Tempat wisata di Pontianak, foto: 1001 Indonesia

10 Tempat Wisata di Pontianak yang Lagi Hits

Wanovy | Travel | 30-06-2022

PARBOABOA, Pontianak - Daftar tempat wisata di Pontianak Kalimantan Barat ini menarik untuk dikunjungi. Banyak tempat populer yang paling hits dan menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Pontianak.

Kota Pontianak merupakan ibu kota Kalimantan Barat. Kota ini memiliki julukan Kota Khatulistiwa, karena dilalui oleh garis Khatulistiwa. Selain tempat menarik, Pontianak juga memiliki keragaman wisata kuliner yang lezat.

Jika Kamu punya rencana untuk berlibur ke Pontianak, Jangan khawatir akan keindahannya, Kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk kamu dikunjungi.

Selama ini Pontianak jarang terdengar akan keindahannya, namun ternyata kota ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya.

Baiklah agar tidak panjang lebar, langsung saja simak 10 tempat wisata di Pontianak yang lagi hits berikut ini.

1. Tugu Khatulistiwa

Tugu ini bukan sekadar bangunan tinggi sebagai ikon kota. Tugu ini merupakan titik nol garis bumi yang membelah bumi bagian selatan dengan bumi bagian utara.

Di sini, pengunjung bisa mencoba bagaimana gaya tarik bumi sangat kencang terasa, dibuktikan dengan meletakkan telur pada lantai, maka telur bisa tegak berdiri tanpa dipegang.

Tugu Khatulistiwa ini berdiri sejak tahun 1928, dibangun oleh Belkamu. Pengunjung bisa menemukan tugu ini di Jalan Khatulistiwa, Pontianak. Pengunjung yang ingin berkunjung tidak dikenakan biaya, alias gratis

2. Pantai Pasir Panjang

Tempat wisata di Pontianak yang wajib dikunjungi pertama adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini masuk dalam kawasan Selat Nasik.

Lokasinya benar-benar terletak di balik hutan. Tak heran akses ke pantai ini pun tergolong susah. Jika kamu ingin singgah ke pantai ini maka kamu perlu berjuang keras untuk sampai di tempat ini.

Hal yang unik dari pantai ini adalah pasirnya bertekstur keras yang tak dapat kamu temui di pantai lainnya.

Di sini kamu juga akan menyaksikan hamparan pasir putih. Cocok untuk foto dan mengisi feed instagram kamu.

Tiket masuk pantai ini juga murah meriah cukup dengan 10 ribu pada weekdays dan 20 ribu untuk weekend.

3. Tugu Bambu Runcing Pontianak

Tempat wisata di Pontianak berikutnya yang wajib untuk Kamu kunjungi adalah Tugu Bambu Runcing Pontianak.

Objek wisata ini merupakan salah satu tempat yang kerap kali dijadikan sebagai lokasi untuk berwisata dan bersantai sejenak.

Letaknya yang berada di tengah kota, membuat tempat ini sangat mudah untuk diakses dan dikunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Pontianak.

Kawasan wisata satu ini telah ada semenjak 10 November 1987, yang mana menjadikannya sebagai jejak rekam sejarah.

Menjadi sebuah monumen yang mengenang jasa para pejuang di daerah ini, membuatnya kerap dikunjungi untuk mengetahui peristiwa bersejarah apa yang telah terjadi.

Terdapat sebelas tonggak bambu runcing berwarna yang menjadi sebuah ikonik bersejarah di kota ini.

4. Museum Negeri Sejarah Budaya Khas

Untuk kamu yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai Kota Pontianak dan Provinsi Kalimantan Barat, Museum Negeri Sejarah Budaya Khas bisa jadi destinasi liburan di Kalimantan Barat selanjutnya untuk dikunjungi.

Tempat wisata edukasi di Kalimantan Barat ini memamerkan koleksi Geografika/Geologika berupa peta dan jenis batu-batuan; koleksi biologika, arkeologika, historika, numismatika, dan keramologika berupa tempayan, piring, mangkuk, sendok, dan lainnya yang berasal dari China, Vietnam, Jepang, Eropa, dan keramik lokal Singkawang.

