Roller Motor Matic (Foto: moladin.com)

Tanda-Tanda Roller CVT Motor Matic Sudah Aus

Juni | Otomotif | 30-08-2022

PARBOABOA – Roller pada CVT merupakan komponen yang selalu dicek saat Anda membawa motor ke bengkel untuk di servis. Jika kondisi roller sudah aus, maka harus diganti dengan yang baru.

Fungsi roller adalah untuk mengatur tarikan pada motor. Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan kondisi komponen yang satu ini agar performa motor bisa terus bekerja dengan maksimal.

Lalu, apa tanda-tanda roller sudah mulai aus dan perlu diganti? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Terdengar Suara Kretek-Kretek

Ciri pertama yang bisa dilihat dengan mudah adalah ketika terdengar suara kretek dari CVT saat motor dijalankan. Umumnya, suara roller yang berisik disebabkan karena bentuk roller yang sudah tidak bulat lagi. Bentuk roller harus selalu dalam keadaan bulat karena selalu berputar saat motor melaju.

Jika kondisi roller tidak bulat, tentu saja akan berpengaruh pada laju kendaraan. Selain itu, roller yang sudah tidak bulat akan membuatnya bergesekan dengan rumah roller, sehingga menyebabkan bunyi yang tentu saja akan mengganggu.

2. Tarikan Motor Jadi Berat

Roller pada CVT motor matic sudah aus juga ditandai dengan performa atau tarikan gas yang seakan-akan ngeden atau berat. Jika sudah begini, laju motor tidak akan bisa kencang dan penggunaan bahan bakar jadi lebih boros.

Itulah tadi tanda-tanda roller pada CVT motor matic sudah mulai aus yang penting untuk diketahui. Jika motormu sudah mengalami setidaknya satu dari tanda-tanda diatas, sebaiknya segera bawa motor Anda ke bengkel resmi untuk memeriksa kondisi roller sekaligus servis CVT.

Tag : #roller    #motor matic    #otomotif    #CVT    #komponen motor   

Baca Juga