Tempat wisata di samosir, foto: Toba Wisata

10 Tempat Wisata di Samosir Terbaru, Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Wanovy | Travel | 26-04-2022

PARBOABOA - Libur lebaran segera tiba, mungkin kamu membutuhkan referensi tempat wisata di Samorir terbaru untuk kamu kunjungi bersama keluarga ataupun teman-teman.

Dibawah ini Parboaboa.com sudah menyiapkan rekomendasi tempat wisata di Samosir yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk, simak ulasannya!

Pulau yang identik dengan Danau Toba ini ternyata memiliki banyak tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata kamu bersama orang tercinta.

Pulau vulkanik yang terletak di tengah Danau Toba ini memiliki panorama yang menawan hati, serta merupakan tempat yang tepat bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari kebudayaan Batak di Sumatera Utara secara lebih dekat.

Terletak pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Lantas, dimana saja tempat wisata di Samosir yang bisa dikunjungi saat berlibur? Berikut kami rangkumkan informasinya.

1. Bukit Holbung

Ini adalah tempat wisata di Samosir yang strategis untuk menikmati keindahan Danau Toba dari atas.

Tidak ada aktivitas yang bisa kamu lakukan di desitnasi wisata Pulau Samosir ini. Namun suasana sejuk di sanalah yang membuat wisatawan betah berlama-lama di Bukit Holbung.

Lokasi ini tepat sekali bagi kamu yang datang bersama rombongan untuk relaksasi sejenak menikmati keindahan Danau Toba.

Dari atas Bukit Holbung, kamu juga bisa menyaksikan beberapa nelayan yang sedang mencari ikan.

2. Desa Tomok

Saat kamu ingin menuju ke kawasan pulau melalui Pelabuhan Ajibata, maka nantinya harus melalui Desa Tomok yang merupakan pintu masuknya.

Di Desa Tomok tersebut terdapat beberapa tempat menarik yang perlu untuk kamu kunjungi.

Tempat-tempat tersebut seperti museum, patung sigale-gale, batu kursi tamu, patung gajah purba dan juga Gereja Tua.

Tempat tersebut adalah salah satu situs budaya populer yang ada di Indonesia. Di sanalah nantinya kamu akan menemukan benda-benda peninggalan Zaman Megalitikum.

3. Pusuk Buhit

Tak cuma memiliki nuansa alami yang menyegarkan, destinasi tempat wisata di Samosir selanjutnya ini memiliki kisah legenda yang sangat menarik.

Daerah perbukitan yang dikenal dengan nama Pusuk Buhit ini dipercaya sebagai tempat asal muasal orang-orang Batak yang ada sekarang.

Berkunjung ke tempat wisata di Pulau Samosir ini, kamu bisa menemukan artefak kuno seperti totem-totem dan ukiran patung-patung yang menceritakan mengenai sejarah dari orang Batak.

4. Menara Pandang Tele

Menikmati panorama Danau Toba dari ketinggian menjadi hal yang patut dicoba saat berkunjung ke Samosir.

Salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan tersebut adalah Menara Pandang Tele.

Menara ini berjarak sekitar 15 kilometer dari Bukit Holbung. Obyek wisata di Samosir ini dapat dicapai dengan kendaraan bermotor dengan durasi sekitar 44 menit dari Bukit Holbung.

5. Desa Lumban Suhi-suhi

Tempat wisata di Samosir terbaru yang populer selanjutnya yaitu Desa Lumban Suhi-Suhi.

Masyarakat yang ada di desa ini mayoritas merupakan seorang pengrajin kain tenun. Seperti yang diketahui pulau ini memang kaya akan tradisi dan kebudayaan Batak.

Salah satunya yaitu ulos, yang umumnya dipakai dalam acara tasyakuran pernikahan dan acara penting lain di Desa Lumban Suhi-Suhi.

