10 Tempat Camping di Jogja Terbaik dan Lagi Hits 2022

Penulis : Wanovy | Travel | 08-11-2022

Tempat Camping di Jogja, foto: Facebook Klangon Merapi

PARBOABOA, Yogyakarta - Camping adalah salah satu cara untuk menikmati pesona alam Jogja yang indah. Ada banyak sekali pilihan tempat wisata di Jogja yang sudah menyediakan spot camping yang menarik.

Kalau kamu sedang merencanakan untuk camping di Jogja, maka baca artikel ini sampai selesai, ya. Parboaboa.com akan membagikan rekomendasi tempat camping di Jogja yang asik dan lagi hits 2022.

Tentunya semua tempat ini menawarkan pesona alam khas yang akan membuat acara campingmu semakin berkesan. Cek daftarnya berikut ini!

1. Bukit Klangon

Bukit Klangon berada di kawasan Cangkringan, Sleman. Kawasan ini berada di ketinggian 1000 mdpl dan dekat dengan Gunung Merapi. Hal tersebut membuat udara di tempat ini sejuk dan pemandangannya pun indah.

Kalau ingin camping di sini kamu cukup membayar sekitar Rp 15.000 per orang. Fasilitas yang disediakan di tempat ini cukup lengkap. Ada gazebo, musala, warung makan, hingga porter sepeda.

2. Bumi Perkemahan Ambarbinangun

Tempat kemah di Jogja ini jaraknya hanya sekitar lima kilometer dari pusat kota. Cocok untukmu yang pengin berlibur bersama keluarga, termasuk anak-anak. Tempatnya yang luas serta suasana yang asri akan membuat anak-anak suka bermain di sini.

Kelebihan lainnya, di sini kamu tak perlu repot membawa banyak peralatan karena mereka pun menyewakannya.

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap. Ada kamar mandi, area parkir, pendopo aula, serta area outbound.

3. Ledok Sambi

Ledok Sambi populer di kalangan wisatawan lokal. Tempat ini memiliki area perkemahan yang luas dengan nuansa khas pedesaan.

Di sekitarnya terdapat hamparan sungai, sawah, hingga Gunung Merapi. Kalau pengin camping di sini kamu cukup membayar sewa tempat Rp 35.000 per orang per malam. Untuk alat, ada beberapa yang bisa disewa di Ledok Sambi.

4. Pantai Ngrumput

Melipir sejenak ke kawasan Gunungkidul, ada sebuah pantai eksotis yang biasa dijadikan sebagai tempat camping.

Pantai Ngrumput ini membuktikan bahwa tempat camping di Jogja tidak hanya terbatas pada tempat camping di hutan atau pegunungan saja, tapi pantai pun bisa jadi tempat camping yang asyik.

Di sini, pantainya masih terlihat sangat asri. Bahkan, menurut beberapa orang yang sudah pernah berkemah di pantai ini, pemandangan sunset di Pantai Ngrumput ini tidak ada duanya.

Tampak beberapa tenda yang sudah didirikan oleh pengunjung pantai ini, sehingga kamu pun mengetahui bahwa Pantai Ngrumput memang merupakan salah satu spot camping menarik di Jogja.

5. Gunung Nglanggeran

Camping di gunung adalah hal yang paling menyenangkan. Kita bisa berkemah tanpa perlu kepanasan, mengingat udara di pegunungan memang sangat sejuk.

Di Gunung Nglanggeran, kamu tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk mendirikan kemah di puncak.

Pasalnya, tinggi gunung ini hanya 900 meter, sehingga waktu diperlukan untuk berjalan kaki menuju puncak hanya 1 jam saja.

Tepat di bawah puncak terdapat area berkemah yang sangat puncak. Kamu bisa bergabung dengan orang-orang lainnya yang sudah mendirikan tenda di sini.

Dari tempat kamu berkemah, kamu bisa melihat pemandangan Embung Nglanggeran, telaga buatan yang sangat indah.

6. Taman Kaliurang

Ingin mengajak anak-anak berkemah? Mungkin kamu harus memilih tempat camping di Jogja yang aman, seperti di Taman Kaliurang.