5. Aloe Vera Center

Mungkin kamu jarang mendengar nama Aloevera, tapi kalau lidah buaya, pasti tahu kan? Yap di Aloe-vera center ini adalah tempat wisata sekaligus taman tempat membudidayakan lidah buaya di Pontianak.

Di sini kamu tidak hanya bisa melihat tanaman lidah buaya yang sangat banyak, tetapi juga bisa sekaligus belajar tentang metode merawat tanaman yang bagus untuk kesehatan rambut ini.

6. Kampung Beting

Mau melihat bagaimana kota Pontianak pada jaman dulu? Tidak perlu mesin waktu, cukup langsung berangkat aja ke Kampung Beting. Karena di kampung ini kelestarian budayanya masih dijaga.

Jadi Kampung Beting masih belum tergerus oleh modernisasi. Tempat wisata di Pontianak ini cukup terkenal. Memang jaman sekarang wisatawan sudah mulai melirik wisata-wisata budaya.

Yang unik dari Kampung Beting adalah adanya jembatan kayu, dan jembatan kayu itulah yang menjadi jalan dari satu rumah ke rumah lainnya. Unik sekali bukan sob?

7. Taman Nasional Gunung Palung

Tempat wisata di Pontianak lainnya adalah Taman Nasional Gunung Palung yang diperkirakan memiliki luas kurang lebih 90.000 hektar.

Taman Nasional ini memiliki ekosistem yang sangat lengkap mulai dari hutan tropis, hutan bakau, rawa, hingga pegunungan.

Dengan berbagai spesies flora dan fauna yang eksotis, di sini juga bisa ditemui spesies Anggrek Hitam yang hampir punah di sekitar Sungai Matan.

Tempat wisata di Pontianak ini terletak di Padu Banjar, Simpang Hilir, Ketapang, Kalimantan Barat.

8. Danau Biru Singkawang

Tempat wisata di Pontianak selanjutnya ialah Danau Biru Singkawang. DanauBiru Singkawang merupakan sebuah danau yang tercipta dari bekas penambangan emas.

Kerennya, tempat wisata Pontianak berupa danau ini disebut-sebut sebagai lokasi wisata terbaik yang ada di kota Singkawang, memang terbentuk secara tidak sengaja.

Pemkamungan airnya yang berwarna biru mencolok menciptakan kesan keunikan tersendiri di mata wisatawan.

Ditambah lagi dengan keadaan alam sekitarnya terlihat masih sangat alami, membuat pikiran jadi lebih rileks.

9. Masjid Jami Pontianak

Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kota Pontianak. Sejarahnya didirikan oleh Syarif Abdurrahman.

Konstruksi bangunan dari kayu dan atap rumbia serta mampu menampung seribu lebih Jemaah.

Ukiran arsitektur sangat kental Budaya Melayu. Kaligrafi di dinding-dinding mencerminkan peradaban Islam.

Menariknya, ada 6 pilar yang mencerminkan rukun iman. Ketika berkunjung, Kamu akan merasakan suasana asri dan sejuk.

Warna masjid ini kuning, sangat khas budaya Pontianak dengan luas 4.000 m2. Terdapat juga taman untuk bersantai.

10. Pantai Kijing

Satu lagi tempat wisata di Pontianak yang bisa menjadi pilihan Kamu untuk menghabiskan akhir pekan. Lokasinya yang cukup tersembunyi, yaitu di kawasan Kecamatan Sungai Kunyit membuat pantai ini tidak begitu ramai dikunjungi.

Suasana yang tidak begitu ramai dengan pemkamungan khas pantai berupa pasir putih dan hamparan ombak bergulung membuat pantai ini benar-benar memberikan ketenangan sehingga sangat cocok untuk refreshing di akhir pekan.

Jangan lewatkan pula pemkamungan romantis matahari terbenam dari pinggir pantai ini.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata di Pontianak yang lagi hits dan bisa kamu kunjungi bersama keluarga dan teman-teman. Happy holiday!

Tag : #wisata pontianak    #pontianak    #tempat wisata    #travel    #kalimantan barat   

Baca Juga