Tempat wisata di Cilacap, foto: Tokopedia

10 Tempat Wisata di Cilacap Terbaru dan Sayang untuk Dilewatkan

Wanovy | Travel | 30-09-2022

PARBOABOA, Cilacap - Tempat wisata di Cilacap yang bagus dan mempesona adalah hal yang paling banyak dicari oleh orang. Ketika sedang berwisata di kota yang terkenal dengan pantai utaranya. Bagi Anda yang ingin sekali mencari sebuah destinasi wisata terbaik di kota ini, tenang saja!

Cilacap merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Jawa Barat.

Anda mungkin mengenal Cilacap sebagai tempat di mana terdapat penjara para tahanan mati dan seumur hidup yaitu Pulau Nusakambangan.

Meski terkesan menyeramkan, namun Cilacap ternyata memiliki pesona yang tidak kalah indahnya dengan destinasi wisata lain di Jawa Tengah.

Mau tahu tempat wisata di Cilacap yang bisa Anda datangi? Baca terus sampai habis ya!

1. Hutan Pinus Karanggedang

Untuk Anda yang ingin berlibur dengan nuansa yang hijau, maka Hutan Pinus Karanggedang menjadi destinasi yang bisa Anda kunjungi.

Pasalnya, disini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang masih alami dan juga udara yang sejuk. Adanya pepohonan pinus yang ada disini akan sangat instagramable apabila Anda mengambil gambar.

2. Pantai Kemiren

Pantai masih menjadi salah satu objek wisata yang diminati saat Anda berkunjung ke Cilacap. Sebab, destinasi satu ini menyimpan keindahan yang akan memanjakan mata.

Terlebih lagi ketika Anda mengunjunginya saat senja tiba. Saat berada di lokasi ini, Anda juga akan disuguhkan dengan ombak yang menggulung, tentunya akan membuat tempat satu ini menjadi lebih indah.

Tak hanya itu saja, saat Anda berlibur ke lokasi ini maka Anda pun bisa mengabadikannya dalam bidikan kamera.

Sebab, banyak sekali spot foto kekinian yang bisa Anda ambil di lokasi satu ini. Untuk itu, bagi Anda yang ingin berlibur ke pantai sekaligus hunting foto, maka Pantai Kemiren yang ada di Cilacap dapat menjadi destinasi yang bisa Anda kunjungi.

3. Pantai Teluk penyu

Jika ombak Pantai Kemiren sangat ganas, maka ombak di Pantai Teluk Penyu sangat ramah kepada para pengunjung.

Tempat wisata favorit di Cilacap ini lokasinya tidak jauh dari lokasi Benteng Pendem. Pemandangan yang indah, berlatar belakang Pulau Nusakambangan nan hijau.

Disarankan untuk Anda, datang ke pantai ini pada saat sudah senja untuk menyaksikan panorama pantai yang sangat indah.

Tapi ingat, meski nama pantai ini berhubungan dengan hewan penyu, tapi Anda tidak akan menemukan penyu laut di sana.

4. Segara Anakan

Segara Anakan adalah sebuah laguna yang memisahkan antara Pulau Jawa dengan Pulau Nusakambangan.

Laguna merupakan sebuah kawasan air asin yang terpisah dari lautan dan dihuni oleh berbagai jenis ikan dan tanaman mangrove.

Tempat wisata di Cilacap ini menghadirkan pemandangan hijau dari laguna serta angin yang sejuk.

Anda bisa menyewa kapal kecil untuk menikmati semua keindahan yang ada di tempat tersebut, seperti ketika berkunjung ke Pulau Pucung, yang ada di Wisata Pandeglang.

5. Pantai Pasir Putih Permisan Nusakambangan

Masih dalam wilayah pulau nusakambangan, tempat wisata di Cilacap yang satu ini berada di sisi selatan pulau.

Untuk menuju ke pantai ini anda harus menaiki kapal feri dari pelabuhan lo manis ke pelabuhan sodong.

Sesampainya di pelabuhan sodong, anda bisa melanjutkan perjalanan lagi dengan menggunakan alat transportasi yang ada untuk menuju ke pantai tersebut.

Yang menjadi daya tarik pantai ini adalah ombak pantai yang sangat besar dengan pasir putih dan angin berhembus semilir yang membuat betah berlama-lama di pantai ini.

6. Kemit Forest Education

Hutan di Desa Karang Gedang daerah Sidareja di Cilacap menjanjikan semua jenis kesenangan keluarga.

Mulai permainan keluarga, berfoto, melatih ketangkasan anak hingga hiking santai merasakan sejuknya pepohonan pinus.

Nikmati wahana seru permainan panahan yang ditawarkan oleh Kemit Forest Education, termasuk area bermain anak, paintball, dan bahkan mendirikan tenda camping.

Untuk pilihan spot foto, tempat wisata di Cilacap ini punya beragam objek cantik. dari sangkar burung, rumah pohon, ayunan jurang dan yang paling terkenal dari Kemit Forest Education adalah jembatan gantungnya.

7. Taman Sari Rasa

Taman Sari Rasa populer sebagai tujuan wisata anak di Cilacap. ada serangkaian wahana yang ditawarkan seperti taman kelinci, komidi putar, ayunan berputar, rumah kurcaci, kereta mini, robotik, dinosaurus, taman teletubies, saunthes heep dan bahkan deretan spot foto hits yang sangat cantik.

Dan yang paling menonjol dari Taman Sari Rasa di Cilacap ialah wisata airnya, yakni waterboom yang dilengkapi race slide ember tumpah dan tower slide olimpic.

8. Benteng Pendem

Ternyata selama tahun 1861, Cilacap adalah tempat yang sangat berbahaya karena dikuasai oleh tentara Belanda, dan mereka membangun benteng untuk melindungi mereka dari serangan para pejuang Indonesia.

Syukurlah tahun kelam itu sudah lama berlalu, namun banyak sisa-sisa bersejarah dari masa yang penuh gejolak itu dan Benteng Pendem Cilacap menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi para penggemar sejarah kota ini.

Selain benteng yang mengesankan dan jejak sejarah yang mendebarkan, area wisata ini memiliki pemandangan sungai yang luar biasa.

Terletak di bagian pesisir teluk penyu, kawasan bangunan pertahanan ini mencakup area seluas 6,5 hektar.

9. Waterpark Tirta Mas

Tempat wisata di Cilacap berikutnya yang bisa Anda singgahi ketika akhir pekan adalah Waterpark Tirta Mas.

Disini, Anda bisa merasakan keseruan bermain wahana air di kolam renang, yang mana kolamnya sendiri memiliki tiga tingkatan.

Selain itu, adanya gazebo yang ada di lokasi ini juga bisa Anda gunakan untuk bersantai setelah lelah beraktivitas di waterpark satu ini.

10. Waduk Kubangkangkung

Destinasi berikutnya yang bisa Anda kunjungi saat sedang berada di Cilacap adalah Waduk Kubangkangkung.

Tempat wisata di Cilacap satu ini kerap kali dikunjungi oleh pelancong lantaran memiliki pemandangan alam yang indah.

Ada salah satu wahana yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yakni motor bebek. Dengan wahana ini, Anda pun bisa mengelilingi waduk bersama dengan keluarga.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata di Cilacap yang bisa Anda kunjungi saat berada di kota ini. Happy holiday!

Tag : #wisata cilacap    #cilacap    #travel    #tempat wisata    #jawa tengah   

Baca Juga