Terletak di kaki Gunung Merapi, tempat ini adalah taman rekreasi keluarga. Namun, terdapat camping ground yang disediakan bagi pengunjung yang ingin bermalam di tenda.

Tak perlu membawa tenda sendiri karena pengelola Taman Kaliurang menyediakan jasa persewaan tenda.

Bahkan, di area ini terdapat kamar mandi sehingga kamu tidak perlu repot-repot mencari sumber air untuk membersihkan diri.

Taman Kaliurang juga dekat dengan beberapa objek wisata, seperti Goa Jepang, gardu pandang, Telogo Putri, dan Ulen Sentalu.

7. Lembah Bendo Camping Ground

Pilihan lainnya untuk tempat camping seru di kaki Gunung Merapi, ada Lembah Bendo Camping Ground.

Seperti lokasi kaki gunung lainnya, udara dingin sejuk dan perbukitan hijau menjadi daya tarik utama di sini.

Suasana sejuk asri dan teduh, jika memasuki senja hari maka suasananya akan semakin cantik serta bikin betah.

Di sini kamu bisa saling ngobrol di depan api unggun sambil membakar BBQ dan juga menikmati pemandangan sungai.

Kalau mau lebih menantang, bisa coba berpetualang dengan mobil Jeep dan Landrover. Bisa juga belajar pertanian lokal dan saling berbincang dengan penduduk desa sekitar untuk makin saling menghargai.

8. Puncak Becici

Dibuka sejak tahun 2015, Puncak Becici jadi tempat wisata di Jogja yang hits usai dikunjungi langsung oleh Presiden Barack Obama.

Dengan nuansa alam area hutan pinus, kamu akan bisa menikmati sejuknya udara khas dataran perbukitan.

Berlokasi di perbukitan daerah Dlingo Kabupaten Bantul, kamu bisa menikmati kerlap-kerlip lampu perkotaan Jogja di malam hari.

Berbekal alam hutan pinus yang asri, kamu bisa puas melakukan camping seru dan aktivitas lainnya seperti outbound hingga gathering keluarga.

Gak lupa, pengelola juga menyediakan spot berfoto Instagram dengan latar bentang alam yang memukau. Kalau mau lebih menantang, kamu bisa melakukan hiking, trekking, hingga adventure dengan jeep di sini.

9. Bukit Lintang Sewu

Berlokasi di kawasan Dlingo, Bantul, Bukit Lintang Sewu menjadi pilihan tempat camping dan glamping (glamour camping) favorit di Jogja.

Begitu masuk ke area perbukitan ini, kamu akan disambut pemandangan pohon pinus dan juga udara sejuk menyegarkan.

Berbagai spot foto Instagramable dan sejumlah gardu pandang berbentuk unik bisa jadi tempat bersantai menikmati pemandangan alam.

Kamu bisa memilih mau camping adventure di antara pepohonan pinus ataupun memilih glamping yang nyaman untuk yang gak mau ribet.

Untuk yang memilih glamping, terdapat rumah-rumah pondokan kayu dengan fasilitas lengkap dari mulai toilet, kasur nyaman, dan alat panggang.

10. Desa Wisata Tinalah

Tempat camping di Jogja selanjutnya ada Desa Wisata Tinalah yang berada di Kulon Progo dan pas untuk acara camping, wisata budaya, acara komunitas, gathering keluarga dan gathering kantor.

Berlokasi di lereng Pegunungan Menoreh, kamu bisa menikmati indahnya alam hijau dan aliran Sungai Tinalah. Untuk yang mau camping, kamu akan disambut persawahan hijau yang adem dipandang mata.

Spot menarik lainnya ada Goa Sriti yang pernah dipakai Pangerang Diponegoro saat berperang dengan Belanda, serta ada Puncak Kleco untuk menikmati matahari terbit.

Ada juga pertunjukan seni budaya Jawa yang dimainkan oleh para pemuda dan warga desa. Jangan lupa untuk belanja produk ekonomi desa seperti wingko tinalah, kripik debog pisang, kripik pegagan, kopi, dan cokelat.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat camping di Jogja terbaik dan lagi hits 2022. Selamat berlibur!

Editor : -

Tag : #wisata yogyakarta    #yogyakarta    #travel    #tempat wisata    #tempat camping    #jawa tengah   

Baca Juga