6. Puncak Sidiangkat

Tidak hanya Jogja dan Bandung yang mempunyai spot instagramable sarang burung. Spot semacam itu bisa kamu temukan di Puncak Sidiangkat Pulau Samosir.

Bahkan ini lebih unik lagi karena didukung oleh background Danau Toba. Spot yang sering dijadikan foto adalah duduk didalam sarang burung layaknya seekor burung yang sedang mengerami telur.

Spot populer lain yang ada di Puncak Sidiangkat adalah dekorasi papan gantung berbentuk love. Sedangkan di tengah dekorasi ini terdapat kursi panjang sebagai tempat berpose.

Biasanya wisatawan akan berfoto bersama pasangannya ketika foto di spot tersebut. Sudah terbayang bukan, bagaimana romantisnya memiliki foto dengan frame berbentuk love di sekelilingnya.

7. Bukit Beta

Bukit Beta adalah salah satu tempat wisata di Tuk tuk samosir yang terletak di Tuk-Tuk Siadong.

Tuk Tuk sendiri terkenal sebagai salah satu pusat dari pariwisata di Pulau Samosir karena pesona alamnya yang sangat memukau. Keindahan alam inilah yang bisa kamu temukan dengan mengunjungi Bukit Beta.

Bukit kecil ini menjadi salah satu spot berburu foto favorit para penggemar fotografi, termasuk tempat pengambilan foto pre-wedding favorit, lho.

Menawarkan pemandangan indah mulai dari bentang alam nan asri, persawahan warga, dan perbukitan lainnya, dijamin kamu takkan menyesal mengunjungi destinasi tempat wisata di Samosir satu ini.

8. Air Terjun Situmurun Binangalom

Daya tarik wisata Pulau Samosir lainnya tak hanya keindahan dari Danau Toba, tetapi juga beragam air terjun yang bisa kamu temukan di Samosir.

Salah satunya adalah Air Terjun Situmurun Binangalom. Berlokasi di Desa Binangalom, Samosir, keunikan dari wisata air terjun satu ini adalah aliran airnya yang mengalir deras langsung ke Danau Toba. Pemandangan unik yang jarang ditawarkan oleh wisata-wisata air terjun lainnya.

9. Tanjung Unta

Untuk menuju tempat wisata di Samosir ini, kamu perlu menempuh jarak sekitar 109 kilometer.

Dari kota Medan ambil jalur ke arah Pematang Siantar, barulah sampai di kawasan Tanjung Unta. Selanjutnya kamu harus berjalan kaki agar sampai di area pantai, melalui jalan setapak yang tidak terlalu ekstrim.

Setelah tiba kamu akan dibuat berdecak kagum dengan lanskap alam yang mengagumkan.

Sesuai dengan namanya, bentuk pulau jika dilihat dari jauh tampak seperti hewan unta. Bagian tepi pantainya diselimuti oleh hamparan pasir putih yang halus.

Tepi pantainya berjajar pohon-pohon yang menambah kesan teduh. Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas disini mulai dari keliling naik perahu, water ski, snorkeling, hingga memacing ikan.

10. Air Terjun Efrata

Tempat wisata di Samosir Danau Toba berikutnya adalah Air terjun Efrata. Lokasinya diapit oleh dua bukit. Tempat wisata di Samosir ini bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Air terjun tersebut berair jernih dengan ketinggian sekitar 20 meter. Untuk dapat menyaksikan keindahan air terjun ini, pegunjung perlu berjalan sekitar 100 meter dari area parkir.

Selain air terjun, pengunjung juga bisa menikmati panorama persawahan milik penduduk setempat.

Selengkapnya mengenai 10 Tempat Wisata Terpopuler di Samosir, lihat di channel YouTube Parboaboa.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Samosir terbaru dan terpopuler yang bisa kamu jadikan pilihan saat musim libur tiba. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata samosir    #tempat wisata    #wisata alam    #bukit holbung    #tuktuk    #tomok   

Baca Juga