenggalek adalah sebuah pantai pasir putih indah yang berada di Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Ombak dipantai ini relatif tenang, membuatnya sangat cocok untuk berenang dan mandi bersama keluarga. Di sepanjang pantai pun tumbuh rimbun pohon-pohon yang menambah sejuk udara pantai di siang hari.

3. Pantai Prigi

Tempat wisata Trenggalek yang berikutnya adalah pantai Prigi, pantai pasir putih terpopuler lainnya yang ada di kabupaten ini.

Pantai ini berpotensi besar untuk dikembangkan menjadi salah satu kawasan wisata bahari unggulan di Indonesia.

Pantai Prigi terletak di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo sekitar 48 Km ke arah selatan dari Kota Trenggalek dengan luas tanah 12 Ha.

Pantai Prigi merupakan salah satu wisata alam yang banyak pengunjungnya, dilengkapi dengan fasilitas parkir, bumi perkemahan, sarana olah raga, hotel, dan rumah makan. Yang juga menarik adalah oleh-oleh berupa ikan asap dengan berbagai jenis (tuna, kerapu, tengiri, dll). Di sini juga terdapat Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN Prigi) dan tempat pelelangan ikan.

4. Pantai Blado

Wisata pantai menjadi salah satu daya tarik destinasi Trenggalek yang menarik untuk Anda explore ketika berlibur.

Menikmati holiday bersama orang tersayang di Trenggalek, kunjungi destinasi terbaiknya yaitu Pantai Blado.

Sajian pantai pasir hitan dengan sajian instagenic yang ditawarkan objek wisata Pantai Blado akan memanjakan para turis.

Liburan di Pantai Blado memang menyenangkan, banyak aktivitas seru yang bisa pelancong explore ketika berkunjung.

Tempat wisata murah di Trenggalek satu ini rekomended untuk menemani aktivitas liburan Anda bersama keluarga.

Rasakan liburan lebih seru di objek wisata pantai Trenggalek satu ini dengan berenang, bermain pasir hingga kulineran seafood.

5. Gunung Prongos

Namanya adalah Gunung Prongos yang berada di ketinggian sekitar 550 mdpl. Gunung ini memiliki pemandangan indah luar biasa dari atas ketinggian.

Ada hamparan hutan pinus yang asri dan memberi kesejukan tersendiri. Anda juga bisa menikmati pesonanya dari gardu pandang yang disertai view pegunungan.

Di Gunung Prongos juga tersedia area khusus untuk bisa menempelkan gembok harapan yang bernama Hope Lock.

Bahkan tak jarang spot ini menjadi favorit para wisatawan. Lokasinya berada di Desa Timahan, Kecamatan Kampak.

6. Hutan Bakau Pancer Cengkrong

Destinasi hutan memang cukup menarik untuk dikunjungi. Seperti adanya hamparan hutan bakau yang asri dan terlihat makin menawan apalagi dengan view pegunungan serta sungai yang ada di depan mata.

Nantinya di kawasan hutan bakau ini Anda bisa menjelajah itiap sudut keindahan dengan melewati jembatan kayu.

Tak hanya itu, pengunjung bisa mengeksplor keindahan Pantai Cengkrong menggunakan perahu. Anda bisa berburu spot keren untuk fotografi. Letaknya berada di Karanggangu, Kecamatan Watulimo.

7. Bukit Banyon

Tempat wisata Trenggalek berikutnya adalah Bukit Banyon. Nantinya di bukit ini Anda bisa melihat eksotisme alam pegunungan seperti negeri di atas awan dengan beragam keindahan yang dimilikinya.

Anda bisa melihat pemandangan matahari terbit dan juga lautan kabut yang cukup epic. Melihat sunset disini juga tak kalah eksotisnya.

Nantinya saat malam hari, Bukit Banyon akan terlihat begitu indah dengan kerlap-kerlip lampu yang ada di pemukiman penduduk.

Ada suasana romantis yang tercipta. Lokasi Bukit Banyon ini berada di Perbatasan Desa Widoro dan Karanganyar, Kecamatan Gandusari.

8. Goa Lowo

Tahukah Anda di Trenggalek ada goa terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara? Goa Lowo namanya dan tempat ini sangat istimewa. Tidak perlu takut, memasuki mulut goa, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang berbeda. Pastinya tidak seperti goa pada umumnya.

9. Banyu Nget Trenggalek

Banyu Nget merupakan salah satu tempat wisata Trenggalek. Kawasan wisata Banyu Nget dikelola oleh pihak Perhutani dengan luas lahan sekitar 7 Hektare.

Konsep wisata yang ditawarkan adalah wisata alami, edukasi, menyenangkan dan tantangan. Tersedia berbagai spot wisata alam seperti kolam pemandian alami yang diberi nama Banyu Nget.

Terdapat beberapa air terjun, goa grojok, batu payung hingga kawasan bumi perkemahan. Yang menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah Air Terjun Urung Kambu dengan ketinggian 20 meter.

Beberapa spot wahana lain yang tersedia diantaranya sepeda terbang, hammock, spot foto Love dan masih banyak spot wisata menarik lainnya. Selain itu, ditempat wisata ini pengunjung juga bisa menikmati buah durian lokal.

10. Goa Ngerit Senden Kampak

Goa Ngerit merupakan salah tempat wisata Trenggalek yang harus Anda kunjungi. Tempat wisata ini menawarkan pesona keindahan alam yang masih asri dan alami.

Daya tarik dari wisata Goa Ngerit yaitu terdapat tebing-tebing batu raksasa yang memukau menyerupai rumah batu.

Tempat ini memiliki goa-goa kecil yang tersebar diantara bebatuan raksasa tersebut dengan kedalam yang berbeda-beda.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata Trenggalek paling hits 2022, cocok untuk Anda kunjungi saat musim libur tiba. Happy holiday!

Tag : #wisata trenggalek    #trenggalek    #travel    #tempat wisata    #jawa timur   

Baca Juga