Telegram Rilis Fitur Reactions

Telegram Rilis Fitur Reactions Mirip Facebook dan Instagram

Wanovy | Teknologi | 03-01-2022

Platform media sosial perpesanan Telegram kini memiliki fitur Reactions yang memungkinkan pengguna memberikan emoji "suka", "tertawa", dan lain sebagainya pada sebuah unggahan atau komentar.

Dengan fitur Reactions, pengguna Telegram bisa memberikan reaksi pada sebuah chat baik di percakapan pribadi maupun grup.

Cara memberikan reaksi cukup mudah. Untuk memberi reaksi, pengguna cukup melakukan tap satu kali di balon chat percakapan pribadi maupun grup, kemudian pilih reaksi yang akan diberikan.

Untuk pengguna iOS, Reactions tersebut bisa dipilih dengan mengetuk dan menahan balon chat yang akan diberi reaksi. Ada beberapa pilihan reaksi seperti emoji "senang", "api", "tidak suka", dan lain sebagainya.

Pengguna juga bisa memberi fitur Reactions dengan cepat yakni dengan mengetuk balon chat sebanyak dua kali. Emoji reaksi default untuk ketukan dua kali ini bisa digonta-ganti di menu "Pengaturan" > "Chat Settings" > "Quick Reactions".

Selain itu fitur Reactions, ada beberapa fitur baru lainnya yang baru diluncurkan Telegram, berikut adalah daftarnya.

1. Spoilers

Fitur baru Telegram yang selanjutnya adalah Spoilers. Fitur ini memungkinkan beberapa penggalan kata atau kalimat dalam pesan dapat disembunyikan.

Dengan demikian, saat berada dalam sebuah grup obrolan, Anda tetap bisa merasa nyaman jika ada pesan yang enggan dilihat oleh sebagian orang.

Fitur Spoilers ini tersedia dan dapat ditemukan ketika sedang mengetik pesan, dengan cara menyeleksi penggalan teks yang hendak dikirim.

Setelah itu akan muncul pop-up menu yang berisi pilihan Cut, Copy, Paste, dan tentunya Spoilers yang berfungsi untuk menyembunyikan kata atau kalimat dalam pesan.

Kemudian, jika sudah terkirim, pengirim atau penerima pesan bisa mengetuk pesan terseut untuk melihat penggalan kata atau kalimat yang disembunyikan.

2.Translate

Telegram juga menghadirkan fitur baru Translate yang bisa dipakai untuk menerjemahkan sebuah pesan pada jendela percakapan.

Fitur Translate bisa diaktifkan dengan mengunjungi menu "Language" di tampilan "Settings" Telegram.

Kemudian, aktifkan fitur "Show Translate Button" yang berada di paling atas tampilan menu. Ketika aktif, maka pengguna bisa meng-klik satu pesan atau chat bubble dan memilih menu "Translate".

3.Themed QR Codes

Selain Translate, ada pula fitur baru Telegram bernama Themed QR Codes yang memungkinkan pengguna membuat kode QR berwarna yang bisa menampilkan informasi akun Telegram mereka, serta fitur emoji yang lebih interaktif untuk membuat obrolan di Telegram semakin berwarna.

Untuk menikmati beragam fitur baru Telegram ini, pastikan aplikasi Anda telah berada dalam versi 8.4.2.

Tag : #telegram    #fitur baru    #reactions    #translate    #spoilers   

Baca Juga